VPN Akses Virtual Private Network IP Support PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKSVPN adalah kependekan dari Virtual Private Network di mana kegunaannya adalah sebagai penghubung jaringan antara public dan local. Teknologi komunikasi yang banyak dipergunakan oleh pelaku dunia internet ini seperti halnya jaringan LAN, hanya saja memang jaringan yang digunakan adalah bersifat public.

Dalam penggunaaannya, VPN setidaknya memiliki tiga poin fungsi yang bisa diambil manfaat seperti fungsi kerahasiaan (confidentally), fungsi keutuhan data (data intergrity), fungsi autentikasi sumber (origin authentication).

Sementara itu manfaat dari menggunakan VPN adalah bisa dijadikan remote access, kemanan koneksi internet yang baik, dan menghemat biaya pengaturan jaringan.

Selanjutnya, cara kerja dan penggunaan VPN dapat ditentukan oleh administrator yang dibuat sehingga otoritas penggunaannya adalah berdasarkan ketentuan admin. Protokol jaringan yang dapat terkoneksi dengan VPN dapat berupa PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS serta bisa terhubung melalu akses WiFi dan nirkabel pribadi.   

Dari fungsi, kegunaan dan cara kerja VPN, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan VPN.

Dari segi kelebihannya, VPN ini bisa menjadi solusi biaya efektif untuk organisasi besar dengan fasilitas jaringan khusus, fitur keamanan yang dapat disesuaikan, dan meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi.

Adapun kekurangan dari VPN adalah adanya celah keamanan yang memiliki resiko tersendiri akibat dari aksesnya yang dapat dijangkau secara global. Sehingga diperlukan perhatian ekstra agar segala bentuk hal yang bersifat sensitif dapat tetap terproteksi keamanannya.

Tanpa terfokus pada sisi kekurangan VPN, tekonologi komunikasi ini bisa menjadi solusi bagi kebutuhan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video, kebutuhan lain yang berhubungan dengan akses koneksi yang baik.

Kinerjanya yang dapat bekerja pada jaringan pribadi juga publik dengan efektifitas biaya setup bersahabat membuat VPN menjadi solusi koneksi jaringan privat flexible yang layak untuk dipertimbangkan.

Source

VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, dan Kelebihan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar