MENGENAL BISNIS KONVEKSI PAKAIAN UNTUK MENAMBAH WAWASAN ANDA

By | February 12, 2020

Ingin tahu pengertian dari konveksi pakaian untuk menambah wawasan mengenai bisnis usaha konveksi. Silakan KLIK DISINI!

Apakah anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan bisnis konveksi pakaian?. Di sini kami akan memberikan informasi tentang bisnis konveksi.  Dan sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bisnis konveksi pakaian. Kita akan memberikan informasi apa sih yang dimaksud dengan konveksi itu.  Selain itu apa hubungan konveksi pakaian dengan bisnis konveksi?. Untuk anda yang belum tahu konveksi adalah sebuah usaha produksi pakaian yang dibuat secara massal.  Konveksi secara lebih spesifik adalah industri kecil skala rumah tangga.  Yang merupakan tempat pembuatan pakaian jadi seperti kaos, polo shirt, kemeja, jaket, celana dan sebagainya. Secara garis besar konveksi merupakan salah satu bisnis di bidang pakaian yang biasanya memproduksi pakaian dalam partai besar sesuai permintaan.  Dan untuk bisnis konveksi pakaian ini memang banyak diminati di Indonesia.  Karena permintaan pasar yang sangat tinggi namun kompetitor nya masih rendah.  Selain itu membuat usaha bisnis konveksi pakaian tidak harus membangun sebuah pabrik.  Akan tetapi dapat membuka usaha ini dalam skala rumahan.

Tahapan Proses Produksi Konveksi Pakaian

Untuk Proses produksi konveksi pakaian memiliki beberapa tahapan.  Dalam suatu tahapan produksi ada beberapa proses yang harus dilakukan agar produksi tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa tahapan dari proses produksi konveksi pakaian yaitu:

  1. Menyiapkan bahan material

Langkah pertama – tama menyiapkan bahan material yang dibutuhkan. Misalnya saja seperti bahan kain, benang, kancing, dan material konveksi lainnya yang dibutuhkan.  Selain itu mengikuti desain produk konveksi yang akan dibuat.

 

  1. Merencanakan pola

Tahapan selanjutnya, dalam proses ini kita akan menentukan rancangan dari pakaian yang akan dibuat.  Dan dalam proses ini biasanya menggunakan program komputer seperti adobe photo shop, corel draw dll.

 

  1. Tahap proses potong kain

Setelah anda sudah melakukan perencanaan desain yang akan digunakan pada kaos.  Selanjutnya kita akan melakukan pemotongan kain.  Tentu saja pemotongan ini disesuaikan dengan perencanaan.  Misalnya saja seperti pemotongan kain untuk dasar pakaian, saku, atribut lain yang dibutuhkan.

 

  1. Seting aplikasi

Setelah proses pemotongan bahan kain selesai, kita akan melakukan setting aplikasi yang digunakan.  Selain itu pakaian tersebut menggunakan sablon ataupun bordir.

 

  1. Proses aplikasi

Dan untuk tahap ini kita akan melakukan penerapan dari setting aplikasi yang telah dilakukan ke dalam pakaian.  Menggunakan mesin yang sesuai dengan aplikasi yang digunakan.

 

  1. Proses jahit

Setelah penerapan aplikasi ini selesai baru di sini kita melakukan proses jahit. Dengan pola jahit di sini tentu harus sesuai dengan pola yang telah kita buat.

 

  1. Quality control yang ketat

Setelah proses jahit ini selesai. Anda harus melakukan proses quality control ketat.  Dan dalam proses ini adalah sangat penting mengingat bahwa kita memproduksi pakaian sesuai dengan keinginan konsumen.  Maka hasil produksi harus sesuai dengan keinginan konsumen.  Dan bila proses Quality control ini memang tidak sesuai keinginan.  Sehingga mau tidak mau anda harus mengulang langkah – langkah tertentu kedalam beberapa point di atas.

 

  1. Stam dan packing

Setelah beberapa tahapan di atas sudah terpenuhi, selanjutnya proses steam.  Dimana untuk mendapatkan kerapian dan hasil yang lebih sempurna.  Proses steam ini akan menyempurnakan proses produksi konveksi. Karena setelah tahap ini baru proses packing dapat dilakukan.

Demikian informasi mengenai tahapan proses di konveksi pakaian. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat menambah wawasan anda mengenai konveksi pakaian. Dan terima kasih atas kunjungannya.