Balada si Natty dan Macintosh

Seri baru Ubuntu 11.04 akan dirilis dengan nama Natty Narwhal. Narwhal itu sejenis paus yang memiliki gigi panjang-berpilin *semacam gading pada gajah* yang hidup di laut Arktika. Biarpun masih pada versi Alfa 2 tetapi versi ini banyak ditunggu mengingat akan menawarkan beberapa perubahan yang cukup signifikan.

Secara resmi si Natty akan dirilis pada 28 April 2011.

Salah satu perubahan itu terletak pada penggunaan sesi desktop Unity pada si Natty. Eksplorasi desktop ini secara garis besar didominasi oleh (1) M$ Windows dengan taskbar di bagian bawah (walaupun secara dinamis dapat dipindahkan ke sisi layar manapun) dan ikon-ikon yang terserak di desktop, dan (2) Apple Mac yang menawarkan menu tunggal–apapun aplikasi yang dibuka, di bagian atas yang sangat intuitif.

Secara teknis rancangan interface ini dilandasi oleh Hukum Fitts untuk meningkatkan ‘kemudahan’ penggunaan sistem sebagai tujuan utama. Menurut hukum Fitts ini, pergerakan mouse untuk menuju sasaran efektifnya dipengaruhi oleh jarak dan ukuran objeknya. Semakin kecil ukuran objek sasaran akan mengurangi efektifitas seleksinya, demikian sebaliknya. Berdasarkan formulasi Fitts ini lokasi tepi layar merupakan lokasi ideal dengan efisiensi pencapaian sasaran yang tinggi.

Desktop dengan lokasi menu tunggal a la Mac-lah yang sangat efisien untuk penataan menu sehingga pencapaian ke pilihan menu itu dapat dilakukan dengan mudah. *celakanya, denger-2 bentuk ini dipatenkan sama pak Steve Jobs*

Fitur Unity menjadi salah satu strategi pada Ubuntu 11.04 untuk meningkatkan efisiensi rancangan interface yang menawarkan global menu a la Mac dengan sentuhan unik khas Ubuntu. Apalagi saat ini banyak gadget dengan ukuran layar yang kecil, maka rancangan interface menjadi tantangan tersendiri agar isi layar optimal dengan ukuran yang kecil. Biarpun semakin lama saya–secara pribadi merasakan interface Ubuntu semakin condong ke Mac yang dimulai ketika terjadi peralihan tombol min/maximize ke sisi kiri jendela. Hanya Shuttleworth-lah yang tahu 🙂

3 responses to Balada si Natty dan Macintosh

@endro
secara umum, interface tidak mengalami perubahan; hanya desktopnya saja yang menggunakan Unity yang saat ini sudah dapat dicoba untuk si Meerkat. pada mulanya Unity ini dirancang untuk netbook dengan layar kecil, tetapi nampaknya mendapat apresiasi besar sehingga dieksplorasi secara utuh untuk rancangan desktop Ubuntu.

selamat menikmati…

@endro
bukannya emang tiap 6 bulan sekali jadwal rilisnya?

kalo cm mo nyicipi unity, cb aja install ubuntu-netbook
nanti tinggal pilih pas login.
g perlu fresh install

@azhari
sejak nyicipi netbook-launcher+maximus sy ngerasa itulah desktop linux.
karena gnome makin mirip mac dan kde makin mirip windows.

btw,11.04 bukannya pake gnome-shell?
*ga ngikuti gosip2* 😀

Leave a Reply