Cara Membuat Desain WEB

Mendesain web tidak semudah membalik telapak tangan. Karena selain kita yang menilai, tentunya pengunjung website anda mempunyai andil untuk menilainya, bahkan 90 persen penilaian diberikan kepengunjung web anda. Jika anda merasa desain website sudah bagus, belum tentu dimata pengunjung bagus, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu diperlukan beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah web agar bisa tampil menarik, baik itu dimata pengunjung maupun dimata kita sendiri sebagai perancangnya.

Yang harus Anda ingat adalah bahwa semua pilihan ada di tangan Anda, karena ini adalah situs Anda, dan Anda harus memutuskan apa yang Anda sukai. Pilihan seperti warna, style, fonts, gambar dan gaya penulisan yang digunakan, semuanya itu merupakan hal yang bersifat personal dan bukan hal yang bisa dianggap mudah. Apa yang Anda paparkan dan kerjakan dalam situs, mencerminkan banyak hal tentang siapa Anda. Berikut ini merupakan beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan ketika merancang situs Anda.

  1. Grafis/Gambar
    Grafis atau gambar merupakan bagian terpenting dari suatu situs Internet. Dengan grafis/gambar, kita dapat memberikan unsur warna, kesan dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan, asalkan tidak terlalu berlebihan. Terlalu banyak gambar tidak hanya membuat upload situs Anda lambat, tetapi juga kekanak-kanakan.
  2. Layout
    Bagaimana Anda menginginkan situs Anda terlihat? Apakah Anda ingin semua text berada di sebelah kanan dan grafis di sebelah kiri, atau sebaliknya. Apakah Anda ingin menempatkan iklan di bagian atas halaman ataukah semua iklan akan ditempatkan di bagian samping? Merancang sebuah layout yang tampak sama untuk semua halaman situs Anda akan lebih memudahkan pengunjung dalam memahami isi situs Anda, daripada membuat layout yang berbeda-beda untuk setiap halaman. Tetapi bukan berarti pula Anda tidak boleh membuat layout halaman yang berbeda-beda untuk setiap penulisan halaman, namun paling tidak sebaiknya setiap halaman mempunyai dasar layout yang hampir sama.
  3. Navigasi
    Navigasi yang mudah merupakan hal yang penting dalam situs yang baik. Jika pengunjung tidak mendapat apa pun dari situs Anda, apakah mereka akan tetap mengunjungi situs itu?
  4. Iklan
    Iklan yang terlalu banyak merupakan hal yang buruk bagi para pengunjung. Cobalah untuk menempatkannya sebaik mungkin di tempat yang paling dihiraukan pengunjung tanpa mengganggu prioritas isi atau content yang ada.
  5. Proses Pemeliharaan (maintenance)
    Setelah membuat situs, Anda harus memeliharanya. Jika Anda menghubungkannya dengan situs yang lain, Anda harus memeriksanya secara rutin untuk memastikannya masih ada, karena kadang ada situs yang hilang.
  6. Sesuatu yang ‘Berkedip’
    Sesuatu yang berkedip, entah itu gambar maupun tulisan, dapat menjadi hal yang mengganggu pengunjung.
  7. Ramai/Berisik
    Banyak orang sering menambahkan musik pada situs mereka. Semua itu baik, tetapi jika lagu terlalu keras hingga pengunjung melompat dari tempat duduk mereka ketika membuka situs Anda, maka mereka akan cepat-cepat meninggalkan situs Anda dan tidak akan kembali lagi.
  8. Pop-Ups
    Tidak hanya iklan pop-up namun juga pop up boxes. Anda tahu, ketika Anda membuka sebuah situs dan kemudian nama Anda ditanyakan, mungkin itu masih bisa dimaklumi. Namun jika kemudian muncul 5 (lima) baris pertanyaan berbeda atau harus menjawab sebuah pertanyaan di setiap halaman situs tersebut, maka pengunjung akan segera menutup dan meninggalkan situs tersebut, karena merasa terganggu.
  9. Warna
    Kita semua tahu bahwa membaca halaman hitam putih akan sangat membosankan. Itulah mengapa kita harus menambahkan unsur warna ke dalam situs yang kita buat. Dengan memberikan warna yang tepat, maka akan menambah kesempurnaan situs, sehingga halaman-halamannya akan mudah dibaca. Anda harus yakin bahwa warna yang Anda berikan akan sesuai dengan warna text. Jika Anda mempergunakan warna yang terlalu ‘berani’ ataupun perpaduan warna yang tidak sedap dipandang mata, maka pengunjung akan akan malas untuk membaca halaman tersebut dan mencari situs lain yang lebih menarik.
  10. Fonts
    Anda tidak harus memakai standart fonts yang sama terus menerus dalam sebuah situs agar tidak membosankan. Ada banyak sekali jenis font yang lain, yang akan membuat tulisan Anda terlihat lebih menarik dan lebih baik. Namun pemakaian font yang terlalu beraneka ragam dalam suatu halaman juga tidak baik. Batasilah pemakaian font dalam suatu situs menurut jenis pemakaiannya.
  11. Gaya Penulisan
    Setiap orang mempunyai cara penulisan sendiri-sendiri. Anda dapat menjadi seseorang yang lucu, serius, atau apa adanya. Bagaimana Anda menulis dalam situs Anda adalah hak Anda sepenuhnya, dan Anda perlu memilih dengan gaya penulisan yang bagaimana Anda akan mengisi situs Anda.
  12. Isi/Content
    Situs tentang apakah nanti yang Anda rencanakan? Ada berapakah macam hal yang Anda tulis? Tentu saja semua itu terserah Anda. Hal apapun yang Anda tulis, Anda harus yakin bahwa ejaan dan tata bahasa yang dipergunakan sudah benar, dan jika Anda mempunyai cukup waktu, bacalah ulang untuk meyakinkan bahwa sudah tidak ada lagi kesalahan bahasa.
Thank’s to : http://sobatpc.com/cara-membuat-desain-web-yang-baik/

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create