Inilah Cara Kerja dan Kelebihan Mobil Hybrid yang Penting untuk Anda Ketahui – Mobil jenis hybrid merupakan salah satu mobil yang cara kerjanya secara komplementer menggunakan dua sumber tenaga, yaitu listrik dan bahan bakar minyak (BBM). Penggabungan dua sumber tenaga ini bertujuan untuk mengurangi jumlah penggunaan BBM.

Pada saat gas ditekan, mobil hybrid mampu melaju dengan motor listriknya hingga 50 km/jam. Mesin pada kendaraan akan bekerja jika kecepatan mobil berada di atas 50 km/ jam atau saat baterai mobil mulai habis. Dan ketika mobil berhenti, mesin bahan bakar akan mulai bekerja. Tentu, generator dan motor listrik akan berhenti bekerja dalam keadaan tersebut.

Keberadaan mesin bahan bakar akan membantu menyalakan mesin kendaraan saat kendaraan dalam keadaan berhenti. Mesin bahan bakar akan sedikit memberikan energi untuk sedikit mengisi baterai agar mesin kendaraan kembali bekerja dengan baik.

Dalam kecepatan yang rendah, sebagai penggerak utama mesin bahan bakar motor listrik hanya akan membantu secara perlahan. Ini karena baterai pada mesin mobil hybrid mampu memberikan energi listrik kepada motor listrik, sehingga untuk menggerakan mobil hybrid tidak hanya mengandalkan bahan bakar saja.

Penggabungan dua sumber tenaga ternyata menjadi kelebihan tersendiri untuk jenis mobil ini. Namun tahukah Anda, mobil jenis hybrid ternyata masih banyak memiliki kelebihan lain? Ketahui kelebihan tersebut pada ulasan berikut.

Hemat Bahan Bakar

Seperti yang diketahui, meskipun mobil jenis hybrid menggunakan mesin yang membutuhkan bahan bakar, kendaraan jenis hybrid dalam penggunaan bahan bakarnya relatif lebih hemat. Saat menghidupkan mobil, mesin dengan bahan bakar minyak tidak akan hidup atau bekerja.

Sistem kelistrikan pada mobil hybrid mendapatkan energi dari baterai, baik berupa audio, power window ataupun AC. Listrik bertenaga baterai tersebut akan bekerja saat laju kendaraan ini dalam kecepatan rendah.

Rendah Suara dan Getaran Mesin

Suara dan getaran yang berasal dari mesin mobil terkadang membuat sebagian orang merasa terganggu. Hal tersebut tidak akan Anda alami saat menggunakan mobil jenis hybrid. Mesin bahan bakar tidak akan hidup dan kendaraan akan digerakan oleh motor listrik bertenaga baterai ketika laju kendaraan melambat. Inilah yang menyebabkan mesin mobil jenis hybrid lebih minim suara dan getaran.

Performa Akselerasi dan Kecepatan yang Baik

Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil yang irit bahan bakar memiliki performa akselerasi serta kecepatan yang rendah. Anggapan tersebut nyatanya tidak berlaku pada kendaraan hybrid. Hybrid tetap memberikan performa kecepatan kendaraan di atas rata-rata meskipun menggunakan bahan bakar minyak yang lebih irit.

Rendah Emisi Gas Buang

Perly diketahui, teknologi hybrid mampu memininalisir emisi buang pada kendaraan hingga 60% lebih rendah. Kendaraan konvensional yang umum digunakan, menghasilkan emisi gas buang mencapai 140 hingga 150 gram karbondioksida per kilometer.

Lain halnya dengan mobil hybrid yang hanya menghasilkan 92 sampai 95 gram karbondioksida saja setiap satu kilometer nya. Ini menjadikan kendaraan hybrid sebagai salah satu kendaraan bermotor yang ramah lingkungan.

Perawatan yang Mudah

Kekhawatiran para pengguna kendaraan hybrid ternyata tidak hanya dari performa dari kendaraannya, namun juga dari proses perawatannya. Perbedaan sumber tenaga mesin yang digunakan termyata menjadi salah satu penyebabnya.

Perlu diketahui, dengan performa teknologi yang lebih unggul, perawatan dari kendaraan hybrid ini tidak jauh berbeda dengan jenis mobil lain. Perawatannya pun masih bisa dilakukan pada bengkel-bengkel resmi yang umum digunakan para pengguna mobil konvensional.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara kerja dan kelebihan dari mobil hybrid. Setelah mengetahui berbagai macam keunggulannya, apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan jenis mobil ini? Selamat mencoba.