Karakteristik Burung Pancawarna dan Cara Perawatannya

Kepribadian burung panca warna bisa kamu tahu dengan gampang. Burung pancawarna merupakan tipe burung yang banyak hidup di wilayah kalian. Burung ini merupakan masternya burung serupa burung murai batu, cucak hijau, serta kacer.

Burung panca warna merupakan salah satu burung yang sangat indah di daerah Indonesia. Cocok dengan namanya burung ini mempunyai banyak berbagai corak yang menarik dan juga indah. Burung panca warna kerap jadi incaran para pecinta burung.

Hal ini disebabkan rupanya yang indah serta suara kicaunya yang tidak diragukan lagi. Tetapi, burung yang banyak mempunyai kicauan sangat bagus merupakan burung panca warna berjenis kelamin jantan.

Suara burung pancawarna jantan mempunyai suara yang lebih merdu dibanding betinanya.

Karakteristik Burung Panca Warna

Saat sebelum kamu mengenali secara jauh tentang burung panca warna. Disini kamu bisa tahu tentang sebagian hal yang berkenaan dengan burung tersebut.

Burung panca warna dikala ini populasinya hadapi penyusutan yang ekstrem. Terlebih di daerah Indonesia populasinya terus menjadi tahun terus menjadi menyusut.

Hal ini disebabkan karna terdapatnya perburuan liar. Tidak hanya itu banyaknya penebangan tumbuhan secara sembarangan. Pembakaran hutan pula menyebabkan populasi burung menurun. Hal ini karna keangkuhan manusia.

Hutan dijadikan lahan baru buat pabrik, kantor, jalur, ataupun perkebunan. Inilah yang pengaruhi berkurangnya populasi burung panca warna di tanah air.

Daerah Indonesia yang masih mempunyai populasi burung pancawarna dengan hutan tempat hidupnya ialah di kepulauan Sumatera dan Kalimantan. Disini masih terdapat sebagian populasi burung tersebut walaupun tidak sebanyak dulu.

Burung pancawarna habitat hidupnya terletak di hutan. Dikala burung panca warna terletak dihutan dia dapat makan biji- bijian, serangga sampai larva kala telah tidak terdapat yang hendak mereka makan.

Burung ini berkelompok dengan jumlah koloni menggapai sampai 30 ekor pada dikala masa kawin datang. Burung ini dengan tipe burung yang lain mereka tidak mempunyai teritorial spesial dalam menciptakan santapan.

Masa kawin burung panca warna terletak di bulan November sampai dengan Agustus. Burung tersebut membuat sarang semacam mangkuk yang dibuat dari ranting- ranting kecil. Waktu yang mereka butuhkan dekat 4 hari.

Penangkaran burung panca warna dikala ini telah mulai dijalakan. Hal ini bisa dijadikan ladang pemasukan terlebih untuk kamu yang mau mengambil spesialisasi di bidang penangkaran burung.

Penangkaran burung panca corak memanglah belum banyak yang berminat melakukannya. Tetapi perihal ini bisa kamu jalani bagaikan upaya kurangi penangkapan burung panca warna secara liar.

Burung ini merupakan salah satu burung yang tercantum dalam tipe burung sosial. Burung ini sanggup disatukan dengan tipe burung yang lain dalam satu kandang penangkaran.

Akan tetapi perlu kamu ketahui burung tipe ini bisa jadi sangat kasar dikala berkembangbiak. Semacam bertelur, mengerami, hingga mengurus anak-anaknya.

Merawat Burung Panca Warna

Untuk kamu yang mau mengembangbiakkan burung panca warna cukuplah gampang. Santapan burung ini gampang dicari semacam jagung, biji- bijian, serta bisa kamu kasih makan pelet. Seluruh jenis santapan tersebut bisa kamu cari di toko pakan burung diberbagai tempat.

Tidak hanya jenis santapan tersebut panca warna pula makan serangga semacam jangkrik, kutu, ulat, belalang, kumbang serta laba- laba. Panca warna pula makan buah- buahan.

Jadi kamu bisa dengan gampang mencari santapan buat burung piaraan kamu tersebut. Tambahkan santapan bernutrisi yang yang lain supaya burung panca warna bisa berkicau dengan merdu. Minuman panca warna cuma lumayan kamu bagikan air tawar saja.

Metode membagikan santapan pada burung panca warna sama halnya dengan membagikan makan terhadap burung yang lain. Untuk kamu yang memelihara burung pancawarna yang masih anakan. Kira- kira usia 3- 4 minggu kamu wajib pisahkan dari induknya.

Hal ini bertujuan supaya bebas dari induknya yang kasar dikala hendak dikawinkan lagi. Penjaannya pula gampang kamu cuma butuh mencermati makanannya, memandikannya, menjemurnya. Jangan kurang ingat pada malam hari kamu wajib mengkrodongnya.

Hal ini bertujuan supaya bisa bebas dari serbuan tikus, ular serta hewan penggangu yang lain. Kamu wajib membagikan perawatan yang optimal. Tidak hanya itu cermat, serta giat dalam membersihkannya.

Bilas, beri makan yang tertib, serta ubah air minumnya secara teratur. Bagikan termpat minum burung ini dengan dimensi yang cukup besar. Sebab burung panca corak kerap mandi pada tempat minumnya.

This entry was posted in Hobby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *