Game Visual Novel yang Cocok Untuk Pemula. Ada banyak sekali genre game yang bisa kamu mainkan di tahun 2020 ini. Dari masing-masing genre tersebut tentu punya satu atau beberapa aspek yang amat ditonjolkan. Jika itu bergenre Open World, kamu tentu akan diberi kebebasan yang nyaris tanpa batas untuk menjelajahi dunia di dalam game. Jika itu bergenre RPG, kamu akan menemukan berbagai mekanisme unik tergantung karakter mana yang dimainkan.

Akan tetapi, ada juga sebuah genre yang lebih menonjolkan aspek cerita dibanding aspek gameplay seperti yang disebut di atas tadi. Genre tersebut adalah Visual Novel atau disingkat VN. Genre Visual Novel sudah ada sejak dahulu kala; awal tahun 2000-an. Hanya saja, kepopulerannya belum se-hype sekarang, jadi genre itu hanya populer di Jepang. Namun, sekarang sudah tidak lagi.

Secara perlahan tapi pasti game Visual Novel mulai melebarkan sayapnya ke wilayah barat, terutama negara-negara di Eropa dan Amerika. Dan mengejutkannya genre tersebut mendapat respons positif dari kalangan gamer di sana. Oleh karenanya, tak jarang game bergenre Visual Novel mulai dipasarkan di Steam toko game online sejenisnya, yang notabene mayoritas penggunanya adalah orang barat.

Meski begitu, seperti halnya permainan di genre lain, tentu ada sesuatu yang disebut dengan tingkat kesulitan. Oleh karenanya ada permainan Visual Novel yang cocok untuk pemula, dan hanya cocok untuk veteran dan setingkatnya. Kompleksitas di sini bukan semata-mata karena game punya cerita yang rumit, melainkan juga karena banyak pilihan yang harus diambil sehingga kamu bisa mendapatkan semua ending.

Untuk itu, di bawah ini akan ditunjukkan beberapa game Visual Novel yang cocok dimainkan oleh pemula. Kamu tidak akan menemukan pilihan-pilihan rumit seperti di game yang tingkat kesulitannya lumayan tinggi. Jadi kamu pasti bisa mendapatkan semua ending-nya dengan lebih mudah.

  • If My Heart Had Wing

Game pertama ini bercerita tentang Aoi Minase, seorang murid SMA yang bercita-cita menjadi pembalap sepeda profesional. Hanya saja, di saat dia tengah mengejar mimpinya, sebuah kecelakaan terjadi dan dia mengalami cedera. Hal itu membuatnya tidak mungkin menjadi pembalap sepeda profesional. Dengan perasaan depresi, Aoi lalu kembali pulang ke kampung halamannya.

Di sana dia bertemu dengan Kotori Habane, Ageha Himegi, dan beberapa gadis lain, yang rupanya tertarik dengan pesawat. Aoi yang telah kehilangan mimpinya lambat laun juga mulai tertarik dengan pesawat. Akhirnya mereka pun berencana untuk menghidupkan kembali klub penerbangan yang ada di sekolah. Dan begitulah bagaimana game Visual Novel ini dimulai.

  • A Sky Full of Stars

Game yang kedua bercerita tentang Akito, seorang laki-laki yang sejak kecil sudah menyukai bintang. Di masa lalu dia sering melihat bintang bersama dua teman dekatnya, yakni Hikari dan Saya. Hampir setiap malam di akhir pekan mereka semua pergi ke markas rahasia untuk menikmati indahnya langit malam. Hanya saja, karena beberapa hal mereka semua jadi terpisah dan tidak bisa lagi melanjutkan tradisi tersebut.

Menginjak SMA, Akito bergabung dengan klub astronomi. Akan tetapi, rupanya dia adalah anggota kelas 1 satu-satunya. Dia pun memutar otak supaya klub miliknya tidak dibubarkan oleh sekolah. Usaha tersebut membuahkan hasil; klub astronomi di sekolah Akito mengikuti kegiatan gabungan bersama sekolah lain dengan harapan dapat berkontribusi kepada masyarakat. Dari tindakannya tersebut Akito dipertemukan kembali dengan Saya dan Hikari, serta beberapa gadis lain seperti Orihime dan Korona. Itulah sekilas kisah tentang game Visual Novel ini.

