Syawalan UAD 1429H

Sabtu (11/9) syawalan UAD di Auditorium Kampus 1 di ceramahi oleh Prof Din Syamsudin. Saya ingin tuliskan sedikit intisari ceramah beliau:

Menurut Prof Din, ada  dua jenis syahadat. Kita sudah mafhum (memahami dengan baik) dan bahkan mengujarkannya setiap hari dengan syahadat yang pertama, yaitu syahadat keyakinan (syahadat tauhid dan syahadat rosul). Syahadat yang kedua (ini yang banyak dilupakan orang), yaitu syahadat kebudayaan/peradaban.

Umut Islam disebut dalam alQuran sebagai umat terbaik, tetapi banyak negara bahkan ketika umat muslim itu dominan seperti di Indonesia, justru berpredikat negara berkembang, juga ada yang miskin. Pribadi-pribadi terbaik dalam berbagai bidang kajian juga sedikit ditemukan seorang muslim.

Islam betul-betul terpuruk…

Syahadat kedua ini yang harus disajikan kepada dunia bahwa umat Islam sebagai umat terbaik. Persaksikanlah bahwa kami, ini umat Muslim sebagai umat terbaik. Artinya kita mesti tunjukkan kepada dunia dengan prestasi terbaiknya sebagai komunitas maupun sebagai pribadi terbaik.

Ini saatnya aksi nyata, mengejawantahkan syahadat kita secara dinamis.

Leave a Reply