MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENGAJARAN

MANAJEMEN KURIKULUM DAN PROGRAM PENGAJARAN

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Mencakup tiga kegiatan yaitu:
A. Perencanaan kurikulum
B. Pelaksanaan kurikulum
C. Penilaian kurikulum

A. Perencanaan Kurikulum
Perencanaan kurikulum adalah perencanaan kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membina siswa/ peserta didik kearah perubahan tingkah laku yang diinginkan dan menilai hingga mana perubahan-perubahan telah terjadi pada diri siswa/ peserta didik.

Fungsi Perencanaan Kurikulum
1. Sebagai pedoman atau alat manajemen, yang berisi petunjuk tentang jenis dan sumber peserta yang diperlukan, media penyampaiannya, tindakan yang diperlukan, sumber biaya, tenaga,sarana yang diperlukan, sistem kontrol dan evaluasi, peran unsur-unsur ketenagaan untuk mencapai tujuan manajemen organisasi
2. Sebagai penggerak roda organisasi dan tata laksana untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat sesuai dengan tujuan organisasi
3. Sebagai motivasi untuk melaksanakan sistem pendidikan sehingga mencapai hasil optimal

Azas-Azas Perencanaan Kurikulum
1. Obyektivitas
Perencanaan kurikulum memiliki tujuan yang jelas dan spesifiknberdasarkan tujuan pendidikan nasional, data input nyata sesuai dengan kebutruhan.

2. Keterpaduan
Perencanaan kurikulum memadukan jenis dan sumber dari semua disiplin ilmu, keterpaduan sekolah dan masyarakat , keterpaduan internal, serta keterpaduan dalam proses penyampaian.
3. Manfaat
Perencanaan kurikulum menyediakan dan menyajikan pengetahuan dan ketrampiulan sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan dan tindakan , serta bermanfaat sebagai acuan strategis dalam penyelenggaraan pendidikan.

4. Efisiensi dan efektifitas.
Perenc. Kurikulum disusun berdasarkanprinsip efisiensi dana, tenaga, dan waktu dan efektif dalam mencapai tujuan dan hasil pendidikan.

5. Kesesuaian
Perenc. Kurikulum disesuaikan dengan sasaran peserta didik, kemampuan tenaga kependidikan,kemajuan IPTEK, dan perubahan/ perkembangan masyarakat.

6. Kesinambungan
Perenc. Kurikulum memperhatikan keseimbangan antara jenis bidang studi, sumber yang tersedia, serta antara kemampuan dan program yang akan dilaksanakan.

7. Berkesinambungan
Ditata secara berkesinambungan sejalan dengan tahap-tahap dan jenis , jenjang satuan pendidikan.

8. Pembakuan
Pernc. Kurikulum dibakukan sesuai dengan jenjang dan jenis satuan pendidikan, sejak dari pusat, propinsi, kabupaten, kotamadya.

9. Mutu
Perenc. Kurikulum memuat perangkat pembelajaran yang bermutu, sehingga turut meningkatkan mutu proses belajar dan kualitas lulusan secara keseluruhan.

Perumusan Tujuan Kemampuan
Kemampuan tersebut meliputi pengetahuan dan ketrampilan, tentang masalah –masalah tertentu, pengetahuan dan ketrampilan ttentang sistem penyampaian, sikap dan nilai yang menjiwai kepribadian. Berdasarkan rumusan kualitas kemampuan selanjutnya dirumuskan tujuan kurikulum dan tujuan-tujuan pendidikan.

Perumusan Isi Kurikulum
Isi kurikulum disusun dalam bentuk:
a. Bidang keilmuan
b. Jenis mata pelajaran
c. Satuan bahasan
d. Dan pokok bahasan

Merancang Strategi Pembelajaran
a. Merancang strategi bimbingan
b. Merancang strategi penilaian
PELAKSANAAN KURIKULUM

Administrasi Pelaksanaan Kurikulum
a. Pendahuluan
b. Kegiatan-kegiatan dalam administrasi kurikulum
Antara lain: menyusun rencana kegiatan tahunan, menyusun rencana pelaksanaan program/unit, menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan, melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar.
c. Pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah
Pada tingkat sekolah, kepala sekolah bertanggung jawab untuk melaksanakan kurikulum di lingkungan sekolah yang dipimpinnya.
d. Pelaksanaan kurikulum tingkat kelas
Pembagian tugas guru harus diatur secara administrasi untuk menjamin kelancaran pelaksanaan kurikulum lingkungan kelas. Pembagian tugas-tugas tersebut meliputi tiga jenis kegiatan administrasi, yaitu:

Supervisi Pelaksanaan Kurikulum
a. Pendahuluan
b. Program supervisi pendidikan/kurikulum
Program supervisi (kurikulum) disusun dan dilaksanakan sesuai dengan tujuan, fungsi dan lingkup program.
c. Bidang kegiatan supervisi kurikulum
Bidang kegiatan utama supervisi kurikulum adalah membantu dan membimbing atau mengarahkan atau menggerakkan guru-guru untuk meningkatkan mutu kemampuan profesionalnya sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum, diharapkan guru-guru menyadari kelemahan dan kekurangan, baik berkat rangsangan dari supervisor maupun berkat pemahaman diri sendiri.
d. Metode supervisi dan supervisor kurikulum
Dalam rangka meningkatkan kemampuan profesional guru khususnya guru bidang studi, maka pelayanan supervisi memegang peranan penting dalam hubungannya dengan usaha meningkatkan kualitas pendidikan, baik para pendidik maupun lulusan sistem pendidikan.

PEMANTAUAN DAN PENILAIAN KURIKULUM
Pemantauan Kurikulum
a. Pendahuluan
b. Konsep sistem pemantauan kurikulum
c. Pelaksanaan pemantauan kurikulum

Penilaian Kurikulum
a. Pendahuluan
b. Konsep sistem penilaian kurikulum
c. Fungsi dan tujuan penilaian kurikulum
d. Program penilaian kurikulum
e. Desain penilaian kurikulum

PERBAIKAN KURIKULUM
Landasan perbaikan kurikulum
a. Pendahuluan
b. Pelaksanaan kurikulum dewasa ini
c. Tantangan-tantangan yang dihadapi
d. Kerangka pemikiran perbaikan kurikulum
e. Perencanaan perbaikan kurikulum
f. Prinsip-prinsip perbaikan kurikulum
g. Kebutuhan perbaikan kurikulum
h. Pendekatan perbaikan kurikulum
i. Prosedur perencanaan perbaikan kurikulum
j. Staf sekolah sebagai kunci perbaikan
k. Siswa dan perbaikan kurikulum

Sistem perbaikan kurikulum
a. Pendahuluan
b. Nilai prosedur sistematik bagi sekolah
c. Peranan dan fungsi tim sistem pendidikan
d. Pelembagaan pendekatan sistem pendidikan
e. Pembuatan keputusan dan program perbaikan sistematik
f. Unsur penunjang perbaikan kurikulum
g. Penilaian perbaikan kurikulum
h. Kepemimpinan administratif perbaikan kurikulum

This entry was posted in Materi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *