Meski langkah timnas U-19 harus terhenti di semifinal Piala AFF U-19 2019 setelah takluk 4-3 dari Malaysia U-19, Bagus Kahfi cs masih akan menjalani satu laga lagi, yakni perebutan juara tiga menghadapi semifinalis lain yang takluk di laga sebelumnya, yaitu Myanmar U-19. Jadwal bola Indonesia hari ini menunjukkan bahwa kedua tim akan saling bertarung pada Senin, (19/8) pukul 16.30 sore.

Sebelumnya, kedua tim sudah pernah bertemu di fase grup. Dalam laga terakhir grup A tersebut, kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1. Anak-anak didik Indra Sjafri bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu setelah Hein Htet Aung mencetak gol pembuka lima menit setelah kick off babak kedua. Butuh waktu sekitar 18 menit, hingga akhirnya Garuda Nusantara mampu menyamakan kedudukan. Aksi Rizky Ramadhani membawa skor menjadi sama kuat, hasil yang sekaligus memastikan Indonesia lolos sebagai juara Grup A dengan catatan 13 poin, hasil empat kali menang dan satu kali imbang. Catatan yang sama juga dicatatkan oleh Myanmar, namun Sutan Zico cs masih unggul dalam produktivitas mencetak gol.

Bagi Myanmar, yang ditaklukkan oleh Australia U-19 di semifinal, laga ini tetaplah vital karena mereka ingin meraih prestasi sebaik mungkin, apalagi di edisi sebelumnya mereka berhasil melangkah sampai final namun takluk di tangan Malaysia. Sedangkan bagi Indonesia, jika mereka berhasil mengalahkan Myanmar, maka mereka akan menyamai catatan yang dicapai pendahulu mereka di turnamen 2018, yakin keluar sebagai juara tiga.

Bisa dipastikan bahwa laga antara kedua tim tetap akan berlangsung ketat sebab keduanya tentu tidak mau kehilangan gengsi dan harus takluk di laga terakhir mereka. Catatan positif di pertandingan hari ini dapat menjadi pemicu semangat sekaligus persiapan yang baik menatap laga-laga selanjutnya.