Popular Tags:

foto

December 17, 2014 at 11:00 am

 

hanya mencoba saja

hobi

January 14, 2015 at 12:46 pm

hobi saya adalah jalan-jalan, yessssss jalan jalan mengikuti angin,

jadi hobi saya ya kemana saja mengikuti angin, begituuuuu

saya tidak mau menjelaskannya lah, kalian cukup melihat gambar gambarnya sajaaaaa,,,,

 

kamu juga bisa lihat videonya …….

ini saat jalan jalan ke samigaluh kulon progo, abaikan orang yang pacaran,,,

video

January 12, 2015 at 5:45 am

ini adalah video serial dari saya yang membahas tentang bimbingan dan konseling yang telah saya pelajari di prodi bimbingan dan konseling universitas ahmad dahlan yogyakarta, silahkan klik disini

Teori Tipologi Karier Jhon Holland

January 6, 2015 at 10:31 am

PEMBAHASAN
A. Sejarah Munculnya Teori Tipologi Karier Jhon Holland
Pada awal munculnya teori bimbingan dan konseling yang berawal dari pelaksanaan vocational guidance (bimbingan jabatan), banyak tokoh yang berusaha untuk menganalisis vocational guidance dari beberapa sudut pandang yang berbeda. Beberapa tokoh itu antara lain Bordin, Happock, Donald E. Super, dan Anne Roe ( 1943, 1957, 1957 dan 1957), telah memaparkan teori tentang pemilihan karir atau jabatan.
Namun, dari beberapa tokoh yang disebut diatas ditemukan pada beberapa teori pilihan pekerjaan yang dikemukakan tampaknya memiliki kekurangan-kekurangan. Dalam teorinya, Donald E. Super menjelaskan bahwa dalam kematangan bekerja dan konsep diri (self-concept) merupakan dua proses perkembangan yang berhubungan dan merupakan tulang punggung teori yang dikemukakan. Pada teori tersebut Donald E. Super masih menjelaskan masalah perkembangan atau pemilihan jabatan secara umum.

TEORI TRAIT AND FACTOR

January 6, 2015 at 10:21 am

TEORI TRAIT AND FACTOR

BAB I

Pendahuluan

A.   Latar belakang

Trait-factor counseling sukar diganti dengan istilah bahasa Indonesia yang  mengena paling-paling dapat dideskripsikan dengan mengatakan: corak konseling yang menekankan pehaman diri mellui testing psikologis dan penerapan pmahaman itu dalam mmcahkan berraneka probem yang dihadapi, trutama yang menyangkut pilihan program stiudy dan/bidang pekerjaan.pelopor pengembangan corak konseling ini yang terkenalnialah E.G. Williamson,

Corak konseling ini dii kenal juga dengn nama directive conseling  atau Counselor centered conseling,karena konselor secara sadar mengadakan stukturalisasi dalam proses konseling dan berusaha mempengaruhi arah perkembangan konseli demi kebaikan konseli sendiri. Corak konseli ini menilai tinggi kemampuan manusia untuk berfikir rasional dan memandang masalah konseli sebagai problem yang harus di pecahkan dengan menggunakan kemampuan itu (Problem solving approach).Dalam bukunya yang berjudul vocational conseling (1965) Williamson menguraikan sejarah perkembangan bimbingan jabatan dan proses lahirnya konseling jabatan yang berpegang pada teori trait –faktor.Dalam bukunya choosing a vacation (1909), frank parsons menunjukan tiga langkah yang harus diikuti dalam memilih suatu pekerjaan yang sesuai, yaitu:

MBTI

January 6, 2015 at 10:15 am

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator sendiri merupakan instrumen tes yang sangat populer di kalangan pemerhati kepribadian individu. MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers (dari merekalah kemudian nama MBTI Myers-Briggs Type Indicator berasal) pada era Perang Dunia II untuk membantu para pencari kerja menemukan tipe pekerjaan yang paling cocok untuk mereka.

The MBTI ( Myers-Briggs Type Indicator ) didasarkan pada Carl Jung pengertian jenis psikologis. MBTI ( Myers-Briggs Type Indicator ) pertama kali dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers (1897-1979) dan ibunya, Katharine Cook Briggs. Isabel gelar sarjana dalam ilmu politik dari Swarthmore College dan tidak ada afiliasi akademik. Ayah Katharine berada di Fakultas Pertanian Michigan College (sekarang Michigan State University). Suaminya adalah seorang fisikawan penelitian dan menjadi Direktur Biro Standar di Washington. Suami Isabel, Clarence Myers, adalah seorang pengacara. Karena Clarence begitu berbeda dari anggota keluarga lainnya, Katherine menjadi tertarik pada tipe. Dia memperkenalkan Isabel untuk buku Jung, Psikologis Jenis. Keduanya menjadi keranjingan “tipe pengamat.” Tujuan mereka adalah satu mulia: untuk membantu orang memahami diri mereka sendiri dan satu sama lain sehingga mereka mungkin bekerja di bidang pekerjaan yang cocok dengan jenis kepribadian mereka. Hal ini akan membuat orang lebih bahagia dan membuat dunia menjadi kreatif, produktif, dan damai tempat yang lebih di mana untuk hidup.

 

TEORI ANNE ROE

January 6, 2015 at 10:12 am

A.    Teori Kepribadian Anne Roe

 

Teori kepribadian populer lainnya, sering kali disebut klasik, dikembangkan oleh Anne Roe (1956) didasarkan kepada teori klasik Maslow tentang kebutuhan-kebutuhan dasar. Kebutuhan yang dimaksudkan roe, diuraikan dari yang esensial bagi hidup hingga yang tertinggi bisa dicapai, adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan fisiologis
  • Kebutuhan rasa aman
  • Kebutuhan dimiliki dan dicintai
  • Kebutuhan mempercayai diri dan dihargai
  • Kebutuhan akan informasi
  • Kebutuhan akan pemahaman
  • Kebutuhan akan keindahan
  • Kebutuhan bagi aktualisasi diri

PENDEKATAN GESTALT

January 6, 2015 at 10:07 am

Pendekatan Gestalt adalah terapi humanistik eksistensial yang berlandaskan premis, bahwa individu harus menekankan caranya sendiri dalam hidup dan menerima tanggung jawab  pribadi jika individu ingin mencapai kedewasaan. Tujuan dasar pendekatan ini adalah agar konseli mencapai kesadaran tentang apa yang mereka rasakan dan lakukan serta belajar bertanggung jawab atas perasaan yang mereka rasakan dan lakukan serta belajar bertanggung jawab atas perasaan, pikiran dan tindakan sendiri.

Selanjutnya pendekatan ini juga dianggap pendekatan yang hidup dan mempromosikan pengalaman langsung, bukan sekedar membicarakan permasalahan dalam konseling. oleh karena ini, pendekatan ini disebut juga eksperiental, dimana konseli merasakan apa yang mereka rasakan, pikirkan dan lakukan pada saat konseli berinteraksi dengan orang lain.

LEAFLET

January 5, 2015 at 10:34 am

ini contoh leaflet dalam bentuk pubisher, klik di sini ya

yang dalam bentuk pdf, klik di sini

Konselor Musilim

January 5, 2015 at 10:21 am

berikut saya lampirkan link tentang artikel konselor muslim, klik disini ya teman

DAFTAR CEK MASALAH

January 5, 2015 at 10:12 am

Berikut link tentang Daftar Cek Maslah, klik disini

Skip to toolbar