Siapa pecinta kacang disinis? Tahu tidak akhir-akhir ini ada studi kasus dan karya ilmiah yang membahas bahwa ternyata ada banyak jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat yang berbeda-beda dan sangat berguna bagi tubuh loh. Mungkin memang jika berbicara soal kacang yang kita tahu adalah kacang tanah saja. Karena memang kacang tanah lah yang lebih banyak dijual dan dikonsumsi oleh orang.

Padahal kalau dilihat dari jenis kacang secara umum, ada banyak sekali jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi. Bahkan diantaranya juga pernah Anda konsumsi. Penasaran apa saja jenis kacang-kacangan secara umum? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya

Nah, berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan dan manfaatnya yang wajib Anda ketahui. Langsung saja yuk simak.

Kacang Tanah

Kalau menyebut nama kacang, sudah pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah kacang tanah. Ya, kacang tanah memang yang lebih banyak kita kenal sebagai salah jenis kacang. Kacang tanah ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker perut, membantu menjaga kesehatan kulit dan juga membantu menurunkan barat badan lho selain rasanya yang enak.

Kacang Mete

Selain kacang tanah, salah satu jenis kacang yang juga sering di olah menjadi berbagai macam makanan adalah kacang mete. Kacang mete ternyata juga memiliki manfaat untuk  menjaga kesehatan jantung, mata, menjaga kesehatan tulang serta bermanfaat untuk menjalankan program diet.

Kacang Kedelai

Selain kacang mete dan kacang tanah, jenis kacang-kacangan yang juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan adalah kacang kedelai. Manfaat kacang kedelai adalah mengontrol kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan meningkatkan sistem imun.

Kacang Hijau

Jenis kacang berikutnya yang juga kaya manfaat adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan BAB, menurunkan berat badan, mengurangi jerawat, mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kacang Merah

Lanjut, jenis kacang berikutnya yang juga kaya akan manfaat adalah kacang merah. Kacang merah memiliki manfaat untuk mencegah diabetes, menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dini dan mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kacang Polong

Jenis kacang berikutnya yang juga memiliki manfaat adalah kacang polong. Kacang polong atau kepri merupakan jenis kacang yang memiliki manfaat untuk menjaga gula darah, mengatasi hipertensi dan menyehatkan sistem pencernaan.

Nah, itu dia beberapa jenis kacang-kacangan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.