biaya web

Jika Anda tertarik untuk membuat website namun tidak mau repot atau kurang mengerti caranya, maka jasa pembuatan website bisa menjadi solusi. Untuk keperluan ini, tentunya Anda akan segera bertanya, berapa harganya? Harga pembuatan website biasanya berada di jangkauan ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Yang anda dapat dengan harga yang berbeda itu tentunya tidak akan sama. Nah lalu apa saja bedanya.

Untuk website konten, yang isinya berupa konten tulisan/artikel, berita atau deskripsi untuk jasa atau barang yang anda jual, harganya bisa berkisar di angka beberapa ratus ribu hingga beberapa juta. Namun, untuk website aplikasi, harganya akan jauh lebih tinggi karena akan membutuhkan kemampuan programing komputer yang mumpuni untuk membuatnya.

Sebagai dasar, harga website dipengaruhi oleh beberapa komponen, yaitu:

  1. Biaya hosting dan domain

Untuk biaya domain, sebuah domain dengan ekstensi .com berharga sekitar 160 ribu untuk sekitar satu tahun. Domain dengan ekstensi lain bisa berbeda harganya dari yang murah hingga yang berharga puluhan juta rupiah setahun untuk ekstensi unik.

Untuk biaya hosting, biayanya juga bervariasi tergantung kepada berapa besar trafik atau pengunjung pada website anda. Untuk website yang kecil dan pribadi, hosting seharga 100 ribu rupiah sebulan barangkali sudah mencukupi namun jika anda membuat sebuah website sharing musik dan video, harga hostingnya bisa mencapai puluhan juta rupiah sebulan.

  1. Biaya pembuatan website

Biaya untuk pembuatan website juga sangat bervariasi. Untuk blog pribadi atau toko online kecil bisa berharga hanya beberapa ratus ribu rupiah. Untuk website sebuah toko online besar bisa menjadi sangat mahal.

Untuk website profesional yang dibuat melalui korporat, biasanya akan ada beberapa orang yang terlibat dan menjadi tim yang fungsinya antaralain:

  1. Manajer proyek
  2. Desainer web yang bertugas untuk mendesain secara keseluruhan web anda supaya sesuai dengan identitas bisnis dan tujuan pembuatan wedsite.
  3. Web Developer ada 2 macam yaitu untuk Front End atau bagian websitenya dan Back End untuk bagian perangkat lunak dan keamanan di servernya.
  4. Penulis konten. Sesuai namanya bertugas untuk menulis konten website. Namun, gaya dan teknik penulisannya perlu dilakukan oleh profesional supaya konten website menarik bagi pengunjungnya.
  5. Biaya untuk membuat konten, jika diperlukan

Ini misalnya anda ingin melengkapi website anda dengan foto atau bahkan video buatan anda sendiri. Juga, anda mungkin ingin memakai konten yang harus dibuat oleh profesional. Atau bisa jadi anda menyewa profesional untuk website konsultasi anda atau membeli beberapa hak paten. Biaya-biaya ini meskipun bukan biaya pembuatan website secara langsung, namun juga perlu untuk dipertimbangkan.

  1. Biaya maintenance

Biaya maintenace website juga bisa berbeda tergantung ukuran website dan jumlah pengunjung wbsite tersebut. Untuk website kecil, biasanya berkisar di angka beberapa ratus ribu hingga beberapa juta pertahun.

Untuk website pribadi, mungkin sudah cukup dengan memanfaatkan banyak fasilitas yang terhitung gratis. Namun untuk website usaha, sangat disarankan mempergunakan website profesional karena beberapa hal berikut:

  1. Anda bisa mendapatkan website sesuai identitas usaha anda. Desain dan fasilitas yang sesuai dengan bisnis anda tentunya tidak bisa didapatkan dengan mempergunakan website yang hampir semua programnya gratis.
  2. Anda perlu memiliki website yang menarik dan mempunyai desain yang mampu membuat pengunjung percaya bahwa anda memiliki kredibilitas. Dengan desain dan fitur yang profesional, sebuah website akan lebih dipercaya dan membuat betah pengunjung.
  3. Untuk website yang profesional, desainernya mestinya telah mempertimbangkan apa saja yang ingin dicapai melalui website tersebut. Jadi, kegiatan yang perlu kita lakukan sebaiknya bisa dipenuhi oleh wbsite kita secara efisien. Login, pendaftaran atau bahkan booking hotelpun diharapkan bisa dipenuhi dengan user interface yang mudah dipergunakan.
  4. Seorang desainer website telah mempertimbangkan cara untuk mengkomunikasikan ide anda melalui website anda. Caranya tidak saja melalui artikel yang ada pada konten namun juga melalui desain dan fasilitas yang ada. Karena semua telah terintegrasi, maka tentunya website anda akan lebih terasa menyenangkan dikunjungi dan mampu memikat calon pelanggan.
  5. Memiliki desain, fitur yang berbeda dan nilai tambah dimata pengunjung. Mengapa ini penting, tentunya apabila anda mampu menyajikan sesuatu secara berbeda didalam website anda, maka akan memberikan nilai lebih dimata pengunjung.
  6. Detail yang lebih baik juga akan menyajikan user experience yang lebih baik pula. Pemilihan font yang tepat, warna yang serasi dan sesuai brand anda adalah sedikit dari kelebihan website profesional.
  7. Web designer bisa menjadi rekan kerja anda yang terpercaya untuk pengembangan website anda kedepan. Sesuai dengan perkembangan bisnis anda nantinya, website andapun akan mengalami perubahan dan penambahan fitur. Disini, desainer web profesional semestinya sudah memikirkan juga dari awal sehingga tidak perlu terjadi perombakan yang sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*