Agave: A Colorscheme Designer

Agave adalah tool pembangkit palet warna yang dapat digunakan untukĀ  menentukan tema/skema warna desktop, desain situs web, ikon, dan banyak lagi. Alat ini menyederhanakan proses memilih warna dengan membuat palet berdasarkan pemilihan warna awal sesuai dengan aturan yang dipilih dan ‘selera’ warna yang diharapkan.

Penentuan warna dasar tidak memerlukan pengetahuan yang kompleks: yang perlu kita lakukan adalah memilih warna dari grid yang tersedia di bagian bawah, dan Agave akan menghasilkan warna-warna pelengkapnya.

Pemilihan warna dasar juga dapat dilakukan dengan ‘mengambil’ dari sebarang area di layar menggunakan pick-a-color tool atau (jika kita sudah mengetahuinya) dengan mengisikan kode RGB warna dasar tersebut. Komposisi warna yang dihasilkan dapat di ekspor dalam bentuk angka heksadesimal, RGB, dan HSV untuk digunakan dalam berbagai keperluan seperti GIMP, CSS, atau implementasi lainnya.

Agave bahkan dapat menghasilkan palet acak yang atraktif jika kita tidak memiliki ide mengenai warna dasar ini. Segera setelah kita menemukan kombinasi warna yang kita sukai, kita dapat dengan mudah menyesuaikan dengan membuat lebih terang, lebih gelap, atau mengubah tingkat saturasinya. Hasil yang diperoleh dapat disimpan sebagai pilihan warna favorit agar dapat kita temukan dengan mudah di lain waktu, atau mengekspornya menjadi sebuah file.

Tertarik? Instalasi Agave dapat dengan mudah kita lakukan dengan Ubuntu Software Center atau bermain sudo-sudo-an di Terminal.

Leave a Reply