Cara Bikin Tahu Bulat

Anda tau cara bikin tahu bulat ? Ya, Tahu bulat. Tahu bulat diolah melalui 2 proses pengolahan, pengolahan pertama proses pembuatan tahu putih, yang kemudian tahu putih ini diolah kembali dengan cara dihancurkan atau dicacah dengan tambahan bumbu-bumbu, kemudian dicetak menjadi bulat-bulat.
Nah tentang tambahan bumbu-bumbu ini saya kurang tau..hehehe…

Untuk mendapatkan hasil tahu bulat yang maksimal ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggorengannya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil penggorengan tahu bulat.

1. Penyimpanan
Usahakan untuk menyimpan tahu bulat didalam lemari es atau cooler box. Biarkan kurang lebih 10 menit setelah tahu bulat dikeluarkan dari kemasan agar tahu bulat dapat mengembang dengan baik pda saat digoreng.
Jangan menyimpan tahu bulat di dalam freezer karena tahu tidak akan mengembang maximal apabila dibekukan di dalam freezer.
Usahakan agar mengambil tahu bulat secukupnya untuk digoreng, jangan memasukan kembali sisa tahu bulat ke dalam kulkas atau cooler.
2.Minyak penggorengan.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan minyak goreng dengan kualitas yang baik, minimal gunakanlah minyak dengan kualitas sedang.
Usahakan untuk menggunakan minyak baru yang hanya digunakan untuk menggoreng tahu bulat saja dan gunakan maksimal antara 4-5 kali penggorengan dan ganti setelah lebih dari 5 kali penggorengan.
Apabila minyak digunakan bersama untuk menggoreng makanan lain usahakan diganti setelah digunakan 3-7 kali.
2.Suhu minyak.
Pada saat menggoreng tahu bulat sebaiknya suhu dijaga agar tidak terlalu panas, apabila suhu terlalu panas maka tahu bulat akan pecah/meletus.
3.Suhu api.
Tahu bulat akan maksimal hasilnya jika digoreng menggunakan api kecil. Pada penggorengan pertama minyak dirasa sudah cukup panas suhunya sebaiknya api dikecilkan (shallow frying)
4.Waktu penggorengan.
Lamanya waktu penggorengan sebaiknya 15 menit karena apabila lama penggorengan kurang dari 15 menit tahu bulat akan kempes kembali beberapa saat setelah diangkat dari penggorengan,tetapi apabila terlalu lama tahu akan pecah/meletus

Tahu bulat bulat tidak hanya enak dinikmati sebagai cemilan dengan cara digoreng tetapi bisa diolah dengan cara lain sebagai kripik. Pembuatannya pun tergolong praktis, tahu bulat yang sudah digoreng matang digunting menjadi 2 bagian dan diambil bagian tengahnya kemudian digoreng kembali sampai benar-benar kering.
Selain bisa tahan sampai 1,5 bulan lebih pengolahan tahu bulat dengan cara dibikin keripik dapat menaikkan  nilai ekonomis dari tahu bulat Tasikmalaya.

2 thoughts on “Cara Bikin Tahu Bulat

  1. Pingback: cara bikin tahu bulat « Waringinjambe's Blog

  2. Pingback: Elektrische Zahnbuerste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create