Menilik 2 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

By | April 20, 2017

Saat ini ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak agar bisa menjadi pribadi yang baik maupun buruk. Semua hal tersebut dapat berpengaruh melalui faktor internal maupun eksternal. Faktor yang baik akan memberikan pertumbuhan dan perkembangan yang baik, namun faktor yang buruk akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan yang buruk pula.

Menilik 2 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Faktor internal dan eksternal tersebut bisa menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan anak sejak dini hingga dewasa nanti. Adapun beberapa faktornya yaitu:

  • Faktor internal,

Faktor internal merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak hingga ia dewasa nanti. Beberapa faktor internal yang ada yaitu:

     * Gen,
Genetik menjadi salah satu faktor pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Faktor gen tersebut merupakan faktor keturunan orang tua yang diberikan. Misal, jika orang tua memiliki tubuh yang besar maka kemungkinan anak juga akan memiliki tubuh yang besar pula. Begitupun sebaliknya.

      * Ras,
Selain gen, ada juga ras yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika anak berasal dan bertempat tinggal di lingkungan kehidupan negara Indonesia maka ia akan terbentuk memiliki prilaku yang seperti halnya orang Indonesia dan hal ini berarti berbeda dengan negara lain.

  • Jenis kelamin,

Setelah itu yang menjadi salah satu faktor tumbuh kembang anak juga berasal dari jenis kelamin yang dimiliki. Setiap anak yang memiliki jenis kelamin laki-laki dan perempuan berbeda satu sama lain. Misalnya, anak laki-laki akan cepat berkembang ketika ia sudah mengalami pubertas.

       * Faktor eksternal,
Selain faktor internal, faktor eksternal juga bisa menjadi pengaruh tumbuh kembang anak. Beberapa faktornya yaitu:

       * Kondisi dalam kandungan,
Kondisi saat masih dalam kandungan menjadi faktor utama pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Jika pada saat itu nutrisi yang diberikan untuk anak sangat baik maka anak akan mengalami pertumbuhan yang baik pula. Begitu pun dengan sebaliknya.

  • Kasih sayang,

Kasih sayang yang diberikan oleh orang tua juga menjadi faktor dalam tumbuh kembang anak yang baik. Dengan diberikan kasih sayang yang cukup maka anak akan tumbuh dengan cerdas dan cepat. Namun, jika kasih sayang yang diberikan kurang maka pertumbuhan dan perkembangan anak akan melambat.

  • Lingkungan sosial,

Lingkungan yang baik akan membuat anak berkembang dengan baik. Misal, di sekolah anak memiliki teman yang berprilaku baik maka prilaku anak juga akan terbentuk baik pula.

Selain, faktor-faktor tersebut ada juga faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak lainnya seperti nutrisi yang diberikan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Pastikan memberikan nutrisi yang baik untuk anak, yaitu berupa susu untuk dikonsumsi seperti susu PT. Wyeth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *