Inilah Definisi, Rumus dan Pemanfaatan Persamaan Garis Lurus. Dalam dunia pendidikan, siswa dikenalkan dengan berbagai bidang keilmuan. Tidak hanya satu, bidang keilmuan yang wajib dikuasai siswa di sekolah ada banyak macam. Ada bidang keilmuan tentang agama dan ketuhanan, bahasa, pengetahuan sosial dan alam serta keahlian berhitung atau matematika. Semua bidang keilmuan akan dilihat hasil pencapaiannya yang dikenal dalam bentuk hasil belajar siswa.

 Persamaan Garis Lurus
Persamaan Garis Lurus

Dari sekian banyak bidang kelimuan, matematika merupakan keilmuan yang dianggap rumit. Banyak rumus berhitung di dalamnya dan sebagian besar orang menganggap sulit menghafalnya. Padahal rumus-rumus dalam pelajaran matematika bisa sangat berguna bagi kehidupan di luar sekolah. Salah satunya adalah rumus tentang persamaan garis. Bab yang membahas tentang persamaan garis ini sudah ada sejak tingkat sekolah menengah pertama.

Definisi

Garis lurus bisa diartikan kumpulan titik-titik dengan jumlah tak terhingga dan saling berdampingan. Sedangkan definisi persamaan garis lurus yaitu sebuah pernyataan yang akan mendefinisikan garis lurus dalam bentuk persamaan. Satu garis lurus dalam materi pelajaran ini dapat dinyatakan dalam lebih dari satu persamaan. Dalam definisi lain disebutkan juga bahwa persamaan sebuah garis lurus yaitu perbandingan antara koordinat y dan koordinat x dari dua titik yang terletak pada sebuah garis.

Poin yang termasuk dalam persamaan garis lurus juga harus dikuasai seperti gradien. Topik mengenai gradient ini saling berhubungan dan harus dipahami bersamaan. Apabila ada satu topik yang tidak dipahami maka akan kesulitan untuk memahami topik lainnya. Gradien bisa didefinisikan sebagai nilai yang akan menyatakan kemiringan suatu garis. Jadi secara umum, nilai sebuah gradien dari sebuah persamaan akan dinyatakan melalui perbandingan.

Gradien merupakan arah dari garis lurus yang sangat penting untuk dipelajari pada materi fungsi linear dan persamaan garis lurus. Suatu gradien bisa memiliki nilai positif apabila membentuk garis lurus yang memiliki sudut dengan sumbu x ≥ 0 derajat dan ≥ 90 derajat. Mempelajari semua poin penting ini bertujuan agar tidak lagi kebingungan jika dihadapkan dengan soal menentukan gradien suatu garis, menyusun persamaan suatu garis dengan satu atau dua titik yang diketahui, serta menentukan hubungan antara garis-garis yang sejajar dan tegak lurus satu sama lain.

Rumus

  1. Persamaan garis lurus bentuk umum (y = mx) untuk persamaan yang melalui titik pusat (0,0) dan bergradien m.
  2. y = mx + c untuk persamaan garis sejajar dengan y = mx dan bergradien m dan untuk persamaan garis yang melalui titik (0,c) dan bergradien m. (0 ,c) adalah titik potong sumbu y.
  3. Persamaan garis yang lurus melalui titik (x1,y1) dan bergradien m yaitu y – y1 = m (x – x1)
  4. Persamaan garis yang lurus yang melaui dua titik yaitu  (x1 , y 1) dan (x2 , y2) dengan rumus berikut:

 

Rumus-rumus ini dapat dipelajari lebih lanjut di https://rumusrumus.com/.

 

Kegunaan

Mempelajari rumus persamaan garis lurus ini penting bagi beberapa profesi. Salah satunya adalah IT Programmer. Profesi ini menciptakan sebuah sistem atau aplikasi yang membutuhkan rumus persamaan ini. Profesi game developer juga wajib menguasai ilmu tentang persamaan garis ini. Persamaan ini berguna untuk menciptakan karakter dalam game, menempatkannya serta mendesain latar belakang.

Rumus tentang persamaan garis lurus ini dikenalkan di jenjang sekolah mulai dari rumus yang sederhana hingga paling rumit. Memahami rumus ini tidak sulit jika dibarengi dengan pemahaman tentang topik lain yang berkaitan. Juga merupakan sebuah ilmu yang berguna karena rumus ini diterapkan di beberapa profesi penting.