Cara Merawat Burung Ciblek Untuk Pemula

Sekarang ini banyak sekali orang yang hobi memelihara burung, khususnya jenis burung kicauan. Tahukah anda banyak sekali jenis burung kicauan yang tersebar di negara Indonesia.

Misalnya seperti burung ciblek, burung kenari, burung lovebird, dan sebagainya. Namun sebagian besar jenis burung kicauan terancam punah, sebab banyak orang yang memburunya.

Tujuan orang yang memburu burung tersebut yaitu di jadikan sebagai hewan peliharaan dan ada pula yang akan di perjual belikan. Sebab harga burung kicauan itu terbilang cukup mahal.

Terlebih lagi jika suara burung itu terdengar lantang dan merdu serta memiliki warna bulu yang indah, maka harga jualnya pun akan semakin tinggi.

Cara Merawat Ciblek Agar Cepat Bunyi

Jika anda sebagai penjual burung kicau atau pemelihara burung kicau, sebaiknya mengerti bagaimana cara merawat burung kicau tersebut, terutama burung ciblek.

Sebab jika anda merawat burung kicau dengan cara yang benar, maka akan menghasilkan kemampuan burung yang berkualitas, sehingga jika diperjual belikan harganya pun mahal.

Dan jika di perlombakan maka ada kemungkinan burung peliharaan anda akan menjadi juara. Lalu bagaimanakah merawat burung dengan cara yang benar.

Nah, kali ini artikel kami telah menuliskan cara merawat burung ciblek agar tambah gacor. Dan anda dapat menirukan cara merawat yang telah kami tuliskan.

Sebelum memasuki pembahasan cara merawat burung ciblek, apakah anda tahu mengenai burung ciblek? Burung ciblek merupakan jenis burung kicauan yang berukuran kecil.

Dan burung ini juga dikenal dengan nama “burung prenjak jawa”. Dikalangan kicau mania biasanya burung ini dijadikan sebagai burung lomba, sebab suaranya yang ngebren.

Selain itu kemampuan terbangnya juga cepat dan kuat. Namun disayangkan burung ciblek mudah stres dan cepat mati jika cara merawatnya tidak benar.

Di bawah ini merupakan cara merawat burung ciblek yang dapat anda praktekkan terhadap burung ciblek peliharaan anda, agar dapat bertahan hidup dan tambah gacor.

Memandikan Burung Secara Rutin dan Teratur

Apakah burung juga harus dimandikan? Sama hal nya seperti manusia jika tidak mandi maka tubuhnya akan terasa risih dan lengket. Sehingga membuatnya tidak nyaman.

Begitu pula dengan burung jika tidak dimandikan maka tubuhnya pun menjadi tidak nyaman. Sebab banyak sekali kuman kuman yang menempel pada tubuh burung tersebut.

Dan memandikan burung ciblek itu tidak asal asalan atau langsung disiram dengan air. Akan tetapi ketika memandikan burung ciblek terdapat beberapa tahapan.

  • Sebelum burung dimandikan maka supaya diangin anginkan terlebih dahulu. Agar si burung dapat merapikan bulu bulunya dan dapat mencegah kerusakan pada bulu.
  • Anda supaya memandikan burung 2 kali sehari, yaitu pada waktu pagi dan sore. Diwaktu pagi pada pukul 07.00 dan diwaktu sore pada pukul 15.00.
  • Dan pada saat memandikan burung dapat menggunakan semprotan dengan cara menyemprotkan air keseluruh badan secara merata.
  • Anda juga dapat memandikan burung menggunakan sabun atau shampo khusus untuk burung tersebut. Agar tubuhnya lebih berbau harum.

Penjemuran Burung

Setelah selesai memandikan burung ciblek anda dapat langsung menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Yaitu sekitar pukul 07.30-10.00 pagi.

Dengan menjemurnya dipagi hari maka si burung akan mendapatkan vitamin D dari cahaya mtahari. Dan tujuan proses penjemuran ini untuk mengeringkan bulu burung yang basah.

Selain itu dengan menjemur burung ciblek dapat menghangatkan tubuhnya yang kedinginan karena habis mandi. Lakukanlah penjemuran ini selama 2 sampai 3 jam.

Anda dapat menjemur burung ciblek sehari 2 kali, yaitu ketika setelah mandi pagi menjemur burung di bawah sinar matahari secara langsung.

Dan setelah mandi sore anda tidak perlu menjemurnya dibawah sinar matahari, cukup menjemurnya di bawah pohon yang lebat atau diteras rumah saja.

This entry was posted in Hobby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *