Review Info Harga Rebana Kecil

Alat musik rebana atau hadroh adalah alat musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi acara bersholawat bersama Habib Syech. Bagi anda yang sering mengikuti acara sholawat bersama Habib Syech pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat musik rebana atau alat musik hadroh tersebut.

Perlu anda ketahui jika alat musik hadroh ini terdiri dari berbagai macam alat musik lainnya seperti rebana kecil, rebana besar dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi lengkap seputar alat musik hadroh atau alat musik rebana, mulai dari info harga rebana kecil, sejarah rebana dan masih banyak lagi. Silahkan anda simak ulasan lengkap di bawah ini.

Jenis Rebana Yang Berkembang Di Masyarakat

Seperti yang sudah dikatakan di atas jika rebana yagn berkembang di masyarakat ini berbeda-beda, ada beragam rebana yang berkembang di masyarakat mulai dari jenisnya, ukurannya hingga namanya.

Selain itu, alat musik hadroh ini terdiri dari beberapa alat musik atau komponen lainnya sehingga menjadi satu kesatuan dan sekumpulan alat musik hadroh yang dapat digunakan guna mengiringi atau membuat backsound untuk musik sholawat. Berikut adalah beberapa jenis rebana yang berkembang di masyarakat dikutip dari jual hadroh.

Rebana Biang

Jenis rebana yang pertama adalah rebana biang. Diberi nama rebana biang adalah karena memiliki bentuk atau ukuran yang sangat besar. Rebana biang ini biasanya terdiri dari tiga rebana yang berbeda misalnya kotek, gendung dan biang.

Karena memiliki bentuk atau ukuran yang besar tentu saja membuat rebana biang ini akan susah untuk dipegang. Hal ini yang membuat para pemain dari rebana biang ini harus memainkan alat musik ini dalam posisi duduk, atau tidak bisa dimainkan sambil berdiri.

Kemudian untuk lagu dari rebana biang ini terdiri dari dua macam lagu. Lagu yang pertama adalah lagu yang memiliki irama yang cepat, lagu ini juga biasanya disebut dengan nyalun atau lagu arab. Berikutnya adalah lagu yang memiliki irama lambat atau juga biasa disebut dengan lagu Melayu.

Walaupun judul lagu menggunakan bahasa arab, namun penamaan dari jenis-jenis lagu ini tidak berhubungan dengan syair atau lirik lagunya. Namun berhubungan dengan cepat atau lambatnya irama. Biasanya tarian yang ada pada rebana biang ini adalah tari Blenggo.

Rebana Dor

Berikutnya adalah rebana dor yang mempunyai banyak kesamaan dengan rebana qosidah. Namun karena perkembangan dari rebana kasidah yang sangat cepat ini akhirnya sampai bisa menyingkirkan eksistensi dari rebana dor.

Saat ini rebana kasidah lebih banyak diminati oleh remaja putri. Sedangkan rebana dor ini lebih populer dikalangan orang yang sudah memiliki usia lanjut. Hal ini lah yang juga mempengaruhi faktor kenapa rebana kasidah bisa lebih populer jika dibandingkan dengan rebana Dor.

Rebana dor ini lebih fleksibel karena bisa digabung dengan semua jenis rebana. Misalnya rebana kecil, rebana besar dan rebana lainnya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang mungkin memiliki banyak alat musik rebana, Anda jadi bisa tahu harga rebana kecil, harga rebana besar dan harga rebana lainnya. Untuk Rebana dor ini biasanya dibuka dengan Yaliil atau bagian solo vokal yang mengikuti nada membaca Al Quran.

Rebana Hadroh

Jenis rebana berikutnya adalah rebana Hadroh. Yang unik dari rebana ini adalah pada cara memainkan rebana hadroh bukan dipukul biasa tapi dipukul seperti sedang memainkan alat musik gendang.

Pada rebana hadroh ini biasanya memiliki tiga instrumen rebana yaitu bawa, seling atau ganjil dan yang terakhir adalah Gedung. Bawa ini bertugas untuk memberi komando karena memiliki pukulan yang lebih cepat. Kemudian ganjil akan saling mengisi dengan bawa.

Tentu saja Anda bertanya, lalu apa fungsi dari Gedug? Untuk Gedug sendiri ini berfungsi seperti bass pada alat musik kontemporer lainnya. Pukulan pada rebana Hadroh ini terbagi menjadi beberapa jenis pukulan yaitu kentang, tepak, gedug dan yang terakhir adalah pentil.

Semua jenis macam pukulan ini juga akan dilengkapi dengan nama irama pukulan yang berbeda. Beberapa irama pukulan diantaranya adalah sabu, sander, jalan, sirih panjang, pegatan, bima.

Rebana Kasidah

Jenis rebana yang terakhir adalah rebana Kasidah. Sejak pertama kali muncul, rebana kasidah ini memang telah digandrungi dan diidam-idamkan oleh remaja putri di Indonesia. Hal ini karena tidak ada unsur ritual dalam setiap penampilan dari rebana kasidah sehingga akan bebas untuk dimainkan kapan saja dan dimana saja. Anda bisa memainkan rebana kasidah ini di acara apapun, misalnya seperti di acara hajatan pernikahan atau sunatan.

Rebana kasidah ini booming di tahun 1970 sampai tahun 1980-an. Dimana di tahun-tahun tersebut banyak sekali festival kasidah dilaksanakan. Salah satu grup rebana kasidah yang cukup terkenal di Indonesia adalah Nasida Ria.

Itulah beberapa jenis rebana yang harus anda ketahui. Tidak disangka, walaupun terlihat simpel atau sederhana ternyata rebana juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mengetahui info harga rebana kecil, anda bisa memanfaatkan perkembangan internet dengan adanya marketplace atau toko online yang menjual berbagai alat musik rebana mulai dari yang kecil hingga yang besar. Anda bisa menjadikan harga rebana kecil yang dibandrol pada toko online atau marketplace tersebut sebagai acuan atau patokan dalam membeli. 

This entry was posted in Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *