Tabel pada OpenOffice.org Writer

Seberapa banyak Anda memanfaatkan fitur office suite yang biasa Anda gunakan? Sekedar digunakan untuk menggantikan mesin ketik? Semoga TIDAK. Ada begitu banyak fitur fantastis, ini salah satunya, tapi ini hanya ada di OpenOffice.org (OOo) Writer dan IBM Lotus Symphony.

Tabel pada Writer dapat dioperasikan layaknya spreadsheet (M$ Excel atau OOo Calc), walaupun dengan fungsi-fungsi terbatas. Layanan ini jelas mengeksploitasi tabel lebih dari sekedar alat gambar. Kadang-kadang kita membutuhkan perhitungan pada sel-sel tabel. Pada M$ Word misalnya, kita mesti membuka Excel untuk mengoperasikan isi tabel – kemudian dipindahkan (copy-paste) ke Word lagi. Atau kita lakukan perhitungan secara manual dengan membuka Calculator.

Sel-sel tabel pada OOo Writer diidentifikasi dengan nama kolom-baris a la Calc/Excel. Kolom pertama di identifikasi sebagai kolom A, kolom kedua sebagai B, dan seterusnya. Baris pertama diidentifikasi sebagai baris 1, baris kedua sebagai dua, dan seterusnya; sedemikian sehingga sel pertama (sudut kiri-atas) diidentifikasi sebagai sel A1. Dengan dasar rujukan nama sel inilah kita dapat mengoperasikan nilai pada sel-sel tersebut.

Caranya?

Katakanlah kita memiliki tabel dengan 3 kolom 7 baris.

No Nama Nilai
1 Fuad Purnawanto 8
2 Purnawanto Ahmad 7
3 Ahmad Hadi Wijaya 8
4 Wijaya Ananta 6
5 Ananta Kusuma 9
Rata-rata

Sel yang berisi No diidentifikasi sebagai A1, 1 sebagai A2, dan seterusnya sel yang berisi Nilai 6 (nilainya pak Wijaya Ananta) diidentifikasi sebagai C5. Kita dapat menghitung nilai rata-rata, misalnya disimpan pada baris terakhir pada kolom Nilai.

  1. Letakkan kursor pada sel C7 (baris terakhir kolom Nilai).
  2. Ketik =, akan muncul Formula Bar di bagian atas di bawah toolbar persis seperti Calc/Excel. Pada Formula Bar inilah kita masukkan formula yang dibutuhkan.
  3. Untuk mendapatkan rata-rata nilai, setelah tanda = ketik mean(<C2>:<C6>), ikuti dengan Enter.
  4. Rata-rata nilai akan muncul di sel tersebut.

Menarik bukan?

Ada dua cara menuliskan rentang sel yang dioperasikan. (1) Pada contoh di atas, nilai-nilai yang dihitung berada secara berurutan pada kolom tertentu. Hal serupa juga berlaku jika yang dihitung berada pada baris yang sama dan berurutan. (2) Jika nilai-nilai yang akan dihitung berada pada sel-sel terpisah, maka penulisan sel-sel referensi dipisahkan dengan tanda “|” (tanpa tanda kutip), misal =mean(<A2>|<B5>|<B6>).

Fungsi-fungsi lain yang disediakan oleh OOo Writer adalah sum, min, max; bahkan sin, cos, tan, juga disediakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply