MERENCANAKAN MASA DEPAN

MERENCANAKAN MASA DEPAN

A. Tentang Rencana Masa Depan
Merencanakan masa depan merupakan harapan dan tujuan dalam hidup seseorang. Namun terkadang, beberapa orang masih belum mengetahui apa rencana selanjutnya untuk melanjutkan kehidupan, khususnya karier yang lebih baik lagi. Alangkah baiknya Anda harus mengetahui langkah apa selanjutnya yang akan diambil. Menyusun masa depan selagi muda sangatlah penting karena masa depan ada di tangan kita sendiri. Jangan sampai, Anda tak memiliki masa depan dan tak mengetahui harus melakukan apa untuk melanjutkan hidup yang lebih baik lagi. Perjalanan karier diibaratkan sebagai upaya menabung dalam menanti sebuah kesabaran akan sebuah masa depan yang diinginkan. Karena menabung dalam berkarier merupakan segi awal meraih cita-cita. Jika ingin karier Anda cemerlang nantinya, maka sebaiknya rencanakanlah masa depan sedini mungkin.
Tak ada keberhasilan yang kebetulan dan tanpa persaingan yang ketat, untuk mencapai keberhasilan dibutuhkan perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat. Setelah memahami potensi diri secara fisik dan psykhis maka dapat membuat rencana yang matang untuk masa depan.

B. Aspek Merencanakan Masa Depan
Merencanakan masa depan, untuk dapat memperoleh masa depan yang diinginkan maka perlu melihat tiga aspek berikut :
1. Keinginan
Mimpi adalah awal dari kesuksesan dengan mimpi orang mempunyai tujuan hidup atau keinginan yang nyata, mimpi sebagai dasar tujuan yang harus dicapai sehingga memberikan energy yang kuat untuk mencapai hal tersebut. Namun mimpi seharusnya yang jelas dan spesifik bukan hanya berangan-angan sehingga mudah dalam mencapainya.
2. Kenyataan
Setelah mempunyai mimpi yang jelas maka kita harus melihat kenyataan yang ada yaitu kelebihan dan kekurangan yang kita miliki saat ini sebagai pijakan untuk meraih mimpi yang kita inginkan sehingga kita akan segera membangun rencana untuk yang lebih detail untuk mencapai mimpi yang diinginkan.
3. Usaha
Semangat pantang menyerah dalam menghadapi semua hambatan yang timbul dari keinginan kita harus ada dalam diri kita agar kita mampu meraih apa yang diinginkan.
Keinginan adalah sebagai tujuan yang harus dicapai maka dibutuhkan cara untuk merencanakannya, maka kita harus mempunyai cara untuk mampu mewujudkan keinginan kita. Orang yang gagal dalam merencanakan hidup maka ia merencanakan masa depan, sebaiknya memperhatikan :
1. Waktu
2. Kelebihan dan kekurangan diri
3. Tujuan yang jelas.

C. Cara Merencanakan Masa Depan
1. Mengetahui Minat, Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai minat dan bakat. Cobalah kenali diri Anda sendiri untuk mengetahui apa yang disukai, termasuk jenis pekerjaannya. Ketika baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), tentunya Anda akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Namun, pada saat melanjutkan sekolah yang lebih tinggi itu Anda harus sudah mengetahui jurusan apa yang akan dimasuki. Alangkah baiknya memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat saja agar mudah meraih masa depan nantinya.
2. Menentukan Tujuan, Tujuan juga harus Anda miliki sejak awal. Dengan memiliki tujuan tentunya Anda hanya tinggal menjalankan proses tersebut dengan baik. Anda harus sudah memiliki gambaran mengenai tujuan akhir yang ingin dicapai. Sejak awal, atau setidaknya sejak lulus SMA Anda harus sudah mengetahui ingin menjadi apa dan memiliki gambaran mengenai lima tahun ke depan, sepuluh tahun ke depan, dan lima belas tahun ke depan. Jangan hanya hidup untuk hari ini saja karena tak akan membuahkan hasil yang baik nantinya.
3. Menyusun Rencana, Ketika sudah mengetahui minat dan menentukan tujuan, cobalah Anda susun rencana. Susunlah segala rencana sejak awal. Bila perlu, buatlah dateline yang mengharuskan Anda menyelesaikan sesuatu. Misalnya, lulus kuliah sebelum ulangtahun yang ke-22 tahun atau sudah memiliki rumah sendiri sebelum ulang tahun ke-25, dan lain sebagainya. Dengan adanya rencana atau target tersebut, tentunya Anda jadi lebih termotivasi untuk mengejar apa yang diinginkan.
Referensi:
• Nurbowo Budi dkk, Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia, 2011, Yogyakarta.Paramitra Publishing
• http://ciricara.com/2013/05/27/cara-tepat-merencanakan masa-depan-sejak-dini/ Diakses tanggal 05 januari 2015 pukul 14.45 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *