Ekonomi Berbagi, Ekonomi Praktis Masa Depan

Kita tentunya mengenal istilah ekonomi berbagi beberapa tahun terakhir ini. Ekonomi berbagi mulai dikenal sejak Gojek menjadi ojek online paling pesat perkembangannya di Indonesia. Ekonomi berbagi memungkinkan kita untuk menggunakan barang atau jasa tanpa perlu memiliki barang tersebut. Sebenarnya sih, jaman dahulu juga ada menyewa jasa atau barang. Tetapi, saat ini jauh lebih mampu melindungi kepentingan konsumen karena kehadiran teknologi yang menyertainya.

Bepergian, saat ini konsepnya bisa berbeda dibanding jaman dahulu. Dahulu Anda bisa menggunakan mobil keluar kota berhari – hari menyetir sendiri. Sekarang, mungkin Anda memilih angkutan umum seperti pesawat atau kereta api yang praktis dan bisa istirahat. Kemudian, ditempat tujuan sudah ada Gocar, Gojek atau Grab yang siap mengantar ke berbagai tempat tujuan. Semua perjalanan bisa kita nikmati tanpa capek dan repot sendiri. 

Kemudahan karena ekonomi berbagi ini juga bisa menjangkau layanan penginapan hingga banyak layanan lainnya. Di guest house atau hotelpun kita tetap bisa memesan makanan tanpa keluar. Semua serba praktis dan lebih cepat meskipun soal harga memang agak lebih mahal dibanding membeli sendiri. 

Menghadapi ekonomi berbagi dan kehidupan online, bisnis kita juga perlu tampil secara online. Meskipun bisnis kita tergolong konvensional, tetapi promosi harus tetap menyesuaikan jaman. Promosi di surat kabar bagus. Tetapi promosi secara online sekarang sudah wajib dikerjakan. Saat ini, memiliki website bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Jika ada pelanggan yang mengunjungi akun IG atau FB kita, pelanggan tadi bisa mengecek di website bisnis kita juga untuk menambah kepercayaan. 

Saat ini, identitas dan beranda kantor online seperti website sudah selayaknya dimiliki. Website membantu kita untuk menyebarkan informasi kepada pelanggan dan mendekatkan diri kita kepada mereka. Pelanggan yang sudah pernah melihat situs kita, pastinya akan merasa lebih mengenal kita. Dan, bisa menambah kepercayaan. Bagusnya lagi, website online 24 jam jadi bisa juga menjadi marketing dan customer service gratis untuk kita. 

Saat ini, harga website tidak lah terlalu mahal lagi.Anda bisa memiliki website untuk bisnis dengan harga yang jauh lebih rendah dari keuntungan mingguan Anda. Tetapi bisa berfungsi sebagai identitas online selama 24 jam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*