SEO Murah: Pilihan Tepat untuk Tingkatkan Kualitas Website Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa seorang digital marketer untuk tujuan set up SEO murah, ketahui secara mendalam terlebih dahulu tentang apa yang disebut dengan search engine optimisation. Karena faktanya, banyak pemilik website atau blog yang belum memahaminya.

Mengenal Search Engine Optimisation secara Umum

Di era serba online ini, digital marketing digadang-gadang menjadi strategi paling jitu untuk menangkap konsumen baru dan meningkatkan pendapatan (omset). Ada banyak cara yang ada dalam konsep pemasaran digital, salah satunya adalah Search Engine Optimisation (SEO). Apakah cara itu penting?

Dalam bahasa Indonesia, SEO disebut sebagai optimasi mesin pencari. Dari namanya saja sudah terlihat jelas apa fungsi utama dari alat ini. Betul! Untuk mengoptimalkan kinerja situs web bisnis Anda. Artinya, kegiatan ini bertujuan agar website dapat menjadi tujuan utama visitor dibandingkan dengan pesaing lain.

Beberapa dari Anda mungkin juga pernah mendengar SEM atau Search Engine Marketing dan bertanya-tanya, lalu apa bedanya SEM dan SEO? Untuk memudahkan pemahaman, bayangkan saja jika digital marketing adalah sebuah buku. Maka, di dalamnya ada bab tentang SEM dan sub bab terkait SEO.

Jadi, dapat dikatakan bahwa SEO adalah salah satu bagian kecil dari SEM. Namun, Anda tidak perlu khawatir soal hal tersebut, cukup ketahui dasar-dasarnya saja sebagai pengetahuan dan basic saat memutuskan untuk menyewa penyedia jasa SEO murah dalam rangka menaikkan keuntungan bisnis.

Mengapa SEO Penting bagi Bisnis?

Saat persaingan makin ketat, ketidakpastian tinggi, dan perubahan menjadi begitu cepat ke arah yang tak tentu, menjadikan bisnis dengan strategi dan inovasi terdepan adalah kunci utama bertahan dan menang. Sudah dapat dipastikan, perusahaan kecil maupun besar yang tidak mampu beradaptasi akan kalah.

Anda pasti tak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, satu-satunya cara adalah dengan mencari peluang sebesar mungkin dan memberdayakan alat yang ada untuk mengoptimalkan kegiatan digital marketing. Berdasarkan hal tersebut, kemudian SEO menjadi penting sebagai ujung tombak kinerja situs web.

Menurut penelitian, mayoritas masyarakat Indonesia sekarang cenderung suka mencari informasi melalui mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing dan lain-lain. Alasannya adalah kecepatan waktu dan keakuratan informasi. Apabila situs Anda berada di hasil nomor satu maka hal itu hebat!

Artinya, situs web tersebut menjadi yang paling akurat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh, ketika seseorang lapar dan mengetik di Google: rumah makan padang dekat sini, lalu hasil pencarian memunculkan restoran Anda, maka 95,4% dapat dipastikan orang itu makan di sana.

Cara Kerja SEO yang Harus Diketahui

 

Sebelum membahas secara spesifik cara kerja Search Engine Optimisation, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa proses pengoptimalan mesin pencari ini adalah hal yang tak berujung. Jelas tidak bisa diselesaikan dan berakhir dalam satu kali pengaturan. Harus terus diperbarui sesuai tren yang ada.

Mengapa begitu? Simpelnya, konten yang berada di lingkungan suatu situs web apabila tidak diperbaharui akan menjadi kadaluarsa. Misalnya, ketika Anda menulis ulasan tentang produk toko buah di musim panas, tentu saja kondisinya akan berbeda saat konsumen mengunjungi website di musim penghujan.

Terkait cara kerja SEO, ada tiga tugas utama yang akan dikerjakan oleh mesin pencari ketika seseorang memasukkan suatu keyword. Pertama yaitu crawling atau mengumpulkan seluruh informasi dari situs web yang ada. Kedua, indexing. Proses tersebut berisi penyimpanan data yang telah terkumpul tadi.

Terakhir, melakukan ranking, yaitu menyusun situs-situs web mulai dari yang paling bagus hingga buruk. Suatu halaman website dikatakan baik apabila memuat informasi yang relevan. Mulai dari kesesuaian keyword, hingga relevansi gambar atau elemen lain yang dimuat di dalam website terindeks tinggi itu.

Tips Ampuh Menggunakan SEO

Setelah mengetahui seluk beluk tentang Search Engine Optimisation, kini saatnya mengatur strategi menggunakan SEO yang baik agar situs web bisnis Anda senantiasa menjadi yang terbaik dengan ranking tertinggi. Berikut adalah tips ampuh meningkatkan kinerja dari jasa SEO Jogja:

1. Riset dengan Analytics

Untuk mengetahui konten seperti apa yang sering dicari oleh pengguna mesin pencari, Anda bisa mencoba menggunakan Analytics Tool seperti Google Analytics dan beberapa alat lainnya untuk melakukan riset kecil-kecilan. Hal ini sangat bermanfaat karena hasil yang ditampilkan adalah real-time.

Bahkan, Anda juga bisa mengetahui secara spesifik kebiasaan pencarian konsumen seperti apa. Apakah mereka lebih suka menggunakan keyword: “restoran terdekat” atau “rumah makan dekat sini”? Jawaban dari riset ini akan menjadi panduan dalam membangun situs web yang responsif dan relevansinya baik.

2. Membuat Konten Relevan

Tips kedua yaitu mengisi seluruh halaman situs web Anda dengan konten-konten yang relevan dan terkini. Pastikan seluruh elemen yang ada di sana saling terkait. Bahkan sampai ke format penamaan gambar yang diupload ke sisi muka website. Semuanya harus benar-benar detail dan spesifik sampai ke akarnya.

Sebagai contoh, jika website Anda menjual produk pembersih tangan, maka pastikan seluruh halaman web memuat informasi terkait hal tersebut. Pastikan juga alamat situs saling terkait. Nama file foto yang digunakan juga harus sejenis, misalnya “foto produk hand sanitizer” bukan “gambar produk toko saya”.

Kini, Anda telah mengetahui seluruh informasi tentang Search Engine Optimisation. Sebelum akhirnya menyewa Jasa SEO terbaik dan berkualitas, cek terlebih dahulu portofolio bisnis yang pernah mereka kerjakan untuk mengetahui kesesuaian layanan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *