Memilih Sabun untuk Penderita Eksim

By | July 7, 2019

Eksim adalah penyakit kulit yang umumnya diderita seseorang dengan bakat alergi. Karena itu, perawatan khusus juga diperlukan untuk menghindari kekambuhan, bahkan dalam pemilihan sabun yang digunakan sehari-hari. Jadi, jenis sabun apa yang aman untuk penderita eksim?

Eksim, atau dalam dunia medis yang dikenal sebagai dermatitis atopik, adalah kondisi kulit di mana terjadi reaksi alergi yang menyebabkan kemerahan, gatal, dan kerak pada kulit. Pemicunya mungkin termasuk alergen, terlalu panas atau berkeringat, stres emosional, makanan, kontak dengan hewan peliharaan dan sabun yang tidak memadai.

Itulah yang membuat pasien eksim harus berpikir dua kali tentang pilihan produk yang akan bersentuhan dengan kulit mereka. Sebab, produk ini akan sangat mempengaruhi kondisi kulit di masa depan.

Penggunaan produk seperti sabun cuci tangan, sabun untuk mencuci wajah dan sabun mandi yang tidak tepat dapat menyebabkan gejala eksim yang parah. Karena itu, orang yang menderita eksim mengalami kesulitan melindungi kulit mereka dari paparan lingkungan.

Tips memilih sabun untuk penderita eksimsabun transparan

Memilih sabun yang dapat membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi adalah suatu keharusan bagi penderita eksim. Sebelum memilih sabun, pasien dengan eksim juga harus memperhatikan kondisi berikut:

– Perubahan pada kulit.

Efektivitas produk dapat berubah tergantung pada perubahan kondisi kulit.

– Perubahan produk.

Tidak jarang bagi produsen produk tertentu untuk mengubah formulasi produk mereka secara teratur.

– Rekomendasi

Sabun yang baik untuk seseorang belum tentu baik untuk orang lain.

Setelah itu, untuk mendapatkan opsi sabun yang aman dan lebih baik bagi mereka yang menderita eksim, yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan, adalah:

  • Alergen >> Pastikan bahwa orang yang menderita eksim tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan dari produk sabun.
  • Keasaman (pH) >> Cari produk sabun pH seimbang. Hindari sabun alkali secara umum, karena dapat mengubah fungsi keseimbangan kulit dengan meningkatkan pH kulit.
  • Pembersih dan deterjen yang keras >> Cari produk pembersih yang ringan dan lembut, agar tidak merusak faktor hidrasi alami kulit.
  • Deodoran >> Hindari sabun deodoran karena biasanya ditambahkan wewangian yang dapat mengiritasi kulit sensitif.
  • Surfaktan >> Agen pembersih utama dalam sabun biasanya surfaktan. Namun, konten ini dapat menyebabkan degradasi kulit, sehingga pasien dengan eksim harus dihindari.
  • Wewangian >> Cari sabun atau wewangian tanpa parfum karena wewangian itu bisa menjadi alergen.
  • pewarna >> Cari pewarna yang tidak memiliki pewarna karena mereka juga bisa menjadi alergen.

Pilih rekomendasi produk dari organisasi tertentu yang dipercaya untuk mengevaluasi produk untuk orang dengan eksim atau orang dengan kulit sensitif. Atau Bisa saja anda memilih produk sendiri yang terbukti aman Sabun transparan adev natural misalnya. 

Ketika Anda telah memilih produk tertentu, ada baiknya melakukan tes sebelum menggunakannya. Ambil sebagian kecil produk dan oleskan ke pergelangan tangan atau siku. Tinggalkan area tanpa dicuci dalam beberapa hari.

Perlu diingat, apakah itu muncul reaksi kemerahan, gatal, bersisik, menyakitkan atau alergi lainnya? Jika muncul, hindari menggunakan produk dan coba produk lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *