Di tengah pandemi, jualan atau memulai bisnis bukan cuma dilakukan untuk menyambung hidup dan menjaga agar dapur tetap ngebul. Sebagian orang juga jualan untuk belajar sekaligus mengisi aktivitas selama di rumah aja. Sejak pandemi, belakangan saya juga sering ngeliat status WhatsApp Story teman yang tadinya nggak pernah jualan tiba-tiba jadi reseller/dropshipper banyak produk, terutama makanan ringan. 

Beda sama dulu, sekarang untuk bisa jualan atau memulai bisnis nggak terlalu sulit. Kalo mau yang gampang, ya bisa jadi dropshipper. Nggak perlu modal pula, cukup menjalankan promo dan marketing produk. Kalo nggak punya modal pun sekarang ada aplikasi kredit berbunga rendah kayak Kredivo yang bisa kasih pinjaman modal usaha cuma dengan bunga 2,6% per bulan. Nggak pake jaminan atau survei, bisa cair cepat juga.

Buat latihan, kalo tertarik dagang di saat pandemi, ada tiga rekomendasi ide bisnis yang bisa kamu pilih untuk dijalankan. Dengan modal kecil 2 jutaan, bisa cuan lumayan. Apa aja sih?

Bisnis Thrift Store atau Jual Pakaian Bekas

Kalo kamu rajin berselancar di Instagram, sekali dua kali kamu mungkin pernah ketemu sama akun yang jualan pakaian bekas atau preloved. Nah, belakangan ini, bisnis Thrift Store semakin marak dan populer di Instagram karena produk-produk yang dijual biasanya diutamakan dari brand-brand favorit kayak Uniqlo, H&M, Zara, dan produk impor lain. 

Pakaian yang dijual di Thrift Store biasanya cenderung produk fast fashion dan basic kayak sweater, outer, kaos, dan jeans. Satu potong pakaian bekas ini biasanya dibanderol dengan harga Rp70.000 sampai Rp100.000 kalo masih dalam kondisi sangat layak dan nggak banyak defect. Untuk belanja barangnya, mungkin harganya ada di kisaran Rp20.000 sampai Rp50.000 tergantung supplier pakaian bekasnya. 

Para pebisnis thrift store di Instagram ini bukan cuma jual produk satuan aja ke konsumen tapi juga banyak yang jual paket bisnis lho. Satu paket bisnis dengan 30-40 produk sweater, biasanya dibanderol dengan harga Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. Produk juga sudah bersih dan siap jual. Kalo tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa sering-sering eksplor Instagram sebagai langkah awalnya karena pilihannya sangat banyak. 

Bisnis Makanan Beku & Snack

Karena harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja selama pandemi, makanan beku dan snack juga menjadi produk yang banyak dibeli dan laris manis diburu orang. Dari sisi bisnis, makanan beku seperti nugget, sosis, otak-otak, bakso ikan, siomay, sampai donat, punya daya tahan dan masa expired yang lebih panjang. Begitu juga dengan aneka snack kering manis dan asin. Harganya pun terjangkau biasanya ada di kisara Rp20.000 sampai Rp50.000. 

Rata-rata teman dan kerabat saya sendiri juga paling banyak jualan dua produk ini selama masa pandemi. Biasanya produknya mirip-mirip, cuma brandnya aja yang berbeda. Untuk memulai bisnis ini, kita bisa belanja sendiri ke toko dan menyetok barang atau bisa juga mencari distributor atau supplier yang sesuai. 

Bisnis Pulsa dan Paket Data Internet

Belajar dan bekerja dari rumah yang berlangsung sejak awal pandemi di bulan Maret 2020, membuat pemakaian pulsa dan terutama internet turut meningkat drastis. Sebelum pandemi pun, pulsa dan paket data sudah menjadi kebutuhan primer yang pasti dibeli setiap orang. Buat jualan pulsa, paket data, dan produk sejenis juga nggak susah lho. Di Google Play Store atau App Store sekarang banyak sekali aplikasi agen pulsa yang produknya punya harga miring. Jadi kalo dipakai buat jualan pasti bakal untung. Yang perlu kita lakukan hanya tinggal download, registrasi, deposit, lalu sudah bisa jualan. 

Tertarik Pakai Aplikasi Kredit Kredivo Buat Pinjam Modal Usaha?

Sebelumnya, kita perlu registrasi akun Kredivo dulu. Syarat untuk registrasi akun Kredivo kurang lebih:

  1. Warga Negara Indonesia yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Selanjutnya, tinggal download aja aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan pilih daftar sebagai user Premium supaya berpeluang mendapat limit yang besar (maksimal s.d Rp 30 juta. Kalo udah selesai, tunggu proses persetujuan dari Kredivo sekitar 1 harian. 

Kalau registrasi akun sudah berhasil & disetujui, untuk pinjaman, kita bisa langsung akses fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang ada di aplikasi Kredivo. Minimum pengajuan pinjaman berlaku mulai 500 ribu untuk pinjaman mini dan Rp 1 juta untuk pinjaman jumbo dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Proses pencairan pinjaman hanya memakan waktu 1 hari kerja jika pengajuan sudah disetujui.

Jangan khawatir soal suku bunga sebab Kredivo memiliki suku bunga hanya 2,6% per bulan. Selain itu, Kredivo juga merupakan fintech yang sudah sejak lama terdaftar di OJK. Pastinya aman dan terjamin!