SEPULUH LANGKAH MERAIH SUKSES

SEPULUH LANGKAH MERAIH SUKSES


PENGERTIAN SUKSES

 

Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dari kerja keras yang dijalani dalam hidup dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain serta dapat bermanfaat bagi orang lain disekitar kita, yang tidak hanya berupa materi, tetapi kesuksesan itu bisa berupa non materi.

Sukses dalam karir adalah jika seseorang mengalami gagal kerja, rugi bahkan bagkrut, apabila ia dapat menerima kenyaataan pahit tersebut akan menjadikan kegagalan itu sebagai motivator agar ia biasa bangkit dan berusaha kembali, maka orang seperti itulah yang disebut sebagai orang yang sukses dalam karir.

 

SEPULUH LANGKAH MERAIH SUKSES

  1. Percaya Pada Diri Sendiri

tanpa percaya pada kemampuan diri sendiri mustahil kita dapat meraih apa yang kita cita-citakan, dan akan selalu bergantung pada kemampuan orang lian. Akibatnya kita tidak pernah merasa yakin bahwa kita mampu mengerjakan sesuatu pekerjaan. Sebab, pekerjaan yang ringan sekalipun akan terasa berat dan sukar dilaksanakan bila tidak percaya pada diri sendiri. Karena itu, sebelum kita mengerjakan sesuatu yang berat sekalipun, yaikinlah pada diri sendiri bahwa kita sanggup untuk melakukannya.

  1. Sikap Optimis

Nabi besar Muhammad SAW pernah menegaskan “harapan adalah rahmat Tuhan bagi manusia” kalau bukan karena harapan tiadalah seorang ibu akan melahirkan anak.

  1. Jangan Ragu

Tokoh legendaris dunia, Alexander Agung berkata, ‘karena saya tidak pernah ragu-ragu, maka saya memperoleh kemenangan-kemenangan yang gemilah “, secara historis, Alexander Agung beserta prajuritnya telah membuktikan bahwa ketidakraguan adalah alat yang paling ampuh untuk meraih sukses. Di dalam jiwa dan raga manusia sesungguhnya bersemayam kekuatan-kekuatan besar yang yang kebanyakaan belum dimanfaatkan.

  1. Berani Menghadapi Tantangan

Tantangan adalah bagian yang tak terpisahkan dari hidup ini. Namun diantara sekian banyak tantangan yang ada, tantangan yang bersumber dari dalam diri sendiri yang paling membahayakan. Ia merupakan “musuh dalam selimut”. Adanya perasaantakut akan keagagalan merupakam manifestasi dari tantangan yang bersumber dari dalam diri sendiri.

  1. Tabah dan Tidak Cepat Putus Asa

Hal ini bagaian yang tidak terpisahkan dan sangat mempengaruhi keberhasilan. Tantangan yang kecil sekalipun dapat saja dengan mudah menggagalkan sukses yang ingin kita raih. Sebenaranya kegagalan tersebut tidak perlu terjadi bila kita cepat putus asa dan tabat menghadapi tantangan. Sang Budha Gautama berkata: ujian besar bagi orang besar adalah ketabahan hatinya”. Sesungguhnya kegagalan itu tidak ada hanyalah tertunda kesuksesaannya.

  1. Rebut Kesempatan

Ali bin Abu Thalib berkata “kesempatan datangnya seperti awan berlalu. Karena itu, pergunakannlah selagi ia tampak dai hadapanmu”. Seorang tokoh juga berkata. “rahasia hampir setiap sukses ialah sikap sedia menikam kesempatan bila ia muncul”. Kita sering membiarkan begitu saja kesempatan baik berlalu dihadapan kita. Penyebab utamanya adalah rasa ragu dan kurang percaya diri yang telah lam besemayam di jiwa kita.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Thomas Alfa Edision, si penemu listrik berkata, “Genius itu. 1% berupa inspirasi dan 99% berupa cucuran keringat, dan pesan yang disampaikannya adalah apa yang dapat kita kerjakan. Menundda-nunda pekerjaan hanya akan menyebabkan tertundanya perkerjaan. Perlu kita ketahui Thomas Alfa Edition dapat menciptakan bola listrik membutuhkan kurang lebih seribu kali pekerjaan, yang sangat melelahksn.

  1. Memanfaatkan Waktu Luang

“sesungguhnya perbedaan orang yang paling besar antara orang-orang yang sukses dengan orang yang tidak sukses, terletak cara mereka menggunakan waktu luang”, kita tidak harus bekerja baik, tetapi juga harus menggunakan waktu senggang dengan baik. Ingatlah bila kita memiliki waktu luang. Sudahkah waktu luang itu di manfaatkan dengan sebaik-baiknya? Jika tidak cobalah dari sekarang.

  1. Ora Et Labora

Pepatah ini artinya berdoa sambil bekerja. Pepatah ini memang klasik, tetapi prinsipil. Doa dapat memacu rasa percaya diri dan sekaligus melenyapkan keraguan kita. Dan Tuhan tentunya akan mengasihi setiap orang yang mengarapkan kasih.

  1. Tidak Cepat Merasa Puas

Abraham Lincoln berkata “barang siapa yang tidak lekas merasa puas dengan diri sendiri, ia akan mendapat kemajuan” tidak ada salahnya bila kita menghayati dan menerapkan resep yang diberikan oleh tokoh legendaris Amerika Serikat ini.

 

KUNCI SUKSES

Kunci sukses adalah sebagai berikut:

  1. Sadar akan kekurangan dan kelebihan kita. Termasuk tahu apa yang jadi kesukaan dan bakat diri kita.
  2. Tidak takut mencoba dan berani mengambil resiko. Anggap setiap kegagalan adalah suatu proses untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  3. Terus memperbaiki kekurangan dan jangan cepat putus asa.
  4. Percaya bahwa kalau kita berusaha dengan baik dan dengan cra yang jujur, kita pasti bisa memenangkan persaingan.

 

SUMBER:

Nurihsan, Juntika (2003). Materi Bimbingan dan Konseling (untuk pengembangan diri, sosial, dan karir). Bandung: Mutiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *