Renovasi Rumah Hemat Dengan Atau Tanpa KTA Dan Cukup Mudah

House

Banyak yang terkecoh dengan kredit tanpa agunan dan asal melakukan pengajuan saja. Kata tanpa agunan pada kredit ini memang menjadi godaan besar bagi nasabah yang sedang membutuhkan pinjaman.

Mereka tidak perlu lagi menjaminkan tanah, rumah, atau kendaraan untuk mengajukan kredit mereka. Tapi, bukan berarti kredit ini bebas bunga. Tetap ada bunga yang akan dibebankan kepada nasabah selaku peminjam dengan jumlah yang tentu berbeda dari kredit yang menggunakan jaminan.

Jika Anda membutuhkan pinjaman uang tanpa jaminan tersebut, Anda bisa datang langsung ke bank. Hampir seluruh bank di Indonesia memiliki fasilitas kredit ini.

Manfaatkan fasilitas pinjamam ini sebagai dana pinjaman untuk kebutuhan Anda yang benar-benar mendesak dan kalau bisa untuk sesuatu yang bermanfaat dan jika bisa dapat memberi keuntungan.

Misalnya untuk modal usaha, pelunasan kredit rumah, atau untuk perbaikan rumah baik itu untuk tempat Anda tinggal, disewakan, atau sebelum dijual agar harganya lebih tinggi.

Salah satu syarat penting dalam pinjaman kredit tanpa jaminan ini adalah buku tabungan Anda yang harus dibawa saat mengajukan pinjaman. Buku tabungan ini akan dijadikan gambaran pengelolaan keuangan Anda selama ini.

Bank akan melihat kemampuan tersebut salah satunya dari sana dan menjadi pertimbangan dalam menyetujui pinjaman atau tidak.

Karena, bagaimanapun bank harus memastikan keuangan Anda sehat dan mampu membayar pinjaman tersebut dengan cicilan setiap bulan berikut bunganya yang akan dibebankan kepada Anda.

Sebaiknya, Anda mempelajari dulu apa kelebihan dan kekurangan kredit ini sebelum memutuskan menggunakannya.

  1. Pinjaman ini memiliki persyaratan yang lebih mudah dan bisa cepat cair dananya. Tentu saja Anda tidak perlu menjaminkan apapun seperti rumah dan lain-lainnya yang berharga.
  2. Dalam membayar cicilan, terasa lebih ringan karena bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan.
  3. Anda akan terhindar dari resiko melewati jatuh tempo karena kredit ini bisa Anda bayar melalui ATM hingga autodebit.
  4. Bunga yang diberikan tetap.
  5. Dengan dana tersebut, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan baik itu kebutuhan yang produktif ataupun yang lebih konsumtif. Semua tergantung pada Anda sebagai pengguna yang nantinya akan membayar cicilan tersebut.
  6. Selain memanfaatkan fasilitas bank, pinjaman tanpa jaminan atau agunan ini juga bisa Anda dapatkan dari banyak penawaran baik dari lembaga keuangan resmi hingga penawaran online. Tapi, sangat disarankan memilih pinjaman dari bank agar keamanan dan kenyamanannya lebih terjamin.
  7. Tidak seperti pinjaman dana dengan jaminan, sayangnya kredit ini dibatasi jumlahnya. Namun, pembatasan jumlah minimal dan maksimal ini sangat menyesuaikan dengan penghasilan agar Anda tidak mengalami kredit macet mengingat tidak ada yang Anda jaminkan disini. Jadi, mengurangi resiko Anda merugikan pihak lain.
  8. Untuk cicilan pertama, jumlah pinjaman akan dikurangi untuk saldo. Sehingga, Anda tidak mendapatkan jumlah utuh.
  9. Walaupun ada kesepakatan, jika jumlah yang Anda pinjam kecil, maka jangka waktunya akan lebih pendek. Sedangkan jika dana yang dipinjam lebih besar, waktunya akan semakin panjang. Tapi, tetap ada batas maksimal pengembaliannya yaitu hanya sampai 5 tahunan.
  10. Kredit ini walaupun ada batasan minimal untuk usia peminjamnya, namun pemberian pinjaman lebih diutamakan pada mereka yang sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.
  11. Kredit ini bagaimanapun sangat beresiko, sehingga bank akan mewajibkan Anda memiliki rekening tabungan di sana untuk menyimpan gaji Anda.
  12. Dibandingkan dengan kredit menggunakan jaminan, bunganya lebih besar. Besarnya tergantung ketentuan banknya.
  13. Ada denda yang akan menanti Anda jika Anda membayar cicilan telat, jatuh tempo yaitu hingga 5%nya

Persyaratan yang cukup mudah yang harus Anda miliki selain merupakan warga negara Indonesia, minimal usia Anda 21 tahun. Setidaknya, penghasilan Anda per bulannya mencapai 2,5 juta rupiah.

