Kenali KTA Terlebih Dahulu Sebelum Anda Mengajukan Apply

Logo-Bank-BRIBRI atau Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank dengan reputasi terbaik di Indonesia. Bank ini banyak membantu masyarakat di tanah air dengan fasilitas simpan pinjamnya yang aman dan ringan. Salah satu fasilitas yang paling banyak dimanfaatkan adalah pinjaman tanpa jaminan.

Sebelum Anda menggunakan pinjaman tanpa agunan BRI, sebaiknya Anda kenal dulu lebih jauh dengan kredit paling populer ini.

Kredit tanpa agunan atau jaminan sangat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dana mendesak dan cepat. Dana ini dapat menjadi tambahan bagi kekurangan dana tersebut.

Namun, dana ini bukan berarti bisa Anda jadikan tempat bergantung setiap kali Anda membutuhkan tambahan dana.

Ketika Anda membutuhkan pinjaman, sebisa mungkin jangan buru-buru melakukan pengajuan pinjaman tersebut. Anda harus jadi peminjam yang cerdas dan bijak dengan memperhatikan berbagai faktor yang berhubungan dengan pelunasannya. Karena, jika tidak maka pinjaman ini bisa jadi masalah baru bagi keuangan Anda.

  1. Bank adalah tempat pengajuan pinjaman KTA yang paling tepat dan terpercaya. Semua bank ternama di Indonesia termasuk BRI bisa menjadi pilihan Anda. Pilih bank yang menurut Anda paling ringan cicilan dan bunganya. Anda bisa membandingkan fasilitas yang diberikan setiap bank sebelum memilihnya.Sebaiknya Anda hindari pinjaman tanpa agunan dari pihak-pihak tertentu seperti rentenir yang beresiko tinggi merugikan Anda dengan jeratan bunganya.Pinjaman dari pihak yang tidak memiliki dasar hukum tersebut. Bunga tinggi yang dikenakannya akan membuat Anda terlilit hutang lebih banyak dan ketika tidak mampu membayar resiko keselamatan diri Anda bisa menjadi taruhannya. Saat ini, kasus kekerasan akibat rentenir tidak sedikit.
  2. Cara aplikasi pinjaman KTA sangat mudah. Saat ini, formulirnya bahkan sudah banyak tersaji secara online dan Anda tinggal ke bank saja bersama kelengkapan data lainnya seperti KTP, KK, SPT, NPWP, buku tabungan, dan slip gaji. Biasanya yang diminta hanya foto copynya saja.

Sebelum melakukan aplikasi, Anda juga harus tahu bahwa KTA ini tidak boleh Anda paksakan pengajuannya sekalipun Anda sangat membutuhkannya.

Pihak bank membutuhkan data-data berikut kejujuran Anda untuk mempertimbangkan berapa jumlah dana yang tepat untuk Anda pinjam berikut jangka waktu pengembaliannya sesuai dengan penghasilan per bulan yang Anda miliki. Jangan sekali-kali berbohong agar pinjaman disetujui.

Pihak bank melakukan ini agar terjadi saling percaya antara nasabah dan mereka dimana Anda tidak akan terganjal kredit macet karena pinjaman tersebut.

Mereka ingin Anda jadi nasabah mereka yang di kemudia hari ketika membutuhkan pinjaman lagi bisa mereka bantu karena Anda mampu dan mentaati semua peraturan yang diterapkan bank tersebut.

Dalam mengajukan jumlah dana yang akan dipinjam, agar pengajuan bisa disetuji maka ajukan dengan pertimbangan yang paling masuk akal.

Yaitu, tidak melebihi 40% dari penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya. Lakukan perhitungan penghasilan setelah Anda menguranginya dengan berbagai biaya bulanan lainnya, siapa tahu Anda juga memiliki cicilan lain.

Pinjaman KTA ada batas minimal dan maksimalnya begitu juga dengan jangka waktu pengembaliannya. Jumlah pinjaman yang sebanding dan sesuai dengan pendapatan tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pengajuan untuk disetujui.

Anda pun bisa mendapatkan jangka waktu pengembalian yang sesuai. Selama proses pengajuan, pastikan Anda selalu mengaktifkan telepon atau handphone yang Anda gunakan untuk nomor kontak dengan pihak bank. Sehingga, ketika pihak bank butuh informasi, mereka akan lebih cepat dalam menghubungi Anda.

Sulitnya pengajuan diterima biasanya karena ada catatan buruk Anda di masa lalu dengan pinjaman pada bank tersebut, termasuk jika Anda sebelumnya juga memiliki cicilan kendaraan.

