Budidaya Lele

Budidaya Lele Dengan Terpal.

Setelah banyak melihat ulasan tentang budidaya lele sangkuriang, budidaya lele dumbo maka Berikut ini saya jelaskan cara usaha Budidaya Lele Dengan Terpal:

  1. Siapkan lahan yang luasnya 12 m x 8 m untuk budidaya lele Dengan Terpal.
  2. Bagilah lahan itu menjadi 4 bagian dengan ketentuan: 2 bagian seluas 3mx 4m dan 2 bagian lagi seluas 3m x 5m.
  3. Buatlah rancangan pagar persegi yang terbuat dari bambu dengan ukuran sesuai ukuran lahan yang dibagi- bagi di atas. Pagar ini berguna untuk tempat terpal. Biaya untuk ini sekitar 500ribu.
  4. Siapkan terpal plastik berukuran 5m x 6m = 2 buah dan 5m x 7m= 2 buah. Biaya sekitar 600 ribu.
  5. Kalo terpal sudah siap maka isilah dengan air dengan ketinggian 30 cm. Diamkanlah selama satu malam. Setelah 1 malam maka buanglah airnya.
  6. Lalu isi lagi terpal dengan air dengan ketinggian 30 cm.
  7. Beli bibit lele untuk Budidaya Lele anda dengan ukuran 7 – 9. Harganya sekitar rp 130,- per ekor. ( kalau 10.000 ekor maka = 1.300.000 ).
  8. Pakan Budidaya Lele dengan terpal adalah pelet 8 karung dengan harga rp 200.000,- per karung (selain itu berilah pakan tambahan berupa: batang ayam, usus ayam, bekecot, dan lain-lain).
  9. Hanya dalam waktu 2 – 3 bulan maka kita sudah siap panen atas hasil Budidaya Lele kita. Minimal 600 kg dan maksimal 900 kg. Dan rata-rata 750 kg, (harga lele terjual sekitar : 750 kg x 9.000= rp 6.750.000). Untuk laba dari hasil usaha Budidaya Lele anda silahkan anda hitung sendiri ya…hehe

Pehatian untuk budidaya lele Dengan Terpal:

  1. Berilah pakan dengan benar agar pertumbuhan tidak terhambat jangan terlalu ber lebih an. agar lele tidak mati dan Budidaya Lele anda bisa berlanjut.
  2. Jika air kotor maka segera ganti airnya. Cirri air kotor bukan dari baunya saja melainkan lele – lele mulai mengambang.
  3. Cara ganti air ada 2 macam: dibuang setengah kemudian di isi sebanyak yang dibuang dan cara kedua yaitu: di buang semua air dalam kolam kemudian di isi lagi sebanyak air yang dibuang.
  4. Makanan untuk budidaya lele Dengan Terpal adalah pelet apung dan lele dengan berat 1 kg membutuhkan pellet apung sebenayak 1 kg
  5. Kalau diberi pakan pelet terus maka kita akan rugi. Solusinya kita beri pakan tambahan. Misalnya ikan plirik (ikan yang terbuang, dijual dengan harga yang murah) perkilogram harganya Rp 1.500- Rp 2.000. kalau kita bandingkan dengan pellet yang harganya 700/ Kg maka sangat jauh perbandingannya.

Semoga penjelasan saya tentang budidaya lele Dengan Terpal Sangat membantu anda. Silahkan komentar jika perlu dikomentari.. Terima Kasi telah melihat budidaya lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create