Pelatihan Humas

Pelatihan Humas saat ini sangat diperlukan. Hubungan sosial sat ini agak berbeda dibandingkan 1 dekade yang lalu. Saat ini sudah banyak masyarakat menggunakan media sosial. Jika ada ketidakpuasan, bisa jadi akan muncul di media sosial juga. Hal semacam ini pastinya akan kurang baik bagi citra perusahaan atau instansi. 

Pihak humas yang menyampaikan informasi keluar juga harus menyampaikannya dengan cara yang tepat. Beberapa kejadian luar biasa harus ditangani dengan cara yang berbeda dibandingkan kejadian biasa. Manajemen komunikasi kita harus bisa menyampaiakan informasi yang tepat dengan cara yang benar kepada masyarakat atau stake holder perusahaan atau instansi.

Kunjungan pejabat, bahkan hingga presiden dan menteri ke berbagai instansi juga sering dilakukan. Saat ini, jika ada kekurangan soal protokoler, maka akan banyak yang tidak sengaja akan mengabadikannya. Hampir semua orang saat ini memiliki HP berkamera dan senang menggunakannya. Jadi, penyambutan protokoler yang kurang baik, bisa menjadi hal yang kurang baik bagi instansi. 

Protokoler yang tepat, akan berakibat sebaliknya. Penyambutan pejabat atau tamu penting secara tepat akan meningkatkan citra instansi atau perusahaan. Komunikasi yang baik juga akan membuat citra perusahaan atau instansi terangkat.

Pelatihan humas ini memang ditujukan secara khusus untuk personel di bidang Humas / Protokoler / Public Relation, merekalah yang akan paling dahulu menemani para tamu penting dan mempersiapkan protokoler untuk instansi atau perusahaan. Meskipun begitu, pelatihan humas juga diperlukan bagi pejabat instansi atau perusahaan.

Pelatihan kehumasan memang bertujuan untuk membentuk atau mempertahankan citra instansi dan perusahaan. Selain itu juga untuk berkomunikasi dengan masyarakat dengan cara yang baik. Pelatihan humas pada era digital ini secara mendasar sama dengan pelatihan kehumasan era yang lalu. Bedanya, penyampaian informasi jauh lebih cepat. Jadi, perlu inisiatif yang jauh lebih tinggi dari pihak protokoler atau Humas dalam berkomunikasi kepada masyarakat, wartawan atau kepada para pejabat terkait. Selain itu, perlu juga cara berkomunikasi yang lebih efektif di era digital yang penyebarannya sangat cepat. pelatihan humas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*