Bagi pengguna kartu kredit, tepat tidaknya Anda dalam melunasi cicilan setiap bulannya juga sangat berpengaruh. Bank memiliki pertimbangan besar untuk catatan tersebut.

Jadi, usahakan selalu bayar cicilan tepat waktu baik ke bank atau cicilan laiinnya yang sekiranya bisa menghambat proses pengajuan pinjaman Anda di masa depan.

Dengan persyaratan yang lebih gampang, kita dapat menyimpulkan bahwa kredit tanpa agunan ini memiliki kelebihan sebagai kredit ringan yang sangat mempertimbangkan penghasilan dan kemampuan Anda dalam membayar setiap bulannya.

Tanpa jaminan, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman yang bisa cair dengan lebih gampang dan cepat. Saking cepatnya, bahkan tidak sampai seminggu, dana pinjaman ini sudah bisa cair.

Sangat membantu untuk Anda yang membutuhkan dana yang cepat dan mendesak. Semua bank di Indonesia memiliki fasilitas KTA, Anda tidak akan sulit mendapatkannya. Cukup datangi saja bank pilihan tersebut.

Walaupun relative tetap, bungan KTA terhitung lebih tinggi dari pada pinjaman yang menggunakan jaminan. Ini menjadi sebuah kekurangan tapi bisa dimengerti. Oleh karena itu juga, Anda harus memperhatikan bunga yang ditetapkan oleh bank tersebut terhadap KTA yang Anda ajukan ini.

Adanya batas minimal dalam pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil dari pinjaman dengan menggunakan jaminan, walaupun ini menjadi bentuk kekurangan tapi jika dilihat dari sisi positif hal ini merupakan kelebihan yang ada dalam KTA tersebut.

Batas minimal ini justru menjadi pengertian dari pihak bank agar Anda tidak kesulitan dalam membayar cicilan dengan bunga yang terhitung lebih besar tersebut.

Jika Anda meminjam dengan KTA, maka jangka waktu pembelian akan ditentukan sesuai dengan penghasilan dan kemampuan atas jumlah dana yang Anda pinjam tersebut.

Di sini, jika pinjaman kecil maka jangka waktu pembelian lebih pendek dan sebaliknya, jika semakin besar maka semakin panjang juga jangka waktu pengembaliannya.

Mempertimbangkan semua kelebihan dan kekurangan ini sebelum melakukan pengajuan bisa menjadi bagian dari cara bijak Anda menggunakan fasilitas pinjaman KTA dari bank.

Ingat, meminjam uang tidak salah dan boleh saja asal itu masih masuk akal dengan berbagai aturannya. Jangan sampai pinjaman malah memberi musibah pada Anda dan jangan sampai hal ini terjadi karena ketidakbijakan Anda dalam melakukan pinjaman tersebut.

Contohnya saja dalam meminjam ke rentenir. Secara hukum bahkan di masyarakat pun, khususnya hukum agama, mengharamkan meminjam pada rentenir.

Seharusnya, hal ini sudah menjadi pertimbangan Anda untuk tidak meminjam uang pada rentenir tersebut. Tapi, karena Anda berpikir ini mendesak dan yakin bisa mengembalikannya lagi, Anda malah meminjamnya.

Karena tidak melakukan perhitungan bunga hingga kerugian lainnya, Anda pun kaget dengan tagihan setiap bulan yang harus Anda bayar dan baru melakukan perhitungan saat itu.

Namun, Anda bisa menggunakan pinjaman uang tanpa jaminan untuk biaya bisnis Anda dan hal ini bisa Anda pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Bahkan, walaupun Anda ingin melunasi di tengah jalan agar bisa segera bebas dari hutang ini, bunga Anda masih tetap harus dibayar dan jumlahnya bisa mencapai setengahnya.

Sudah pasti Anda akan menyesal dan dirugikan. Demikian juga ketika Anda mengalami masalah dalam pembayaran cicilan tersebut, seperti telat.

Anda akan dikenakan denda yang makin menumpuk. Jika tidak mampu membayar, maka siap-siap saja Anda dirugikan secara moril. Bisa dengan menagih melalui cara yang tidak manusiawi hingga melalui cara kekerasan yang beresiko membahayakan diri Anda.

Sumber Ilustrasi Gambar:

http://4.bp.blogspot.com/-zCxElMR8gVw/UmI-5DkIm_I/AAAAAAAADAQ/j_QaFZEBF48/s1600/Logo-Bank-BRI.png

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *