Mobil Matic Paling Irit di Dunia – suzuki Karimun Wagon R AGS sejatinya adalah sebuah mobil dengan transmisi jenis automated manual. Dimana transmisi tersebut selayaknya transmisi manual yang dibuat menjadi otomatis untuk meringankan kerja pe ngendara. Memang bukan teknologi baru di dunia otomotif, khususnya di Indonesia. Karena transmisi AMT menghadirkan gabungan sensasi antara mengemudi dengan mudah ala transmisi otomatis, tetapi masih bisa melakukan perpindahan gigi layaknya trasnmisi manual. Prinsip kerjanya, fungsi pedal kopling yang ada pada transmisi manual, digantikan oleh aktuator hidrolis. Sedangkan untuk penggantian perpindahan giginya mengandalkan perintah dari Transmision Control Modul (TCM). Uniknya pada tuas perseneling Wagon R AGS tidak tersedia posisi park (P). Untuk gantinya, pada saat mobil parkir dengan posisi mesin mati Anda bisa memposisikan tuas transmisi pada posisi netral (N) dan tarik rem parkir. Kami juga mengetes akselerasi karimun wagon R AGS dari 0-100 km/jam, tetapi hasilnya pun kurang memuaskan, karena ia mencatat waktu yang paling buruk diantara kedua rivalnya, yaitu 16 detik. Jika melihat hal itu, sangatlah wajar, pasalnya perpindahan gigi pada AGS terasa lama, jika dibandingkan dengan kedua rivalnya yang menggunakan transmisi manual dan CVT.

Jujur saja Karimun Wagon R AGS lebih mengasyikan dan menyenangkan ketika dikendarai pada mode manual karena bisa meminimalisir entakan perpindahan gigi. Tidak hanya itu, kami pun menguji konsumsi BBM Karimun Wagon R AGS pada kesempatan yang sama dengan rivalnya di Road Test Special kali ini. Tetap saja, Wagon R AGS berada di posisi terakhir, dengan mencatat konsumsi BBM 12,18 km/ l. Dikarenakan posisi gigi sering tidak sesuai dengan putaran mesin, sehingga susah untuk mencatat konsumsi bahan bakar lebih baik lagi. Kendati demikian Wagon R AGS memiliki catatan yang penting diantara kedua rivalnya. Catatam itu adalah transmisi AMT yang cukup lama dalam melakukan penurunan posisi gigi yang tepat saat memposisikan tuas transmisi di posisi drive (D). Contohnya kami mendapati mobil melaju dengan kecepatan 20 km/ jam pada gigi 3 dengan putaran mesin 1.500 rpm. Positifnya dengan mesin 3 silider perputaran mesin lebih rendah membuat minim getaran, sehingga pengendara akan lebih merasakan nyaman. Namun kekurangannya, ketika anda ingin mendapatkan akselerasi yang lebih tinggi, anda harus menginjak pedal gas lebih dalam atau yang sering disebut dengan kick down, hingga berefek Karimun Wagon R AGS menjadi lebih boros