Senam Artistik dan Beberapa Jenisnya. Senam merupakan salah satu olahraga yang paling populer dan diminati banyak orang. Beberapa gerakan dalam senam sangat mudah untuk dilakukan, sehingga membuatnya bisa dilakukan di rumah. Bahkan, beberapa senam juga sudah bisa ditemukan dalam acara olimpiade olahraga.

Ada banyak jenis senam yang bisa dipilih, salah satunya adalah senam artistik. Senam yang satu ini pada awalnya hanya dilakukan untuk membuat badan tumbuh dengan baik dan membuat tubuh menjadi sehat. Biasanya, jenis senam ini dilakukan dengan bantuan alat. Berikut, beberapa nomor yang biasa diperebutkan dalam senam ini.

Senam lantai merupakan sebuah senam yang dilakukan di atas lantai beralaskan matras. Biasanya, matras yang digunakan berukuran 12 meter persegi. Ada beberapa macam senam yang bisa dilakukan, diantaranya rol depan, rol belakang, lompat harimau, headstand, handstand, kayang dan sikap lilin.

Kuda-Kuda Pelana

Jenis senam artistik selanjutnya adalah kuda-kuda pelana. Jenis senam yang satu ini memiliki rangkaian gerakan. Di mana, bagian bawah tubuh akan membuat gerakan melingkar secara terus menerus. Gerakan melingkar ini memiliki dua jenis, yaitu double leg circle dan Thomas Flair. Dalam senam ini diperlukan alat, seperti ujung-ujung kuda, pelana, dan bagian diantara dua kuda.

Gelang-gelang

Selanjutnya ada gelang-gelang. Gelang-gelang sendiri merupakan alat senam berupa dua lingkaran. Nantinya, pesenam akan bebas menggantung di lingkaran tersebut. Ada dua pegangan yang terdapat dalam gelang-gelang, yaitu false grip dan regular grip. Sementara, jenis gantungan pada gelang-gelang sendiri dibedakan menjadi 3, yaitu gantungan biasa, gantungan menyudut, dan gantungan terbalik.

Kuda Lompat

Kemudian, dalam senam artiistik pun, pesenam akan menemukan kuda lompat. Kuda lompat sendiri dianggap paling mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan dalam kuda lompat, kuda-kuda akan dilapisi kuli tanpa menggunakan pelana. Biasanya, untuk pria, tinggi kuda-kudanya mencapai 135 cm. Peraturan mendasar yang harus dipatuhi adalah tidak boleh mengambil ancang-ancang lebih dari 25 meter.

Palang Sejajar

Kemudian, pesenam pun akan menemukan palang sejajar. Palang sejajar sendiri merupakan nomor yang digunakan untuk memperkuat otot-otot lengan. Hal ini dikarenakan gerakannya yang menarik dan menekan. Hanya saja, dalam senam yang satu ini pesenam harus memiliki bahu lentur agar bisa menang.

Palang Tunggal

Terakhir, ada palang tungga. Nomor senam artistik yang satu ini cukup sangat menarik. Ukuran palang untuk senam ini sendiri memiliki panjang 2,4 meter dan tinggi 2,55 meter. Saat meakukan palang tunggal, diharapkan pesenam tidak terburu-buru, karena bisa mengakibatkan nilai akan berkurang.

Nah, itulah beberapa jenis nomor olahraga senam artistik yang bisa dipilih. Untuk mengetahui jenis senam lainnya, kamu bisa mengecek https://penjaskes.co.id/