Cara Membuat Rencana BisnisYang Baik. Sebuah rencana bisnis biasanya menggambarkan apa yang dilakukan perusahaan Anda (siapa yang dilayaninya? Apa yang disediakan?), Menyediakan analisis pasar, termasuk penjelasan rinci tentang produk atau layanan, dan memproyeksikan masa depan keuangan yang diharapkan dari perusahaan Anda untuk 3 berikutnya -5 tahun.

Rencana Bisnis

Rencana Bisnis

Tulis deskripsi perusahaan. Ini harus berupa rencana bisnis ringkasan singkat tentang apa yang dilakukan bisnis Anda, apa yang perlu dipenuhi dan bagaimana, dan mengapa hal itu lebih baik daripada usaha lain sejenisnya. Jadilah konkrit dan spesifik, tetapi tetaplah singkat ini – bayangkan itu sebagai “elevator pitch”. Untuk mengetahui informasi  terbaru dan terlengkapnya Anda bisa simak di internet. 

Tunjukkan analisis pasar Anda.

Jika Anda telah melakukan riset pasar yang baik, Anda harus dapat berbicara secara spesifik tentang industri atau bidang yang Anda pilih, target pasar konsumen Anda, dan pangsa pasar yang diproyeksikan. Bagian ini harus sedetail mungkin, karena perlu meyakinkan investor bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak pengusaha pemula adalah gagal mempersempit target pasar mereka dan mencoba menjual kepada khalayak yang terlalu luas. Meskipun tergoda untuk percaya bahwa semua orang membutuhkan dan akan menyukai produk atau layanan Anda, kenyataannya adalah mereka tidak akan menyukainya.

Tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil. 

Termasuk bagian tentang organisasi dan manajemen. Bahkan jika perusahaan Anda hanya Anda pada titik ini, gunakan bagian ini untuk memberikan informasi tentang siapa yang memiliki perusahaan Anda, apa tanggung jawab mereka, dan bagaimana Anda akan membangun bisnis Anda ketika meluas. (Apakah Anda akan memiliki dewan direksi? Bagaimana karyawan Anda akan diatur?) Investor ingin melihat bahwa Anda telah memikirkan masa depan perusahaan Anda.

Berikan informasi tentang layanan atau produk Anda.

Di sinilah Anda bisa masuk ke spesifik dari apa yang sebenarnya bisnis Anda akan memberikan pelanggan Anda. Apa yang akan Anda berikan? Apa yang perlu diisi? Apa keunggulan kompetitif yang dimiliki produk sejenis lainnya?.  Berikan detail dari sudut pandang pelanggan potensial. Jika Anda sudah berbicara dengan pelanggan potensial, Anda harus memiliki gagasan yang bagus tentang pendapat mereka tentang layanan atau produk Anda.

Jika Anda berencana untuk menjual barang atau jasa kepemilikan, sertakan informasi paten apa pun atau cara lain yang Anda rencanakan untuk melindungi kekayaan intelektual Anda. Investor tidak ingin berinvestasi dalam bisnis hanya agar produk mereka diraih oleh pesaing.

Bagaimana Kita Mendapat Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Baik?

Jelaskan strategi pemasaran dan penjualan Anda.

Bagian ini akan fokus pada bagaimana rencana bisnis Anda untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Bagaimana Anda berencana untuk menjangkau target konsumen Anda? Bagaimana Anda akan menggunakan pemasaran untuk mengembangkan bisnis Anda? Apakah Anda sudah memiliki calon pelanggan yang berbaris, atau apakah Anda harus memulai sepenuhnya dari awal?

Buat garis besar permintaan pendanaan. Jika Anda mencari investor atau pinjaman bank, Anda perlu menyatakan apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. Anda harus memasukkan jumlah apa pun yang Anda investasikan sendiri, berapa banyak uang yang Anda butuhkan dari investor Anda.

Dan rencana bisnis (yang paling penting) bagaimana Anda berencana untuk menggunakan pendanaan ini. Investor menyukai spesifikasinya. Permintaan pendanaan yang hanya mengatakan “Saya membutuhkan satu juta dolar” kurang mungkin untuk persuasif daripada permintaan yang memecah biaya dan pengeluaran.