Coba buka website resmi bank yang Anda pilih untuk pengajuan kredit ini. dapatkan formulirnya di sana dan lihat persyaratan lainnya yang harus Anda bawa dan lengkapi saat datang ke bank tersebut.

Pastikan tidak ada kelengkapan administrasi yang kurang agar analisis yang dilakukan bank tersebut cepat dilakukan dan jika disetujui, dananya pun cepat cair.

Jika Anda memiliki kartu kredit, pinjaman ini akan semakin mudah untuk disetujui. Dengan pembayaran cicilan kartu kredit yang lancar, bank sudah bisa membaca kemampuan Anda dalam membayar cicilan kredit tanpa jaminan yang akan Anda terima ini.

Salah satu pemanfaatan kredit ini adalah untuk dana cepat dalam renovasi rumah. Berikut ini ada tips untuk renovasi rumah yang hemat agar dana pinjaman Anda bisa lebih ditekan.

  1. Anda sudah harus memiliki konsep untuk renovasi yang akan dilakukan ini. Tentukan desain seperti apa yang akan Anda gunakan untuk rumah tersebut. Cek semua bagian yang akan diganti dan dirubah, siapa tahu tidak harus semuanya diganti atau dirubah. Dengan konsep yang sudah Anda ketahui, saat menjelaskan kepada yang akan merenovasinya, mereka tidak akan bingung dan bisa langsung kerja. Mereka akan lebih cepat mengerjakannya. Selain itu, karena ternyata tidak semua harus diganti atau dirubah maka biaya penggantian akan lebih sedikit.
  2. Lakukan survey dan juga pilihan langsung terhadap semua kualitas material yang akan Anda gunakan dalam renovasi tersebut. Anda harus menganggarkannya sebelum menentukan jumlah pinjaman. Jangan lupa, untuk berhemat Anda juga bisa menggunakan sesuatu yang lebih murah atau bekas dengan kualitas yang tidak kalah dari barang baru dan mahal. Namun, pastikan untuk komponen paling penting seperti kayu-kayuan, cat, pipa, keramik, dan berbagai rangka yang perlu kekuatan dan daya tahan lama, pilih yang kualitasnya terbaik.
  3. Tanyakan juga pada orang yang akan merenovasinya, bagaimana sistem pembayarannya. Jika bisa dicicil dan untuk semua kelengkapan renovasi serta cicilan pertamanya cukup dari tabungan yang ada, maka Anda tidak usah meminjam ke bank. Jika ada, lebih baik Anda gunakan orang renovasi borongan yang sistem pembayarannya harian. Tapi, tetap hitung dulu cari mana yang paling menguntungkan dan memungkinkan Anda menekan budget dan tidak perlu pinjam ke bank.
  4. Pilih waktu renovasi terbaik sekiranya Anda sudah tidak memiliki cicilan agar pinjaman yang Anda lakukan untuk renovasi tersebut tidak membuat Anda pusing. Pilih juga saat musim kemarau agar jika renovasi juga dilakukan di bagian luar tidak mendapat hambatan. Agar pekerjaan tukangnya lebih bisa Anda perhatikan, bisa juga pilih di waktu Anda tidak terlalu sibuk.

Langkah-langkah dalam renovasi rumah hemat ini memungkinkan Anda bisa mengontrol budget dan sebisa mungkin menghindari pinjaman tersebut, namun jika Anda sepertinya harus mengeluarkan hal tersebut maka Anda bisa memanfaatkan pinjaman uang tanpa jaminan tersebut untuk biaya renovasi rumah.

Coba gunakan ide kreatif Anda dalam merenovasi rumah agar tidak perlu menggunakan jasa interior desainer. Tidak sulit untuk melihat berbagai referensinya. Anda bisa menggunakan internet dan buku sebagai sumbernya. Saat ini banyak website yang memuat tentang inspirasi rumah idaman.

Sumber Ilustrasi Gambar:

http://www.fhosc.org/wp-content/uploads/2015/01/o-GLASS-HOUSE-facebook.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *