Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renangmembuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.
Dari beberapa artikel yang saya baca ternyata berenang itu mampu meningkatkan kesehatan kita karena di air kita mengalami tanpa gaya grafitasi bumi atau istilah kerennya non weight barring, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk ibu hamil, orang yang kegemukan, dan yang ada masalah dengan gangguan persendian tulang.
       Ada beberapa manfat kesehatan dari berenang :
1. Bagi yang ingin mempunyai badan ideal, berenang dapat membakar kalori
2. Membentuk otot
3. Menyehatkan jantung dan paru-paru
4. Dapat menghilangkan stress
       Ternyata berenang mempunyai sejarah yang panjang, berikut ini artikel yang saya ambil dari Wikipedia:
       Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).