6 Tanda Sakit Paru-Paru dan Penyebabnya

Apa itu sakit paru-paru? Penyakit paru-paru adalah beberapa kondisi pernapasan yang paling umum di dunia. Penyakit ini mengacu pada gangguan yang mempengaruhi paru-paru, dan organ lain yang memungkinkan manusia untuk bernafas. Sebagian besar masalah pernapasan disebabkan oleh penyakit paru-paru dan dapat mencegah tubuh mendapatkan jumlah oksigen yang memadai.

Beberapa contoh sakit paru-paru yang sering terjadi adalah asma, emfisema, bronkitis kronis, influenza, pneumonia, fibrosis paru, kanker paru-paru, dan banyak lagi. Berikut adalah penjelasan mengenai sakit paru-paru,  tanda-tanda dan juga penyebabnya.

3 Jenis Utama Sakit Paru-Paru

Ada tiga jenis utama penyakit paru-paru, di antaranya adalah :

1. Penyakit Airway

Sakit paru-paru jenis ini mempengaruhi tabung atau saluran udara yang membawa oksigen dan gas lain ke dalam dan di luar paru-paru. Gas ini sering menyebabkan penyempitan atau penyumbatan saluran udara, termasuk penyakit seperti asma, bronkitis kronis, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), dan masih banyak lagi.

2. Penyakit Jaringan Paru-paru

Jenis yang kedua ini mempengaruhi struktur jaringan paru-paru. Peradangan pada jaringan paru-paru membuatnya sulit untuk mengembang sepenuhnya. Dengan demikian, maka kondisi itu membuat paru-paru sulit mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida.

Akibatnya, orang yang memiliki penyakit jaringan paru-paru tidak dapat bernapas dengan baik. Beberapa contoh  sakit paru-paru termasuk sarkoidosis dan fibrosis paru.

3. Penyakit Sirkulasi Paru

Penyakit ini mempengaruhi pembuluh darah di paru-paru dan disebabkan karena pembekuan, peradangan atau jaringan pada pembuluh darah. Penyakit ini mempengaruhi kemampuan paru-paru untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Dalam beberapa kasus, penyakit ini juga dapat mempengaruhi fungsi jantung. Hipertensi paru adalah contoh penyakit sirkulasi paru-paru.

6 Tanda Peringatan Anda Mungkin Mengidap Sakit Paru-Paru

Orang-orang sering mengabaikan masalah kesehatan, menghubungkan gejala penyakit dengan bertambahnya usia atau merasa sedang tidak sehat. Sangat mudah untuk mengabaikan gejala yang tampaknya tidak berbahaya, karena mungkin tidak mengetahui bahwa itu adalah tanda-tanda penyakit paru-paru. Berdasarkan info kesehatan terkini , kami telah mendaftarkan 6 gejala paling umum dari banyak penyakit paru-paru. Jika Anda mengalami semua ini, periksalah kesehatan Anda segera :

1. Batuk kronis

Jika Anda menderita batuk lebih dari sebulan, maka secara medis dianggap sebagai batuk kronis. Hampir semua penyakit paru-paru mengalami batuk kronis sebagai salah satu gejala utamanya. Batuk kronis adalah tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan paru-paru Anda.

2. Sesak napas

Kebanyakan orang akan kehabisan napas ketika melakukan latihan fisik, tetapi jika Anda mulai menemukan kehabisan napas dalam situasi yang aneh bagi Anda, atau melakukan hal-hal yang tidak secara fisik berat, maka Anda perlu menemui dokter Anda.

3. Over-produksi lendir

Lendir adalah pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan iritasi di saluran udara. Jika Anda terserang flu atau pilek, maka memproduksi banyak dahak atau lendir adalah hal biasa, tetapi jika Anda secara teratur menghasilkan banyak lendir, bisa jadi itu karena ada penumpukan zat di paru-paru Anda.

4. Desah

Mengi atau bernapas dengan desahan adalah tanda bahwa ada sesuatu yang menghalangi saluran udara di paru-paru.

5. Batuk Darah

Batuk darah bisa menjadi tanda infeksi sistem pernapasan bagian atas atau paru-paru bermasalah. Apa pun itu, batuk darah adalah sinyal yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah dan tidak boleh diabaikan.

6. Nyeri dada

Setiap nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan atau perasaan sesak di dada ketika Anda bernapas harus diselidiki apalagi jika berlangsung lebih dari beberapa minggu.

Apa yang Menyebabkan Penyakit Paru-Paru?

Ada beberapa penyebab sakit paru-paru, di antaranya adalah :

1. Merokok

Asap dari cerutu, rokok, atau pipa adalah salah satu penyebab utama penyakit paru-paru. Oleh sebab itu, jika Anda seorang perokok, penting bagi Anda untuk berhenti merokok. Disarankan juga untuk menghindari perokok pasif karena sangat berbahaya bagi semua bayi, anak-anak dan bahkan orang dewasa.

2. Asbes

Serat mineral alami, asbes adalah salah satu yang digunakan dalam bahan tahan api, rem mobil, isolasi, dan produk lainnya. Asbes bisa mengeluarkan serat-serat kecil yang kadang- bisa dihirup. Selain itu, asbes juga merusak sel-sel paru-paru dan menyebabkan kanker paru-paru.

Tips untuk Menjaga Paru-Paru Anda Sehat dan Kuat

Berikut adalah 10 tips setiap hari untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda agar tetap prima dan membantu mencegah penyakit paru-paru:

  1. Hindari merokok dan merokok juga.
  2. Waspadai kualitas udara lingkungan Anda. Tes polutan atau kontaminan jika Anda khawatir dan diskusikan dengan dokter Anda.
  3. Cegah flu biasa dan penyakit pernapasan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol jika tidak ada air.
  4. Hindari kerumunan selama musim flu.
  5. Tetap di rumah jika Anda sakit untuk menghindari penyebaran flu dan penyakit pernapasan ke orang lain.
  6. Cobalah untuk melakukan latihan kardiovaskular secara teratur untuk meningkatkan kebugaran paru-paru dan kesehatan secara keseluruhan.
  7. Lakukan latihan pernapasan dalam, atau bisa juga melakukan pernapasan diafragma.
  8. Cobalah menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut Anda untuk mencegah bakteri berbahaya yang hadir melalui mulut Anda ke saluran napas bagian atas.
  9. Lakukan pemeriksaan rutin dari dokter dan diskusikan keluhan apa pun tentang kesehatan paru-paru Anda, termasuk gejala kanker paru-paru, dan riwayat keluarga yang menderita sakit paru-paru.

Dengan menerapkan tips di atas, semoga Anda bisa terhindari dari sakit paru-paru yang bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

This entry was posted in Belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *