Cara menangkap layar pada Vista

Penulisan dokumentasi atau laporan tidak jarang membutuhkan bentuk tampilan nyata di layar. Cara yang paling sederhana tersedia dalam bentuk tombol PrtSc (Print Screen) yang dikombinasi dengan Alt atau Ctrl. Pada OS keluarga Windows, kombinasi Ctrl+PrtSc akan menangkap seluruh area layar sementara kombinasi Alt+PrtSc akan menangkap jendela aktif. Modifikasi hasil perlu dilakukan menggunakan tool pengolah gambar lain.

Installasi Snipping Tool

Windows Vista menyediakan tool terintegrasi untuk menangkap layar dengan fitur yang fleksibel, yaitu Snipping Tool. Namun sayang, tool ini hanya tersedia di versi Business dan Ultimate. By default, Snipping Tool tersedia sebagai paket komponen opsi Tablet PC, jika fitur ini belum terinstal pada Vista, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dulu.

Buka Programs and Features pada Control Panel, disisi kiri terdapat pilihan Turn Windows features on or off. Centang opsi Tablet PC Optional Components. Vista membutuhkan beberapa saat untuk melakukan konfigurasi ini.

Temukan Snipping Tool di Accessories, atau ketikkan Snipping di Start Search.

Opsi tangkapan layar

Snipping menyediakan 4 opsi tangkapan layar: free-form, rectangular, window, dan full-screen. Opsi free-form sedianya disediakan untuk tablet PC yang menggunakan stylus pen sehingga tangkapan free-form akan mudah digunakan. Namun demikian, mouse dapat digunakan untuk menangkap bentuk bebas ini.

Opsi rectangular akan menangkap bentuk kotak yang dipilih dengan cara menggerakkan (click-and-drag) kursor dari ujung ke ujung membentuk kotak.

Opsi window akan menangkap satu jendela utuh, dan opsi full-screen akan menangkap seluruh layar.

Setelah layar ditangkap, Snipping akan membuka di jendela editing. Di sini, kita dapat menandai bagian-bagian tertentu dengan pena seolah-olah kita mencorat-coret gambar. Juga, memberikan tanda (marker) seperti kita memberikan tanda stabilo (maaf terpaksa menyebut merek). Tanda-tanda itu dapat dihapus dengan mudah pula. Demikian juga dengan warna tandanya, bebas kita tentukan.

Snipping juga menyediakan opsi lainnya. Buka bagian Options, Anda dapat memilih setelan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hasil tangkapan yang telah diolah dapat disimpan dalam format gambar (JPEG, GIF, atau PNG) atau dikirimkan via email. Menarik, bukan…

Leave a Reply