Keutamaan Membaca Surat Al-Ma’tsurat

Al Ma’tsurat adalah sebuah surat yang berasal dari Nabi Muhammad SAW dan menjadi sebuah doa yang mempunyai banyak sekali manfaat. Hal ini dibuktikan dengan sanad yang sahih untuk membuktikan bahwa surat al ma’tsurat benar-benar membawa banyak keutamaan. Oleh sebab itu, surat ini sangatlah bagus untuk dibaca setiap pagi dan sore.

Jika Allah menghendaki, siapapun yang membaca surat ini, ia akan menemukan banyak sekali manfaat, salah satunya yakni mendapatkan suasana hati yang tenang. Berikut adalah keutamaan membaca surat Al Ma’tsurat dan manfaatnya.

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Ma’tsurat

Dilansir dari Surau.co, berikut adalah kebajikan dan manfaat membaca doa al ma’tsurat:

1. Iblis Tidak Pergi dari Rumah

Diceritakan oleh Ibn Mas’ud ra sya’bi, “yang membaca 10 ayat dari Surat al Baqarah di rumah, iblis tidak pergi ke rumah malam itu sampai pagi, empat ayat pertama, ayat kursi, dan dua paragraf kemudian , dan penutupnya (tiga paragraf terakhir.) (HR.Thabrani)

2. Dicukupkan Dari Berbagai Hal

Dari Abdullah bin Hubaib kata nabi Allah berkata kepada saya, “baca Qul huwallahu ahad ‘, dan mu’awwadzataini (Qul a’udzubirabbil Falaq dan Qul a’udzubirabbinnas .. ..) pada pagi dan sore hari tiga kali, cukup untuk Anda semua hal. ” (HR.abu David dan Turmudzi).

3. Diberkahi Kebahagiaan

Keutamaan baca al ma’tsurot lainnya seperti yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas. Berkata: Utusan Allah berkata, “Siapa yang mengatakan ketika pagi-pagi, ‘Inni asbahtu ni’matin minka fi ….’ tiga kali ketika pagi dan tiga kali ketika di sore hari, ia akan mendapat kegembiraan sempurna oleh Allah untuk apa yang telah dilakukan.” (HR.Ibnu Saunni)

4. Harinya Dipenuhi oleh Ucapan Syukur dan Pujian

Dari Abdullah ibn al-Ghannam bayadhi, memang Rasulullah, berkata, “Siapa yang membaca ketika pagi ‘Allahumma ashbaha maa bi bii min ni’matin au ahadin min khalkika falakal hamdu walakasyukr’, maka benar-benar telah memenuhi harinya dengan ucapan syukur, dan yang membaca di sore hari, malamnya dipenuhi dengan pujian. “(HR.Abu Dawud)

5. Diberikan Kebahagiaan

Dari Tsauban Ra. Kata nabi Allah berkata, “Siapa yang akan mengatakan ketika sore ‘radhitu billahi rabba islam wabil diina wabi muhammadin nabiyya … adalah hak Tuhan untuk membuat siapapun yang membacanya bahagia.” (HR.Turmudzi)

6. Dijauhkan Dari Kemalasan, Kesengsaraan dan Hutang

Dari Abi Sa’id al-Khudri berkata, dia berkata, “Katakan jika kamu pergi di pagi dan sore hari” allahumman inni a’udzubika minal hammi hazani wal, wa minal a’udzubika ‘ajzi Kasali wal … .. ‘Dia berkata, “maka saya lakukan itu kemudian Tuhan menghilangkan kesengsaraan saya dan melepaskan utangnya.” (HR.Abu Dawud).

7. Mengikuti Sunah Nabi

Dari Abdurrohman bin Abi Bakrah ia berkata kepada ayahnya, “Ya ayahku, sungguh aku mendengar kamu berdoa setiap pagi: allahumman aafini fi fisik …. ‘ diulang tiga kali setiap pagi dan sore, dan kamu juga mengatakan’ Allahumma Inni a’udzubika minal Kufri faqri wal … ‘kamu mengulangi tiga kali setiap pagi dan sore,’ katanya, “Ya, wahai putraku, aku mendengar Nabi Suci berdoa bersamanya, dan aku ingin mengikuti Sunnah.” (HR.Abu Dawud, Ahmad, dan Nasai).

8. Termasuk Ahli Surga

 Dari Nabi Muhammad,” Siapa pun yang membaca Al Ma’tsurat di siang hari dan kemudian meninggal sehari sebelum sore, maka dia termasuk ahli surga, dan yang membaca di malam hari meyakinkan dia dan dia meninggal sebelum pagi, ia termasuk ahli surga, “(HR.Bukhari)

Demikianlah keutamaan dan manfaat membaca doa al ma’tsurat yang direkomendasikan oleh Nabi setiap pagi dan sore hari. Semoga Allah mengabulkan semua doa-doa kita.

This entry was posted in Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *