Anda pasti sudah familiar dengan Bitcoin. Namun, tahukah Anda bahwa Bitcoin juga memiliki layanan anjungan tunai mandiri (ATM) seperti mata uang fiat?

Ya, Anda membacanya dengan benar. Sekarang Bitcoin memiliki ATM sendiri untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi. Apalagi saat ini perkembangan bitcoin sangat terlihat.

Ingin tahu lebih banyak tentang ATM Bitcoin? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu ATM Bitcoin?

Di antara banyak aset kripto, Bitcoin adalah satu-satunya mata uang kripto yang memiliki ATM. Ini tentu tidak mengherankan. Sebab, Bitcoin merupakan aset digital pionir dengan nilai tertinggi di antara yang lain.

Meski terlihat memiliki fungsi yang sama, BTM tetap memiliki perbedaan dengan ATM pada umumnya. BTM memiliki akses internet yang memungkinkan Anda melakukan transaksi melalui mesin.

Jaringan internet akan langsung menghubungkan BTM dengan pertukaran atau dompet Bitcoin pengguna. BTM diluncurkan pada Oktober 2019. Jumlahnya masih sangat terbatas. BTM dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko, restoran, dan bandara yang terletak di pantai Timur Australia.

Bagaimana cara membeli Bitcoin dengan BTM?

Ada beberapa jenis BTM yang bisa Anda temukan di pasaran. Anda dapat menemukan BTM di Perth, Sydney, Brisbane, Adelaide dan Melbourne. Secara umum setiap mesin ATM mungkin memiliki perbedaannya masing-masing. Namun untuk caranya masih sama.

Ini dia langkahnya:

  • Pilih “Buy Bitcoin”
  • Pindai Kode QR yang terdaftar di alamat dompet Bitcoin Anda.
  • Sesuaikan semua permintaan dari mesin.
  • Input jumlah btc yang anda inginkan.
  • Masukkan uang yang di minta.
  • Pilih “done”
  • Ambil struk.

Setelah transaksi dilakukan, periksa dompet Bitcoin Anda dan lihat apakah Bitcoin yang dibeli telah masuk ke dompet.

Bagaimana Menjual Bitcoin dengan BTM

Menjual Bitcoin semudah melakukan pembelian.

  • Pada halaman antarmuka BTM, klik “Penarikan Tunai”.
  • Pilih Bitcoin.
  • Input jumlah btc yang ingin anda tukar.
  • Tunggu proses.
  • Uang tunai Anda siap diambil

Keunggulan BTM Dibandingkan dengan Metode Lain

Ada empat alasan utama mengapa banyak orang lebih suka menggunakan BTM dibandingkan metode transaksi lainnya. Empat alasan ini adalah kunci utama BTM lebih disukai daripada metode lain. Keempat hal tersebut pula yang menjadikan BTM dikenal dengan kredibilitasnya dalam bertransaksi di dunia crypto.

Kenyamanan

Ini karena beberapa BTM memiliki layanan untuk mendaftar dan membuat akun. Durasinya pendek. Sangat jauh berbeda dengan perbankan tradisional yang membutuhkan waktu hingga beberapa hari bahkan berminggu-minggu.

Dari segi transaksi, jual beli menggunakan BTM juga relatif mudah. Anda hanya memerlukan alamat publik atau Kode QR dompet Anda. Ringkas dan mudah.

Privasi yang Dijaga

BTM memungkinkan Anda untuk membeli dan menjual Bitcoin secara anonim. Artinya, Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi mendetail untuk autentikasi.

Ini sangat berbeda dengan protokol KYC yang menyatakan bahwa broker atau dealer harus menjaga informasi dan identitas pelanggan.

Dalam beberapa kondisi, sistem KYC akan diterapkan saat Anda melakukan transaksi di BTM. Salah satu contohnya adalah ketika Anda membeli Bitcoin dalam jumlah besar. Beberapa BTM akan memberikan dokumen untuk dipindai atau seseorang akan menghubungi Anda untuk melakukan proses KYC, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Keamanan

Transaksi Anda dapat diselesaikan dalam hitungan detik. Tidak ada detail mengenai dompet Anda yang diketahui dan dibagikan oleh orang lain, terutama orang asing.

Bisa dipercaya

BTM memberikan layanan yang sederhana, mudah dan efisien. Ini juga mengandung jaminan keamanan dan privasi. Penyedia BTM juga merupakan organisasi tepercaya, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Biaya yang dibebankan BTM untuk melakukan transaksi berkisar antara 7-10 persen. Tarif akan berbeda untuk setiap mesin sesuai dengan jenis transaksinya. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tarif sebelum melakukan transaksi.