PROSES MEMBUAT PAKAIAN DI JASA KONVEKSI

By | February 13, 2020

Anda ingin tahu proses membuat pakaian yang ada di jasa konveksi. Entah itu model kemeja, kaos, jaket dan model pakaian yang lain. KLIK DISINI!

Dalam membuat apapun, termasuk dalam membuat pakaian diperlukan persiapan yang matang.  Baik itu mulai dari bahan, peralatan serta sumber daya manusianya.  Hal ini berarti bahwa dibutuhkan tenaga manusia untuk menjalankan mesin – mesin yang ada untuk membuat pakaian. Tentu saja dalam membuat pakaian tentu banyak hal yang memang harus dipersiapkan.  Mulai dari jenis pakaian, bahan pakaian, serta desain pakaian.  Dan untuk pembuatan pakaian ini memang terbilang cukup ribet untuk dilakukan.  Hal ini dikarenakan membutuhkan peralatan yang banyak juga proses yang panjang.  Untuk pembuatan pakaian ini melalui banyak sekali proses. Seperti menjahit ada beberapa langkah.  Dan biasanya setiap langkah ini dikerjakan oleh satu orang.  Dan intinya satu pekerjaan satu proses.

Beberapa Proses Membuat Pakaian Di Jasa Konveksi Untuk Menambah Wawasan Anda

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa setiap jasa konveksi ini memiliki cara untuk membuat pakaian yang sama.  Dimana setiap langkah ini dikerjakan oleh satu orang.  Diharapkan dengan cara ini proses pembuatan pakaian bisa lebih cepat dan hasil produksi pun lebih banyak.  Begitu juga dengan konveksi pakaian.  Rata – rata produksi mereka mencapai angka yang cukup tinggi serta dengan deadline yang mepet.  Sehingga dengan cara ini juga mereka akan mendapatkan output yang tinggi.  Dengan cara ini juga hasil pakaian yang dibuat tetap berkualitas.  Berikut ini ada beberapa proses untuk membuat pakaian yang ada di jasa konveksi diantaranya:

  1. Membuat desain

Nah, langkah pertama dalam membuat pakaian di jasa konveksi ini adalah dengan membuat desain. Seorang yang melakukan pekerjaan ini adalah seorang desainer.  Dimana dirinya bertugas untuk membuat rancangan baju dalam bentuk sketsa.  Setelah itu semua desain akan dianalisis oleh panel desaigner.  Nah, setelah sudah diseleksi dan lolos dari seleksi baru pakaian tersebut mulai diproduksi.

 

  1. Membuat sample

Setelah itu pola desain yang telah jadi kemudian di kirimkan ke unit penjahit untuk proses lebih lanjut. Pola ini kemudian akan dijahit pada blacu atau kain muslin. Setelah itu sample dianalisa kesesuaian nya. Dengan sample ini untuk membuat pakaian akan lebih pasti, dan sudah siap untuk di proses lebih lanjut.

 

  1. Produksi pola desain

Setelah sample untuk membuat pakaian ini sudah siap.  Maka seterusnya pola yang diambil dan dibuatkan pola produksi. Untuk pola produksi ialah pola yang digunakan untuk produksi pakaian lebih banyak lagi.   

 

  1. Pola baju

Untuk langkah ini dapat dibuat dengan dua cara. Yakni secara manual dan CAM.  Pada zaman sekarang ini banyak jasa konveksi membuat pakaian yang mengembangkan metode CAM dari pada manual.  Selain itu konsumen lebih memilih pabrik yang menggunakan metode CAD. Karena dapat disimpan dan dimodifikasi dengan mudah.

 

  1. Grading

Tujuan dari proses ini adalah menciptakan pola dalam ukuran yang berbeda. Pada umumnya konveksi akan memberikan ukuran mulai dari size S, M, L, XL dst.

 

  1. Cutting

Untuk jenis kain yang dipesan nantinya akan melalui proses pemotongan. Dimana proses ini akan membantu dengan mesin pemotong yang sesuai dengan jenis kain.  

 

  1. Sewing

Dalam proses ini akan banyak sekali operator yang menjalankan mesin jahit. Dan setiap operator memiliki proses masing – masing.  

 

  1. Inpeksi

Setelah proses penjahitan, tahap selanjutnya adalah inspeksi. Dimana tahap ini pakaian yang sudah jadi akan diseleksi oleh QUC.  Semua kesalahan serta kecacatan pada pakaian akan diseleksi.  

 

  1. Finishing

Pada tahap ini ada beberapa operator yang menyetrika pakaian agar terlihat rapi.

 

  1. Packing

Adalah tahapan terakhir dimana semua pakaian yang akan di packing sesuai dengan ukuran, desain, dan warna pakaian.

Nah, itulah beberapa tahapan yang ada dalam proses membuat pakaian di konveksi. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat membaca!