Wisata di Jogja

Apa sih yang pertama kali terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata sejarah dan Jogja? Bisa jadi jawabannya tidak jauh-jauh dari tempat liburan. Ya, terkenal sebagai surganya wisata, Yogyakarta mempunyai banyak destinasi bernilai sejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Buat Anda yang punya rencana wisata di jogja dan belajar sejarah di Jogja dalam waktu dekat, objek wisata berikut tak boleh alpa dikunjungi:

1. Keraton Yogyakarta

Mengunjungi Jogja rasanya kurang lengkap jika belum mampir ke keratonnya. Bangunan ini didirikan atas inisiasi dari Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 silam. Yang menarik, lokasi keraton berada pada sumbu imajiner lurus dari Gunung Merapi sampai pantai selatan Yogyakarta.

Tidak hanya itu, fitur-fitur bangunan yang terdapat di keraton pun memiliki nilai filosofis Jawa yang menarik untuk dipelajari. Bagaimana, sangat menarik bukan?

2. Taman Sari

Tempat wisata bersejarah di Jogja kedua yang perlu Anda jelajahi adalah Taman Sari. Tempat ini dibangun atas prakarsa Pangeran Mangkubumi dibantu Raden Ronggo Prawirosentiko yang saat itu menjabat sebagai bupati Madiun.

Taman Sari sendiri dibangun sebagai hadiah raja kepada permaisurinya. Di sini terdapat kolam luas yang dulu dipakai para selir dan permaisuri untuk berendam ketika bulan purnama tiba. Tidak hanya itu, suasana Taman Sari pun begitu memesona dengan hamparan taman bunga yang wangi dan semerbak.

3. Museum Benteng Vredeburg

Jika Anda ingin menyaksikan salah satu peninggalan pemerintah kolonial di Jogja, datanglah ke Museum Benteng Vredeburg yang berada di Jalan Jenderal A.Yani 6, Yogyakarta, tepat di Titik Nol Kilometer tidak jauh dari Malioboro.

Di sini Anda bisa menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat Jogja melawan penjajah. Suasana vintage zaman dulu membuat tempat ini sangat cocok dipakai untuk berpose ria.

4. Tugu Yogyakarta

Salah satu bangunan ikonik yang menjadi daya tarik Jogja adalah Tugu Yogyakarta. Tugu ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I yang juga mendirikan keraton Jogja.

Selain Tugu Jogja, bangunan yang menjadi patokan arah Gunung Merapi ini juga sering disebut dengan Tugu Pal Putih, karena dari dulu dicat dengan warna putih. Bukan hanya sekadar monumen, tugu ini juga menjadi lambang resmi Kota Yogyakarta.

5. Monumen Jogja Kembali

Di Jogja, masih banyak terdapat bangunan bersejarah lain yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, salah satunya adalah Monumen Jogja Kembali. Monumen ini sendiri terletak di Jala Ringroad Utara, Yogyakarta.

Dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Monumen Jogja Kembali menyimpan benda-benda koleksi seperti replika, foto, realia, dokumen, heraldika, serta berbagai jenis senjata. Tandu dan kereta kuda yang pernah dipakai Jenderal Besar Soedirman juga disimpan di sini, lho.

6. Museum Dirgantara Mandala

Di komplek pangkalan TNI AU Lanud Adisutjpto, ada sebuah bangunan bernilai sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni Museum Dirgantara Mandala. Pembangunan museum ini sendiri pertama digagas oleh TNI AU pada 29 Juli 1978 untuk mengabadikan berbagai peristiwa sejarah dalam tubuh TNI AU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*