Identitas Baru Mesin Pencari Google

Awalnya agak ragu apakah hilangnya bayangan pada logo Google itu akibat ‘kesalahan’ browser yang saya pakai. Benak saya mengatakan “tampilan ini kok datar, seperti jaman dulu…, polos”.

Ternyata halaman hasil pencarianpun juga mengalami perubahan, area navigasi dipindahkan ke sisi kiri. Google memang sedang berbenah.

Bagi sebuah perusahaan terkenal perubahan itu seperti hidup dan mati. Pilihannya hanya “berubah ataoe mati!” Perubahan sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu ketika Google menyembunyikan informasi tambahan yang biasanya muncul di baris atas sesaat sebelum kita melakukan gerakan mouse. Asumsinya bagi pengguna yang sudah sangat familiar dengan Google, masuk langsung mengetikkan kata-kata kunci. Desain baru ini akan meningkatkan fokus pengguna kepada pencarian; karena demikian sejatinya Google dilahirkan.

Perubahan logo merupakan bagian desain ulang yang lebih besar dari pengalaman pencarian Google. Logo baru tampaknya lebih baik, meskipun bentuk strukturalnya sama persis, karena bentuk huruf yang digunakan tidak mengalami perubahan. Perbaikan dan perubahan ini menunjukkan betapa mudahnya untuk terbiasa dengan sesuatu yang tidak begitu menyenangkan seperti yang seharusnya… revolusioner!

Leave a Reply