Musim hujan telah tiba, saatnya mengencangkan kewaspadaan Anda pada penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, penyakit yang penyebarannya melalui nyamuk Aedes Aegypti ini sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menyebabkan kematian. Nyamuk ini sangat menyukai tempat lembap, gelap, dan tempat-tempat yang dekat dengan air. Sehingga, saat musim hujan populasi nyamuk ini cenderung bertambah.

Menurut Prof. Upik Kesumawati, ahli parasitologi dan entomologi kesehatan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, kasus DBD cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2008, sebanyak 136.333 kasus DBD dilaporkan dengan total kematian 1.170 jiwa. Jumlah kasus DBD ini pun meningkat di tahun 2009, yakni sebanyak 154.855 dengan total kematian 1.384 jiwa.

Telah dilakukan banyak cara mencegah dan menanggulangi nyamuk ini, salah satu cara terbaru ialah dengan menggunakan cat tembok anti-nyamuk. Ya, menjawab kebutuhan konsumen akan bahaya nyamuk di Indonesia, ada 2 produsen cat meluncurkan produk cat anti-nyamuk dan serangga ke pasaran, yaitu Puffin Paint (Puffin Insect Guard) dan PT. Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint). Kemunculan dua produk ini menjadi salah satu cara cantik untuk mengusir nyamuk.

Puffin Insect Guard

Puffin Paint meluncurkan produk cat anti-nyamuk bernama Puffin Insect Guard. Cat tembok ini dibuat dari bahan pengikat akrilik khusus dan mengandung ekstrak biologis serta tumbuhan yang dapat membuat serangga, nyamuk, kecoa, semut, lalat, dan jenis serangga lain tak berani singgah. Erwin Wijaya, Direktur Puffin Paint, mengungkapkan bahan baku Puffin Insect Guard sudah lulus tes dan terdaftar dii Health & Safety Executive (HSE) Inggris, sehingga aman digunakan. Cara mengaplikasinya pun terbilang mudah, laiknya mengecat tembok pada umumnya.

Kansai Anti-Mosquito

  1. Kansai Prakarsa Coatings (Kansai Paint), anak perusahaan Kansai Paint Co Ltd, mengeluarkan produk cat Kansai Anti-Mosquito. Sales and Product Manager Decorative Division of PT. Kansai Prakarsa Coatings, Elizabeth T. Sutrisno, mengungkapkan sebelum meluncurkan produk Kansai Anti-Mosquito, Kansai Paint telah melakukan berbagai riset dan pengujian di Jepang, Malaysia, Afrika Selatan, dan Indonesia.

Selain membasmi nyamuk agar nyaman di rumah tentunya tak lupa juga sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik dari PLN padam. Harga genset yang murah bisa dibeli melalui Distributor Genset resmi 100 Kva Jakarta.