Ingin Kaya dengan Membaca Al-Qur’an? Berikut Ulasannya

Mempunyai harta berlimpah merupakan dambaan dan cita-cita semua manusia. Tak terkecuali bagi umat muslim, karena dapat melakukan berbagai amalan serta sedekah. Namun, ternyata terdapat cara menjadi kaya dengan membaca Al-Qur’an yang belum banyak dipahami umat muslim semua.

Apa Hakikat Kaya yang Sebenarnya?

Sebelum tahu mengenai bagaimana kaya dengan membaca Al-Qur’an, pertama tentu harus tahu indikatornya. Karena, hal tersebut untuk mengetahui seperti apa takarannya. Sebab, bukan hanya secara duniawi saja melainkan juga menurut pandangan agama.

Tanda pertama indikasi kaya dalam agama Islam adalah ketika bisa melaksanakan sedekah jariyah. Mengapa bisa dikatakan demikian, karena apabila telah mampu untuk memberikan sebagian harta pada orang lain. Maka pasti kebutuhan hidupnya serta keluarga telah terpenuhi secara lengkap.

Bukan hanya dalam masalah harta saja namun arti kaya juga bisa dari ilmunya. Seorang muslim yang memiliki pengetahuan lebih akan mendapatkan penghormatan dari orang lain. Selain itu, Allah pun akan menyukainya apalagi jika diamalkan dan disebarluaskan.

Hakikat kaya sendiri sendiri secara agama tidak harus memiliki harta benda yang banyak. Asalkan cukup untuk keluarga atau bisa untuk sedekah jariyah. Selain itu, indikator terakhir adalah apabila telah bisa berhaji entah satu atau beberapa kali.

Hal yang Harus Dimiliki Muslim Perihal Menjadi Kaya

Memiliki harta benda yang banyak seperti sebuah pedang bermata dua. Sebab, jika menggunakan dengan benar akan memiliki banyak manfaat bagi pribadi atau orang lain. Jika ingin menjadi kaya, seorang muslim haruslah memiliki beberapa hal berikut ini:

1. Memiliki Mindset yang Benar

Sebelum seorang muslim memiliki harta benda berlimpah haruslah memiliki mental kaya, hal tersebut merupakan sebuah dasar utama serta pertama. Pola fikir semacam itu akan memberi motivasi dan dorongan untuk memaksimalkan kinerja.

Namun, bagi orang Islam memiliki fungsi sangat penting agar bisa menjadi kaya. Hal itu juga untuk menjadikan pribadi mereka siap mempunyai harta benda berlebih. Sehingga, akan menggunakan semua yang dimiliki dengan baik dan tidak takabur terhadap pemberian Allah SWT.

2. Bersudut Pandang Harta Sebagai Amanah

Hal berikutnya yang perlu dipunyai adalah sebuah sudut pandang dalam melihat harta. Maksudnya yaitu, menjadikan kekayaan hanya sebagai amanah atau titipan. Tentunya itu akan membuat sifat boros, riya, serta sombong menghilang.

Kesadaran bahwa segala harta benda adalah milik Allah SWT penting dipunyai seorang muslim. Sehingga, bisa memposisikan diri sebagai penerima karunia dari tuhan untuk orang lain. Sifat tersebut akan memberi manfaat kepada seluruh manusia terutama mereka yang kurang mampu.

3. Menjadikan Harta Perhiasan Hidup dan Ujian Keimanan

Hal ketiga yang perlu dimiliki seorang muslim adalah mampu menjadikan kekayaan sebagai perhiasan dalam hidup. Maksudnya, agar manusia menikmatinya secara cukup dan tidak berlebihan. Sehingga rasa memiliki manusia akan harta menjadi berkurang.

Kemudian seorang muslim harus juga bisa menjadikan kekayaan sebagai ujian keimanan dari Allah SWT. Hal tersebut memiliki maksud, agar dalam mencari dan memanfaatkan sesuai dengan ajaran agama. Apabila pemikiran seperti ini dipunyai maka hartanya lebih barokah.

4. Memposisikan Kekayaan Sebagai Bekal Kelak

Hal terakhir yang perlu dimiliki seorang muslim adalah membuat hartanya menjadi bekal dalam beribadah. Maksudnya, agar kekayaan tersebut dipergunakan untuk menjalankan semua perintah Allah SWT. Di antaranya seperti bersedekah, infaq atau kepentingan muamalah lainnya.

Hal tersebut seperti perintah agar umat muslim selalu berjihad dengan harta atau diri, baik merasa susah atau tidak. Maka, sesuatu seperti itu merupakan hal baik menurut pandangan agama. Bahkan disukai oleh Allah SWT dan dijelaskan dalam surat Ali Imran 133-134.

Cara Kaya dengan Membaca Al-Qur’an

Rumus untuk menjadi kaya dengan membaca Al-Qur’an ada beberapa dan bisa diterapkan. Terdapat 3 langkah apabila ingin memiliki harta melimpah. Kuncinya adalah, memahami kemudian yakin terhadap firman Allah SWT, terakhir yaitu mengamalkan isinya.

1. Amalan dengan Surah Fathir Ayat 29-30

Amalan pertama agar kaya dalam membaca Al-Qur’an adalah dengan ditambah pengamalan Surah Fathir ayat 29-30. Dalam isinya menyebutkan kejelasan tentang bisnis urusan duniawi dan ukhrawi. Maka jaminan tentang hasilnya agar tidak merugi terjaga.

Maka cara menempuhnya dengan menjalankan tiga hal penting. Pertama yaitu membaca Al-Qur’an, kedua adalah mengerjakan Sholat, sedangkan yang ketiga membelanjakan harta dijalan Allah SWT. Keutamaannya akan terus dirasakan dan berlanjut selama tetap melaksanakan semuanya.

2. Amalan dengan Surah At-Thalaq Ayat 2-3

Berikutnya yaitu dengan Surah At-Thalaq ayat 2-3, dimana isinya adalah agar menyuruh orang bertakwa. Apabila melakukannya maka Allah SWT akan memberikan rezeki secara tidak terduga. Bahkan semua urusan akan dicukupkan dan dilebihkan.

Selama terus bertakwa maka jalan rezeki akan dibukakan oleh Allah SWT. Maka sebaiknya untuk menjadi kaya, amalkan ayat ini. Bahkan dalam suatu Riwayat Rasulullah pernah berkata pada Abu Dzar yang isinya apabila semua manusia menjalankannya maka akan dicukupkan segalanya.

3. Amalan dengan Surah Al Baqarah Ayat 261

Amalan kedua adalah dengan bertawakal sesuai dalam Surah Al Baqarah ayat 261. Makna ayat tersebut adalah perintah agar membelanjakan harta dijalan agama Islam. Setelah itu, seorang muslim dituntut agar menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

Apapun itu termasuk urusan makanan atau lainnya. Hal tersebut karena, dalam penjelasan lanjutan memiliki isi akan dilipatgandakan harta yang telah dinafkahkan tersebut. Bahkan akan dibalas dengan 700 kali oleh Allah SWT.

Seandainya amalan serta hal-hal diatas dapat dikerjakan berdasar ketaatan, maka harta tidak akan menjadi masalah. Itulah tadi pembahasan mengenai kaya dengan membaca Al-Qur’an yang bisa dikerjakan semua umat Islam. Semoga ulasan ini bisa membantu menambah ilmu dan kemanfaatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *