Home » Materi Kuliah » 12 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

12 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

12-panduan-cara-agar-asi-banyak-untuk-ibu-yang-baru-melahirkanAir susu ibu, atau yang sering disebut dengan ASI adalah sebuah asupan pangan bagi seorang bayi yang memang telah terbukti amat sangat penting perannya di dalam proses kembang tumbuh sang bayi tercinta agar bisa menjadi sehat dan mengalami pertumbuhan yang baik. ASI juga merupakan asupan makanan yang bersifat paling utama bagi sang bayi tercinta, karena memang dinilai sangat aman dan sangat sehat bagi sistem pencernaan sang bayi tercinta. Di sini anda sekalian dianjurkan untuk segera dan selalu menyusui sang bayi setidaknya 35 menit setelah bayi terlahir ke dunia yang luar biasa ini. Menurut penelitian para pakar kesehatan, ASI itu wajib diberikan kepada sang bayi kurang lebih 6 bulan setelah kelahiran sang bayi, hal ini sangat dianjurkan karena akan sangat membantu bayi tersebut untuk bisa mendapatkan perkembangan sistem kekebalan tubuh yang baik dan berkualitas.

Sekarang ini masih banyak kita jumpai para ibu khususnya di Indonesia, yang masih menggunakan cara tradisional dalam upaya melancarkan produksi ASI. Salah satu cara itu adalah menggunakan tumbuhan herbal, seperti contohnya adalah daun dari tanaman katuk yang sengaja dimasak untuk menjadi bahan makanan serta minuman berupa jamu tradisional. Perlu anda ketahui, bahwa manfaat ASI itu sangat penting dan banyak sekali, yaitu :

  • ASI bisa menjadi sebuah asupan nutrisi yang memang amat sangat dibutuhkan sang bayi dalam masa pertumbuhannya.
  • ASI juga bisa mencegah resiko dari munculnya semacam infeksi yang berasal dari beragam macam virus yang bisa membahayakan nyawa sang bayi. Karena ASI telah terbukti berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang bayi tercinta.
  • ASI memiliki kandungan zat oksitoksin yang bisa membantu sang bayi untuk dapat lebih tenang dan stabil, alias tidak mudah untuk mengalami kegelisahan yang berlebihan.
  • ASI dapat membantu sang bayi di dalam menjalani perkembangan syaraf-syaraf di dalam otaknya.
  • ASI juga dapat mencegah timbulnya penyakit diare dan dan juga penyakit susah untuk buang air besar.
  • ASI juga bisa mencegah adanya resiko penyakit diabetes dan juga bisa mencegah sang bayi dari dampak buruk kondisi obesitas.
  • ASI juga bisa mencegah datangnya gejala Sudden Infant Death Syndrom, yang merupakan resiko kematian dengan cara mendadak.
  • ASI juga dijamin amat sangat aman sifatnya, juga sangat higienis, kemudian juga bebas dari bahan-bahan kimia yang cenderung sifatnya sangat berbahaya untuk sang buah hati.
  • ASI juga akan selalu tersedia di manapun dan kapanpun dia dibutuhkan sang bayi, karena sang ibu tidak perlu lagi repot-repot untuk menyiapkan sebotol susu bagi kebutuhan makanan sang buah hati tercinta.
  • ASI juga dapat menekan timbulnya resiko dari penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya, kemudian juga mencegah datangnya penyakit jantung yang berbahaya, dan ASI juga bisa mencegah datangnya penyakit kanker rahim yang sangat ditakuti semua wanita di dunia.
  • Memberi asupan ASI dengan cara yang teratur dan rutin, itu juga terbukti sangat ampuh di dalam upaya menurunkan bobot badan sang ibu yang cenderung berlebihan setelah masa kehamilannya selesai.
  • ASI juga bisa membentuk organ rahim sang ibu untuk bisa kembali menjadi bentuk dan kondisinya seperti yang semula.
  • Dan tentunya ASI bisa memberikan adanya semacam ikatan secara emosional yang erat di antara sang ibu dan sang buah hati.

Berikut di bawah ini kami infokan 9 jenis cara memperbanyak asi dengan cara yang alami dan sangat aman tentunya :

1. Pertama, anda sangat dianjurkan untuk sesering mungkin menerapkan aktifitas menyusui kepada sang buah hati, hal ini sangat amat dianjurkan dikarenakan ASI adalah satu-satunya kunci yang sifatnya sangat penting di dalam meningkatkan produksi ASI dari kelenjar susu para ibu yang sedang di dalam masa menyusui. Produksi ASI tentunya akan jauh lebih lancar serta berkualitas jika kedua payudara secara berkala dan sering memang sengaja dirangsang sisi produktifitasnya. Maka, sangat penting jika anda memang meningkatkan dan menambah intensitas aktifitas menyusui setelah melalui masa bersalin. Apabila anda makin sering menyusui, maka anda juga akan menjadi lebih terbiasa kegiatan menyusui itu sendiri, dan niscaya produktifitas ASI anda juga dapat jadi jauh lebih meningkat secara alami pula.

2. Anda juga disarankan untuk mengosongkan payudara anda pada saat anda setelah menyusui, artinya bahwa pastikanlah ASI anda benar-benar dihabiskan oleh sang bayi tercinta, berilah ASI sampai sang bayi benar-benar kenyang dan ASI anda benar-benar habis.

3. Kemudian janganlah anda sekalian terlalu menjadwalkan aktifitas menyusui sang buah hati, kaena anda sangat dianjurkan untuk dapat menyusui sang bayi tercinta kapan saja un dan dimana saja sang bayi membutuhkan asupan ASI.

4. Biarkan sang bayi tercinta anda untuk menikmati asupa ASI dengan cara terus-menerus alias sangat sering. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan sang buah hati memang sedang dalam pertumbuhan yang sangat pesata, dan sang bayi memang sedang membutuhkan asupan ASI yang juga harus sangat melimpah jumlahnya.

5. Cobalah anda para ibu untuk menyusui sang bayi dengan cara bergantian antara payu dara satu dengan lainnya. Jika anda memang sedang bosan untuk menyusui menggunakan payudara kiri, maka anda juga dapat menyusui menggunakan payudara sebelah kanan anda, begitu juga sebaliknya.

7. Anda sangat disarankan untuk sering memijat payudara anda, hal ini bertujuan untuk meneruskan asupan ASI pada saat sang buah hati memang sedang malas untuk meminum atau mengenyot buah dada anda. Maka, janganlah anda mencuci payudara anda setelah aktifitas menyusui, karena hal itu justru akan menyebabkan puting anda akan menjadi lebih kering dan juga sangat rentan untuk bisa terkena gejala iritasi. ASI itu sudah memiliki kandungan zat serta kandungan elemen yang secara alamiah bisa mencegah datangnya bakteri dan juga datangnya jamur.

8. Anda juga diwajibkan untuk menyusui sang buah hati pada saat malam hari, karena kadangkala sang buah hati akan sangat membutuhkan asupan ASI pada jam-jam tertentu di malam hari itu.

9. Anda juga sangat disarankan untuk memompa ASI anda anda pada saat anda selesai menyusui sang bua hati tercinta. Aktifitas memompa ini akan sangat membantu anda untuk bisa memproduksi ASI secara konstan dan subur ke depannya, karena yang jelas kebutuhan ASI akan semakin meningkat pada saat umur sang bayi menjadi bertambah.

10. Pastikanlah juga bahwa anda tidak mengalami kekurangan di dalam mengkonsumsi air putih setiap hari, karena tubuh seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui itu sangat membutuhkan banyak asupan cairan yang sehat, yang mana tentunya jika kekurangan air itu akan membuat produksi ASI menjadi lebih sulit.

11. Anda juga wajib untuk selalu menjaga kebiasaan dan asupan makanan di setiap harinya, di mana makanan anda haruslah makanan yang bersih, sehat, dan juga memiliki kandungan gizi yang sempurna pula. Maka, sebaiknya anda memperbanyak untuk memakan beragam jenis sayur dan juga beragam jenis buah.

12. Sebisa mungkin anda harus menghindari yang namanya kondisi stress atau depresi yang berlebihan, janganlah anda berpikir terlalu berat, dan anda juga harus beristirahat secara cukup di setiap harinya. Semoga info di atas bisa menolong anda untuk bisa meningkatkan dan menjaga produktifitas ASI anda.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar