Teknik penggunaan generator password

By | September 10, 2011

Penggunaan Generator Password

http://strongpasswordgenerator.com/

Pada umumnya jika anda menggunakan password generator, maka kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil serta bentuk symbol lainnya, itu akan tersusun secara acak.  Manfaat lain dalam penggunaan password generator yaitu mudah dalam membuat password, serta anda juga harus mudah mengingatnya baik itu dengan cara menulisnya dengan sesuatu yang bisa anda simpan sendiri. Dalam penggunaan ini juga menyulitkan Cara pembobol password, karena dengan generator password tersebut angka dan karakter maupun symbol tersusun secara acak tanpa batas, jadi pembobol password kesulitan mendapatkan password anda, karena prosesnya lama apabila anda menggunakan generator password dengan karakter yang cukup panjang. Efektif dalam penggunaan generator password  adalah dengan pemanfaatan pemrograman javascript, karena daripada melakukan download software dari internet itu juga kurang efektif kalau enggak yang portable, meskipun cara penggunaannya adalah sama yaitu degan cara mengatur panjang atau pendeknya password yang anda buat dengan berbagai pilihan karakter.

Cara Pembobolan Password

Berbagai macam cara metode untuk membobol password, biasanya Hacker  yang dapat diartikan dengan programmer yang pandai dan senang dalam mengutak atik sesuatu / modal nekat atau disebut juga dengan neritik (dalam bahasa jawanya ). Bagi seorang hacker, perlindungan terhadap sistem komputer adalah tantangan ,karena  mereka biasanya akan mencari  cara bagaimana caranya menembus password, firewall, acces key, dan sebagainya. Walaupun demikian hacker bisa dibedakan atas dua golongan, golongan putih dan golongan hitam.

Yang saya tau mengenai pencurian password ataupun pembobolan password yaitu dengan cara,

  1. Menebak nebak password yang mudah diingat , biasanya para pemakai password menggunakan password yang mudah diingat misalnya dengan cara memakai nomer hp nya, namanya sendiri, atau juga biasanya ia menggunakan kata kata dari kamus bahasa inggris yang mudah diingat juga.
  2. Brute Force, yaitu upaya untuk memecahkan kode password dengan menggunakan bantuan software yang didalam software tersebut mempunyai banyak kode kode yang berupa angka, huruf besar, huruf kecil, dan jenis symbol symbol lain dengan berbagai kombinasi.
  3. Sosial Engginering, Serangan ini biasanya melibatkan manusia sendiri yang sedang kurang konsentrasi dengan lawan bicara. Biasanya pelaku hacker mencoba membuka informasi rahasia dengannya dengan cara mengelabui korbannya.
  4. Membuat halaman login palsu pada address bar, biasanya melalui kiriman e-mail palsu, supaya korban mengklik halaman login palsu itu, terus kemudian sikorban disuruh melakukan pengisian username  beserta password dalam halaman login tersebut. Jadi secara tidak sadar maka sikorban telah tertipu dengan segaja memasukkan identitas mereka.

Jadi saya sarankan bila anda membuat account ; sebaiknya jangan anda tampilkan alamat email anda, bila anda menampilkan alamat email itu berarti bahwa anda sudah menganggap alamat email anda itu untuk umum, masalah penggunaan password yang cukup panjang itu juga membuat agar pelaku pembobolan password dengan bantuan software / Brute Force itu memerlukan waktu yang cukup banyak, anda jangan khawatir karena password yang panjang kemungkinan malah anda sendiri yang lupa_ tapi ingat pasti anda sering dan terbiasa menggunakan password yang panjang

Apa ya harus memakai password yang panjang ??

Jawabanya ya tidak harus anda menggunakan password yang panjang jika anda menganggap account anda itu sudah aman dari gangguan, semuanya berawal dari ketenangan perasaan anda sendiri.

Serangan mata mata keylogger = kemungkinan serangan dari dalam yang berupa software yang terinstal berbahaya pada komputer anda.