Di era serba digital seperti sekarang ini kebutuhan perangkat-perangkat pendukung seperti smartphone, perangkat komputer ataupun laptop semakin meningkat setiap harinya. Berbagai produsen seakan berlomba-lomba menawarkan kan produk dengan kelebihan-kelebihan masing-masing.

Maka tidak mengherankan untuk sekarang ini tersedia sangat banyak merk dari laptop yang tersedia dipasar, ditambah lagi setiap merk juga memiliki banyak tipe dan seri yang akan membuat kita semakin kebingungan memilihnya.

Bahkan sekarang ini pun beberapa produsen laptop menghadirkan perangkat dengan spesifikasi khusus demi memikat calon pembelinya, misalkan seperti sebuah laptop yang dirancang memiliki spesifikasi jauh lebih tinggi dari versi biasa yang ditujukan untuk gaming.

Untuk laptop non-gaming pun tersedia banyak sekali varian spesifikasi yang bisa kita pilih sesusai dengan kebutuhan dan bugdet tentunya. Nah karena perbedaan spesifikasi dari setiap tipe laptop tersebut tentu terkadang kita lupa dengan tipe laptop yang kita gunakan.

Lalu bagaimana cara mengetahui tipe dari sebuah laptop? tenang, karena kami telah menyiapkan panduannya yang dikutip dari situs wakdroid.com.

  1. Cek melalui DXDIAG

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk mengetahui tipe dari sebuah laptop, tapi cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan yaitu melalui DXDIAG. Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu DXDIAG, jadi DXDIAG merupakan sebuah software yang berguna untuk melakukan pengecekan sistem yang bisa juga digunakan untuk mengetahui tipe dan spesifikasi dari sebuah perangkat komputer ataupun laptop.

Di dalam  DXDIAG sendiri kita dapat melihat banyak informasi seperti kapasitas RAM, jenis processor yang digunakan, VGA, hingga tipe BIOS dari laptop ataupun perangkat komputer tersebut.

Pada DXDIAG juga biasanya akan tertera informasi mengenai merk dan tipe laptop yang digunakan, meskipun dibeberapa laptop masih terdapat beberapa informasi yang belum lengkap, tetapi informasi yang tersedia sudah cukup dijadikan gambaran mengenai laptop atau komputer yang kita pakai.

Caranya:

  1. Klik start > run > ketikkan DXDIAG.
  2. Atau bisa juga dengan cara menekan tombol windows + r lalu mengetikkan DXDIAG.
  3. Klik system maufacture dan system model untuk melihat tipe dan merek laptop atau komputer yang sedang kamu gunakan.
  4. Akan tampil beberapa informasi mengenai perangkat tersebut.
  5. Cek melalui system information

Cara yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya, kamu dapat melihat berbagai informasi dari laptop atau perangkat komputer yang kamu gunakan. Namun kelebihan dari cara ini yaitu informasi yang disajikan lebih spesifik dibandingkan informasi melalui DXDIAG.

Melalui system information ini kita pun dapat melihat informasi detail dari tipe laptop, spesifikasi yang digunakan, bahkan kita juga bisa melihat informasi dari tipe komponen apa saja yang terpasang dari perangkat tersebut.

Caranya:

  1. Klik start lalu silakan ketikkan system information.
  2. Kamu dapat melihat berbagai informasi tersebut pada bagian system model.

Nah untuk kamu yang masih kebingungan bagaimana cara melihat tipe laptop, silakan ikuti dua panduan diatas. Sebenarnya panduan pertama dan kedua sama saja, silakan kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Sekian dulu artikel dari kami, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!