  • Lucy-The Eternity She Wished For-

Game berikutnya berkisah tentang dunia di masa depan yang mana teknologinya sudah sangat maju. Kamu akan dengan mudah menemukan robot berbentuk manusia yang dikenal dengan Android. Dalam game ini kamu berperan sebagai seorang laki-laki yang menemukan Android dalam kondisi kurang baik. Karena merasa kasihan, kamu memutuskan untuk memperbaiki dan merawatnya.

Akan tetapi, walau berwujud manusia, Android tetaplah robot. Mereka tidak punya ekspresi atau pun hal lain yang bersifat emosional. Namun, Android bernama Lucy yang ditemukan oleh tokoh utama ini berbeda. Dia bisa menangis, tersenyum, tertawa, dan bahkan mempunyai mimpi. Memiliki Android seperti itu tentu menjadi dilema tersendiri, karena eksistensinya sangat mirip dengan manusia. Kamu sebagai tokoh utama harus memutuskan apakah membiarkan robot tersebut tetap bersamamu atau membuangnya. Dan begitulah bagaimana kisah game Visual Novel ini dimulai.

  • Narcissu

Game ini bercerita tentang pasien lantai 7 di salah satu rumah sakit di Tokyo. Pasien di lantai tersebut sedikit spesial, karena penyakit mereka sudah tidak lagi bisa disembuhkan. Dengan kata lain, mereka hanya menunggu malaikat pencabut nyawa datang. Di sana kamu berperan sebagai beberapa tokoh. Tokoh yang pertama adalah Yuu Atou, seorang mahasiswa sehat walafiat yang rupanya mengidap kanker. Tokoh yang kedua adalah Setsumi Sakura, seorang gadis berumur 22 tahun yang memiliki tubuh mungil.

Game Visual Novel berjudul Narcissu ini tersedia dalam dua paket. Paket Narcissu 1 & 2 bisa kamu unduh secara gratis di Steam. Namun, untuk Narcissu 10th Anthology kamu harus rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Akan tetapi, tidak perlu ragu untuk membeli, karena kamu juga akan memperoleh bonus 4 cerita lain yang tidak kalah nyesek. Pokoknya sangat worth it dan cocok untuk pemula.

  • Nekopara Series

Game keempat bercerita tentang Kashou Minaduki, seorang partiser yang membuka toko roti bernama La Soleil. Ketika sedang membuka paket yang dikirim dari rumah, dia menemukan dua anak kucing betina yang sangat imut. Dua kucing itu diberi nama Chocola dan Vanilla. Perlu diingat, kucing di sini berbeda dengan kucing yang ada di dunia nyata. Kucing di sana memiliki wujud yang sangat mirip dengan manusia; perbedaannya hanya ada pada telinga dan ekor.

Game Visual Novel berjudul Nekopara ini memiliki lima volume, dimulai dari Volume 0 hingga extra. Masing-masing volume berisikan gadis kucing yang berbeda. Setiap kucing mempunyai keunikannya sendiri-sendiri; ada yang pemalu, polos, bahkan mata keranjang. Namun yang jelas, semua kucing itu menyukaimu. Jadi kamu tidak perlu khawatir kesulitan mengurus toko, karena mereka akan siap sedia membantu.

  • Maitetsu

Maitetsu mengambil tema yang sedikit berat untuk ukuran Visual Novel pemula. Namun, secara garis besar ceritanya sangat enak untuk diikuti. Game ini berfokus pada isu lingkungan yang terbentur dengan kebutuhan manusia. Di kota fiksi bernama Ohitoyo, akan didirikan sebuah pabrik industri. Masalahnya, lokasi ideal pembangunan pabrik tersebut berada di sungai yang merupakan landmark kota Ohitoyo. Oleh karenanya, dikhawatirkan kalau pembangunan pabrik itu akan berdampak buruk pada lingkungan. Kamu sebagai warga asli Ohitoyo harus memutuskan apakah mendukung atau memprotes proyek tersebut.

Simak din situs http://103.9.100.45 untuk mengenali dan memainkan game online terbaik lainnya yag bisa menghibur Anda. 

Itulah beberapa game Visual Novel yang cocok dimainkan oleh pemula. Diharapkan kamu bisa sedikit tahu kalau genre semacam ini punya daya tariknya sendiri. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu.