Standar Syarat dari Bahan Beton Ready Mix dengan Kualitas Terjamin – Beton yang baik tentu diinginkan oleh semua orang sebagai salah satu perkakas penunjang. Baik dalam pembuatan kantor, rumah, atau pertokoan untuk sebuah usaha. Jika kualitas beton yang didapat memenuhi standar yang baik, tentu hasil yang didapat juga akan lebih maksimal dibandingkan dengan penggunaan beton kualitas rendahan.

Bagaimana pengelompokan syarat bahan beton jenis ready mix yang menjanjikan kualitas unggulan? Simak beberapa uraiannya berikut ini.

Syarat Bahan untuk Semen

Untuk menjaga kualitas bahan beton cor, maka Anda harus memperhatikan kualitas semen yang akan digunakan. Semen yang bagus masih memiliki tanggal kadaluarsa yang bertempo lama, bila disentuh tangan, kondisinya masih hangat. Hal tersebut mengindikasi bahwa semen masih baik digunakan.

Semen belum mulai menggumpal dan bereaksi saat digenggam dengan jatuh berhamburan, maka semen tersebut masih tergolong kualitas bagus. Dengan demikian mutu bisa dipertanggungjawabkan dengan penggunaan semen yang masih berkualitas baik.

Standar Kerikil dan Pasir Beton

Dalam pembuatan beton ready mix juga harus memperhatikan kualitas kerikil dan pasir beton (agregat) yang digunakan. Sifat yang paling diunggulkan dari sebuah agregat yaitu daya hancur dan ketahanannya terhadap benturan. Hal tersebut yang menjadi salah satu indikator sebuah beton kuat yang terakumulasi dari pasta semen, porositas, dan keretakan beton yang terkait.

Beberapa standar syarat dari agregat  berkualitas antara lain sebagai berikut.

  • Kerikil keras dan tidak mudah hancur saat dipegang menggunakan tangan
  • Kerikit dan pasir tidak mengandung garam. Garam merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pemekaran beton karena “bunga kristal” (eflorescences) yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan korosi pada tulangan beton yang sedang dibuat.
  • Campuran pasir dan kerikil tidak mengandung mineral logam, terutama besi (Fe).
  • Memastikan bahwa campuran pasir beton dan kerikil tidak terindikasi biji-bijian yang mudah tumbuh
  • Memiliki kadar lumpur, tanah liat, dan debu dalam angka maksimal sebesar 2%

Kuantitas Kebutuhan Air

Kuantitas air juga menjadi salah satu faktor penentu kualitas beton ready mix dan beton cor yang dibuat. Beberapa syarat air yang bisa digunakan dalam pembuatan beton jenis ready mix adalah sebagai berikut.

  • Air tidak mengandung bahan organik seperti terdapat sisa-sisa tumbuhan
  • Air tidak mengandung bahan kimia seperti besi, sulfat, dan klorida. Zat tersebut dapat merusak standar mutu beton yang kuat
  • Air tidak mengandung minyak. Hal ini dikarenakan minyak dapat menghambat hidrasi beton sebagai ikatan awal meskipun dalam jumlah yang sedikit
  • Air tidak mengandung garam

Dengan memenuhi semua standar pengolahan bahan beton ready mix di atas, niscaya Anda akan dapatkan sebuah beton cor yang awet, bagus, tahan lama, dan tidak mudah terkorosi. Dengan demikian, hunian Anda akan menjadi salah satu lokasi ternyaman karena dibuat dengan standar  baku bahan yang berkualitas baik.