AsaKita

Persyaratan Pengajuan Pinjam Uang Online – Pada dasarnya, pinjaman jenis online adalah pinjaman tanpa agunan, namun tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para calon nasabah. Sebenarnya persyaratan ini bukan dimaksudkan untuk mempersulit para nasabahnya, tapi lebih memastikan jika sebagai calon nasabah mampu mengangsur serta melunasi pinjaman.

Untuk bisa mengajukan pinjam uang secara online, umumnya para calon nasabah wajib menyiapkan lampiran slip gaji serta kartu identitas untuk melengkapi dokumen administrasinya. Keputusan menerima ataupun menolak pinjaman yang diajukan, akan segera diberitahukan pihak pemberi pinjaman sebab pengajuan pinjaman kini mampu diproses dengan menggunakan teknologi yang sudah canggih.

Mengajukan pinjaman uang secara online tanpa jaminan bisa dibilang cukup mudah. Namun tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya Anda bisa mendapatkan pinjaman. Persyaratannya adalah :

Identitas WNI (Warga Negara Indonesia)

Pada dasarnya, pinjam online seperti ini khusus disediakan untuk WNI. Oleh sebab itu, persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah para calon nasabah harus memiliki KTP WNI. Selain itu, calon nasabah diharuskan menetap atau berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Batas Usia

Batas usia calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online tanpa agunan memiliki minimal usia yakni 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Namun ada juga beberapa lembaga keuangan yang memberikan kelonggaran dengan usia di atas 18 tahun sudah bisa mengajukan pinjaman.

Batas Penghasilan

Umumnya, masing-masing lembaga keuangan yang menyediakan jasa pinjam online seperti ini memiliki kebijakan sendiri terkait dengan batas minimal penghasilan tetap per bulan untuk para calon nasabahnya.

Disamping kebijakan internal seperti ini, ternyata kondisi perekonomian daerah setempat juga turut berpengaruh terhadap batas minimal penghasilan tetap dari para calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Upah Minimum Regional (UMR) biasanya dijadikan sebagai standarnya. Maka dari itu, ketika penghasilan tetap calon nasabah per bulannya di atas UMR, besar sekali peluang pengajuan pinjaman disetujui.

Limit Pinjaman

Meminjam uang dengan cara online seperti ini sebenarnya merupakan jenis pinjaman jangka pendek. Umumnya antara 15 hari hingga maksimal 30 hari. Sedangkan terkait dengan jumlah nominal pinjaman yang ditawarkan terbilang cukup lumayan besar mulai 3 juta rupiah sampai dengan 5 juta rupiah.

Biasanya bunga yang dibebankan sebesar 1% per harinya, oleh sebab itu bunganya akan menjadi 30% jika waktu pinjaman yang Anda ambil maksimal. Namun, yang perlu Anda garisbawahi dalam hal ini adalah adanya beban biaya keterlambatan pembayaran angsuran.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dan memperhatikannya dengan seksama sebelum memutuskan langkah berikutnya dalam pinjaman online. Umumnya beban biaya keterlambatannya sebesar 50 ribu rupiah untuk hari pertama dan 10 ribu rupiah untuk hari selanjutnya.

Model pinjam uang seperti ini memang sangat cocok untuk para karyawan yang memiliki gaji tetap namun tidak memiliki jaminan ketika ingin mengajukan pinjaman. Tanpa jaminan atau agunan inilah yang sudah pasti memudahkan para calon nasabah ketika ingin mengajukan pinjaman.