Tips Sukses Merawat Taman Rumah

Pada dasarnya, manusia hidup menyatu dengan alam. Adanya modernisasi dan kemajuan teknologi mestinya tak membuat manusia mengubah kodratnya untuk tak mencintai alam.

Bangunan rumah sekarang banyak mengusung tema minimalis dan modern, namun Anda pun tentu menginginkan sentuhan alam di dalamnya.

Anda dapat mengantisipasinya dengan membuat taman di rumah Anda. Selain menyejukkan mata, keberadaan taman membuat perasaan Anda lebih rileks dan tidak sumpek, terlebih jika rumah Anda bukan hunian luas.

Kenali Lahan Rumah Anda

Membuat taman dapat dilakukan di mana saja. Tidak hanya di depan rumah, Anda dapat membuat di samping atau belakang rumah Anda, tergantung lahan kosong yang Anda miliki.

Sekarang ini sedang populer taman yang berada di lantai dua atau atap atau taman di dalam rumah (indoor garden). Semua dapat Anda lakukan.

Bahkan, bagi Anda yang tidak memiliki lahan sama sekali, Anda dapat mengandalkan pagar rumah untuk digantungkan beragam tanaman.

Cara Mudah Membuat Taman

Anda tidak perlu sepenuhnya mengandalkan jasa ahli pembuat taman atau lanskaper karena Anda dapat membuat sendiri taman milik Anda. Selain menghemat biaya, kegiatan bertaman pun menyenangkan untuk dilakukan.

Dari lahan yang ada, Anda dapat menanami rerumputan hijau. Agar tampak lebih hidup, Anda perlu memberikan sentuhan, seperti jalan setapak atau kerikil-kerikil.

Bisa jugadipadukan dengan kolam kecil beserta ikan-ikan. Jika lahan taman Anda luas, Anda bisa menjadikannya sebagai taman bermain anak dengan menambahkan berbagai macam mainan, seperti ayunan atau kursi goyang.

Anda pun dapat menjadikan taman sebagai tempat berkumpul, seperti membangun gazebo, area makan, atau kegiatan outdoor.

Kenali Tanaman dan Drainasenya

Anda perlu menyesuaikan jenis tanaman tergantung dari lahan yang Anda miliki, baik luas maupun sempit. Intinya adalah Anda hanya perlu menempatkan beberapa jenis tanaman yang meneduhkan, tapi jangan sampai terlalu banyak atau hanya akan membuat sumpek.

Anda juga dapat memadukan beberapa jenis tanaman sayur dan buah, seperti cabai, jeruk nipis, atau kemangi.

Terakhir, Anda juga perlu memerhatikan drainase atau aliran airnya. Pastikan taman Anda senantiasa tercukupi kebutuhan airnya sehingga tidak kering saat cuaca terlalu terik. ingin buat taman ? tidak perlu repot, pakai saja jasa pembuatan taman dari tukang taman, murah dan terpercaya

Anda dapat menyirami taman Anda setiap hari atau dapat mengandalkan cuaca jika iklim lingkungan Anda mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*