Contoh Kasus Iptek di Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya

Iptek atau ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu cabang ilmu yang terus berkembang. Perkembangan ini juga mempengaruhi beberapa bidang termasuk ekonomi dan sosial budaya. Adapun beberapa kasus iptek di bidang ekonomi dan sosial budaya yang sangat menarik sekali untuk dibahas.

Kasus-kasus yang pada dunia iptek sendiri dapat Anda temukan di salah satu portal berita teknologi yaitu Portaljawa. Dalam website ini sendiri Anda dapat melihat beberapa kasus iptek yang ada di bidang ekonomi dan sosial budaya. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan memperoleh berbagai macam informasi dan berita teknologi terkini dan terlengkap.  Anda juga pasti akan mempelajari banyak sekali kasus iptek dari bidang ekonomi ataupun sosial budaya.

Kasus Iptek di Bidang Ekonomi yang Masih Berkembang

Contoh Kasus Iptek

Kasus kemajuan iptek pada bidang ekonomi sendiri tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Pada jaman serba digital ini iptek merupakan hal paling penting untuk menunjang perekonomian. Berikut ini adalah kasus iptek pada bidang ekonomi yang masih berkembang.

1. Aplikasi Startup

Tidak dapat diragukan lagi, di jaman sekarang perusahaan startup memegang peran penting bagi perekonomian. Terlebih lagi dengan ada perusahaan startup ini memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan menjalankan kehidupan sehari-hari. Contoh paling nyata adalah adanya platform untuk masyarakat agar dapat dengan mudah menjual berbagai kebutuhan.

2. Bisnis Dapat Tersebar Luas

Kasus iptek di bidang ekonomi yang masih berkembang hingga saat ini adalah bisnis dapat dipasarkan lebih luas dan cepat. Hal ini sendiri dikarenakan ada berbagai cara yang bisa pebisnis seperti Anda untuk melakukan marketing. Seperti dengan membuat website dan juga ikut platform e-commerce yang tentu saja akan membuat konsumen semakin mudah mengetahui bisnis yang dijalankan.

3. Transaksi Perbankan Mudah Namun Berbahaya

Kasus selanjutnya yang juga memberikan kemudahan bagi masyarakat luas adalah transaksi perbankan. Anda dapat melakukan transaksi seperti pembayaran pajak, kredit, dan lain sebagainya dengan lebih cepat dan juga mudah. Namun, pada aspek ini juga sangatlah berbahaya.

Banyak sekali masalah yang terjadi akan transaksi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi pada saat ini. Seperti jebolnya beberapa akun bank milik nasabah yang tentu saja merugikan.

4. Produkfitas Industri Semakin Meningkat

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat, tentu saja banyak sekali alat industri yang juga ikut berkembang. Alat-alat industri semakin memudahkan pabrik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk dengan lebih baik.

Tentu saja dengan perkembangan industri yang semakin besar sudah dapat dipastikan perekonomian skala kecil dan besar akan mendapatkan dampak yang sangat besar. Kasus iptek di bidang perekonomian industri juga sangat membantu banyak aspek lainnya.

5. Tingkat Konsumtif Semakin Meningkat

Kasus selanjutnya dari contoh kasus iptek di bidang ekonomi yang selanjutnya adalah dari tingkat konsumtif masyarakat yang semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan mereka. Apalagi dengan adanya perkembangan akan mudahnya mendapatkan informasi dari segala aspek membuat masyarakat akan membeli barang-barang terbaru.

Kasus-kasus yang sudah disebutkan di atas sendiri dapat Anda lihat di Portaljawa. Portal berita teknologi yang satu ini akan memberikan gambaran beberapa kasus dari iptek pada bidang ekonomi yang harus diketahui. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena ada beberapa kasus negatif yang perlu diwaspadai. Selain dari bidang ekonomi, bidang sosial budaya pun memiliki beberapa kasus yang disebabkan oleh perkembangan iptek saat ini.

Kasus Iptek di Bidang Sosial Budaya

Seperti yang sudah disinggung, tidak hanya kasus Iptek di bidang ekonomi saja terpengaruh. Salah satunya adalah pada bidang sosial budaya. Sama seperti bidang ekonomi, kasus-kasus yang dihadapi oleh sosial budaya masih terus berkembang dan memberikan efek baik dan buruk. Berikut ini adalah kasus-kasusnya:

1. Tingkat Percaya Diri Individual Semakin Tinggi

Anda pasti sudah menyadari bahwa pada saat ini teknologi memberikan kemudahan masyarakat untuk bersosialisasi. Terdapat banyak sekali platform media sosial yang dapat digunakan masyarakat untuk lebih mudah bersosialisasi. Anda sudah pasti juga merasakan mudahnya berkenalan dengan orang dari mana saja yang ada di seluruh bagian dunia.

Dengan melihat adanya fenomena ini, maka sudah pasti tingkat kepercayaan diri setiap individual meningkat dengan pesat. Anda dapat dengan mudah menemukan banyak akun media sosial yang menunjukan diri mereka dengan lebih bebas dan juga percaya diri, seperti memasang foto diri sendiri hingga berbagai karya yang dapat dilihat dengan mudah.

2. Tekanan Lebih Besar

Di portal berita teknologi ini sendiri dapat Anda melihat perkembangan iptek pada bidang sosial dan budaya memberikan tekanan yang lebih besar. Persaingan ketat untuk menunjukan diri sendiri menjadi lebih baik sangatlah tinggi. Hal ini sendiri membuat banyak orang menjadi lebih bekerja dengan keras dan disiplin agar mendapatkan apa yang diinginkan.

3. Moral Semakin Menurun

Namun, kasus iptek di bidang sosial dan budaya ini sendiri memberikan pengaruh yang buruk. Di mana moral yang ada masyarakat menjadi semakin turun. Banyak sekali kasus yang dapat Anda temukan di portal jawa yang menunjukan menurunnya tingkat moral masyarakat. Salah satunya adalah kasus perundungan yang sering sekali menjadi viral di internet. Tentu saja ini menjadi salah satu kasus iptek di bidang sosial dan budaya yang cukup mengkhawatirkan.

Melihat kasus iptek di bidang ekonomi dan sosial budaya ini, Anda tentu saja dapat menilai bahwa tidak semua kasus yang ada memberikan kesan yang positif. Namun, Anda tidak mungkin membantah bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah membantu hampir semua aspek kehidupan yang berjalan. Anda dapat mendapatkan banyak sekali informasi tentang kasus iptek ini di portal jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *